Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Minggu, 15 April 2018

Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama

Cara merawat rantai motor agar lebih awet dan tahan lamaSepeda motor merupakan transportasi yang paling banyak digunakan untuk beraktifitas sehari-hari seperti ke sekolah, bekerja dan melakukan kegiatan lainnya. Indonesia adalah salah satu negara dengan pengendara sepeda motor terbanyak didunia, tentunya mempunyai alasan tersendiri mengapa memilih transportasi jenis roda dua ini.

Dari banyaknya alasan mengapa memilih motor, salah satu yang paling sering kita dengar ialah menghindari kemacetan terutama anda yang tinggal diperkotaan. Hal tersebut karena pengguna motor dapat bergerak lincah tanpa harus mengikuti kendaraan besar lainnya seperti mobil, bus dan lain sebagainya.

Seiring berkembangnya produsen-produsen sepeda motor, teknologi dan jenisnya pun semakin beragam. Mulai dari motor yang menggunakan rantai hingga motor matic atau dengan pengunaan v-belt. Kali ini kita akan bahas bagaimana sih cara merawat rantai motor agar lebih awet dan tahan lama.
Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama

Rantai adalah pemindah daya putaran gear ke roda. Komponen ini sangat penting, maka dari itu harus selalu diperhatikan demi kenyamanan dan keselamatan anda dalam berkendara sehari-hari. Hal tersebut karena bisa saja rantai putus saat diperjalanan dan sangat berbahaya pastinya bagi si pengendara.

Komponen ini paling rentan kotor, terlebih jika saat kondisi hujan. Rantai bisa menjadi kotor, berkarat dan kendur, sehingga menimbulkan suara berisik yang mengganggu. Nah berikut ini akan kami jelaskan mengenai bagaimana tips cara merawat rantai motor agar lebih awet dan tahan lama.

5 Tips cara merawat rantai motor supaya awet

Berikut ini akan diuraikan beberapa tips mudah dalam merawat rantai sepeda motor agar awet, tahan lama, tidak mudah karatan dan tidak mudah kendur yang dapat anda ketahui sebagai berikut.

1. Periksalah rantai motor anda secara berkala

Idealnya periksalah kondisi rantai setiap 1000 km persatu kali, sehingga mengurangi resiko kerusakan. Memeriksa rantai dengan teratur akan mengurangi resiko anda dari bahaya saat berkendara.

Apalagi dengan kondisi jalan yang berlubang, sangat berpotensi membuat rantai motor anda mengendur. Oleh karena itu lakukan pengecekan secara teratur, apabila kendur segera lakukan penyetelan kembali pengunci pin sambungan pada rantai dan membersihkan kotoran-kotoran yang menempel.

2. Bersihkan kotoran yang menempel

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rantai mudah berkarat dan kotor apalagi pada musim hujan. Anda cenderung malas untuk membersihkannya dan bahkan berpikiran ”nanti sajalah toh masih musim hujan”.

Jangan disepelekan, karena rantai merupakan komponen yang sangat penting. Rutin bersihkan rantai dengan pembersih yang sudah tersedia ditoko-toko terdekat agar terhindar dari karat supaya motor kesayangan anda nyaman saat dikendarai.

3. Potong rantai hanya satu kali

Dengan memotong rantai satu kali adalah cara yang paling ideal dan tepat jika ingin rantai kendaraan roda dua anda menjadi awet. Karena hal itu dapat menghindarkan anda pada kendurnya rantai. Anda tidak perlu khawatir dengan metode yang satu ini, karena masih dalam batas wajar dan aman. Yang perlu diingat ialah apabila anda sudah memotong rantai satu kali, maka jangan lakukan pemotongan lagi.

4. Gunakan gear asli bukan imitasi

Tentunya sudah banyak merek dan jenis gear, namun pilihlah yang resmi atau asli. Selain berpengaruh pada performa motor anda, juga demi keamanan dan kenyamanan anda dalam berkendara. Ingatlah bahwa jangan beli yang imitasi, karena gear tidak akan bertahan lama dan belilah yang original.

5. Kencangkan as roda belakang

Selalu lakukan pengecekan pada as belakang motor anda, hal tersebut karena dapat berpengaruh pada kendurnya rantai motor anda. Sebelum berpergian pastikan sudah kencang dan begitupun seterusnya agar performa kendaraan roda dua anda selalu stabil.

Demikian ulasan singkat mengenai cara merawat rantai motor agar lebih awet dan tahan lama, semoga bermanfaat dan dapat menjadi informasi serta menjadi referensi anda dalam merawat rantai kendaraan roda dua kesayangan anda. Tetap utamakan keselamatan kita bersama selama berkendara, patuhi aturan dan hargai sesama pengendara. (Writer : Ochen)