Cara Reset Windows 10 Tanpa Menghapus Data

Cara reset windows 10 tanpa menghapus dataJika anda memiliki kendala pada Windows 10 misalnya seperti ada file komponen sistem Windows yang hilang, eror atau anda hanya ingin mengembalikan settingan asli dari bawaan sistem Windows 10, anda bisa mereset komputer atau laptop yang anda gunakan ke pengaturan pabrikan semula. Berikut tutorial yang akan menunjukkan bagaimana cara reset windows 10.

Tutorial cara mudah reset pengaturan pabrik windows 10

Untuk mengetahui bagaimana cara mensetting ulang windows 10 tanpa kehilangan data file dapat anda temukan caranya seperti berikut dibawah ini lengkap dengan gambar dan penjelasannya masing-masing.

Cara Reset Windows 10 Tanpa Menghapus Data
Langkah-langkah Kembali Ke Pengaturan Awal Windows
Langkah pertama
Buka “Setting”. Jika anda tidak tahu cara pergi kesana, anda hanya tinggal mengetik kotak dialog pada tombol “Startup”, kemudian ketik “Setting”.

Langkah kedua
Pada jendela Setting, pilih pada tombol “Update & Security”.

Langkah ketiga
Pada panel sebelah kiri, pilih Recovery. Setelah itu, lihat dipanel kanan, dibawah Reset This PC, 
pilih “Get Started”.

Langkah keempat
Anda akan melihat jendela Choose an Option terbuka. Jika Anda tidak ingin kehilangan file dan data, anda bisa memilih opsi Keep My File. Dengan opsi ini Windows hanya akan menghapus aplikasi dan pengaturan, tetapi menyimpan file pribadi Anda.

Jika Anda ingin menghapus segala sesuatu dan mulai dari awal, pilih opsi Remove Everything. Windows akan menanyakan apakah Anda ingin menghapus semua file dari semua drive atau hanya drive di mana Windows diinstal.

Langkah kelima
Anda juga akan ditanya apakah Anda ingin membersihkan drive juga. Setelah Anda membuat pilihan, anda akan melihat layar di mana Windows akan memberitahu bahwa sudah siap untuk melakukan proses ini.

Langkah keenam
Setelah Windows siap, ia akan menampilkan daftar aplikasi yang akan dihapus. Hal ini juga akan menyimpan daftar aplikasi yang dihapus untuk desktop anda yang dapat Anda akses setelah operasi reset selesai. Anda memiliki pilihan untuk membatalkan operasi reset jika anda menginginkannya. Jika anda ingin melanjutkan, 
pilih Next.

Langkah ketujuh
Anda mungkin akan melihat peringatan yang menyatakan bahwa PC ini baru-baru ini ditingkatkan ke Windows 10. Jika Anda Atur ulang PC ini, Anda tidak akan dapat membatalkan upgrade dan kembali ke Windows sebelumnya. 
Pilih Next untuk melanjutkan.

Langkah kedelapan
Dengan memilih tombol Reset, anda akan memulai proses, yang tidak akan dapat diganggu, sehingga jika anda ingin melanjutkan, maka anda harus yakin tentang hal itu. Proses ini akan memakan waktu satu jam atau lebih dan PC Anda dapat me-restart beberapa kali.

Bila Anda mengatur ulang Windows 10, semua aplikasi, driver, dan program-program yang tidak datang dengan PC ini akan dihapus dan pengaturan anda dipulihkan kembali ke settingan default.

File pribadi anda dapat tetap utuh atau dihapus tergantung pada pilihan yang Anda buat. Untuk pencegahan, disarankan bagi Anda untuk mem-backup data ke drive eksternal untuk lebih aman sebelum Anda me-reset Windows 10. Demikian tutorial singkat mengenai cara reset windows 10 tanpa menghapus data, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami kendala pada sistem operasi windows 10 pada perangkat komputer atau laptop yang anda miliki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel