Cara Reset Windows 10 Dan 11 Tanpa Menghapus Data

Cara reset setelan pabrik windows 10 dan 11 - Pembahasan kali ini akan berfokus pada cara reset setelan pabrik windows 10 dan 11 tanpa install ulang komputer atau laptop dengan mudah dan cepat. Jika kedatangan Anda sedang mencari informasi mengenai cara bagaimana mengembalikan pengaturan awal laptop seperti pada saat perangkat baru digunakan (pengaturan pabrik), maka kalian sudah berada pada halaman yang tepat.

Inilah kelebihan fitur yang diberikan oleh windows 10 dan 11 untuk para penggunanya, yakni kita bisa mengembalikan ulang pengaturan komputer atau laptop seperti pertama kali digunakan tanpa harus melakukan install ulang yang bisa memakan waktu yang cukup lama. Sehingga dengan adanya mengatur ulang pengaturan pabrik ini, memudahkan kita untuk mengembalikan pengaturan yang mungkin terjadi perubahaan yang tidak dilakukan dengan sengaja.

Fitur ini familiar dengan sebutan kembali ke setelan pabrik, dimana semua pengaturan yang pernah kalian ubah atau sudah kalian modifikasi akan dikembalikan seperti semula disaat laptop atau komputer baru digunakan dan semua perubahannya layaknya seperti laptop baru dan pastinya hal ini akan mempermudah serta menghemat biaya service kalian disaat system komputer atau laptop yang digunakan terdapat kesalahan (eror).

Bagaimana cara reset setelan pabrik windows 10 laptop atau komputer tanpa harus di instal ulang, windows 10 recovery, kembali kesetelan awal windows
Cara Reset Windows 10 dan 11

Apa itu setelan pabrik ?

Setelan pabrik adalah konfigurasi default yang digunakan oleh sebuah perangkat atau sistem operasi saat pertama kali diinstal atau diaktifkan. Setelan pabrik biasanya mencakup pengaturan sistem, aplikasi, dan konfigurasi hardware yang telah dipilih oleh produsen atau vendor perangkat tersebut.

Mengatur ulang pengaturan pabrik dapat membantu mengatasi masalah yang mungkin terjadi pada perangkat atau sistem operasi Anda, seperti error yang terus muncul, sistem yang lambat atau tidak responsif atau aplikasi yang tidak berfungsi dengan benar dan tidak berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

Namun, ingat bahwa dengan mengatur ulang pengaturan pabrik, Anda akan kehilangan semua file, aplikasi, dan pengaturan yang telah Anda buat setelah Anda membeli perangkat tersebut. Jadi pastikan untuk membackup semua file yang Anda inginkan sebelum memulai proses reset.

Bagaimana cara reset pengaturan pabrik windows 10 dan 11

Dibawah ini akan dijelaskan satu persatu langkah-langkah dalam mereset setelan yang ada pada laptop atau komputer ke pengaturan pabrik dengan OS windows 10 dan 11. Sebelum melakukan reset pengaturan pabrik, silahkan kalian backup data penting yang ada di data C maupun aplikasi agar tidak hilang, berikut cara reset setelan pabrik windows 10 dan windows 11 :

Cara Reset Windows 10 Tanpa Menghapus Data
Langkah-langkah kembali ke pengaturan awal Windows 10

1. Windows dan setting

Pertama-tama silahkan buka menu windows dan kemudian pilih menu setting (menu ini ditandai dengan ikon bentuk gear).

2. Update and security

Selanjutnya yang harus kalian pilih adalah update & security yang ada pada windows setting.

3. Recovery

Tahap berikutnya yakni pilih recovery dan akan ada dua menu didalamnya yakni reset this pc dan advanced startup.

4. Reset this PC

Pilih reset this pc dengan menekan tombol get started dan akan ada dua menu lagi didalamnya yakni Keep My File dan Remove Everything.

5. Keep my file

Jika kalian pilih menu ini maka yang akan hilang pada saat proses reset pengaturan pabrik adalah beberapa custom aplikasi serta settingannya dan data personal seperti profile admin tetap aman.

Namun apabila memilih menu remove everything maka seluruh profile admin, aplikasi serta settingannya akan hilang. Direkomendasikan pilih hanya keep my file agar yang akan terhapus hanya aplikasi dan settingannya saja.

Setelah memilih salah satu pilihan tersebut, maka secara otomatis akan dimulai perintah reset pengaturan pabrik yang ditandai dengan loading secara perlahan dan laptop akan merestart sendiri. Pastikan isi baterai laptop banyak dan tunggu hingga proses ini berjalan 100%, bila perlu laptop sambil di charge agar daya baterai terjaga dan tidak habis.

Dan setelah proses selesai hingga 100%, maka coba kalian perhatikan pada settingan dan aplikasi yang pernah kalian install, pasti akan hilang dan laptop tersebut benar-benar kembali ke setelan awal seperti pertama kali digunakan. Hanya aplikasi bawaan (standar pabrik) yang ada dan silahkan kalian kembali menginstall aplikasi yang kalian butuhkan seperti aplikasi office, media pemutar musik dan browser.

Demikian pembahasan mengenai cara reset setelan pabrik windows 10 dan 11 tanpa install ulang komputer atau laptop dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi serta memberi solusi dari permasalahan tersebut, menambah wawasan serta pengetahuan kalian dalam mengetahui bagaimana mereset pengaturan pabrik windows 10 dan windows 11.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel