Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Rabu, 25 April 2018

Cara Hidup Sehat Dengan Olahraga Teratur Dan Hindari 6 Hal Berikut Ini Setelah Berolahraga

Cara hidup sehat - Olahraga adalah kegiatan yang sering dilakukan manusia sehari-hari. Setiap orang memiliki motivasi tersendiri, mulai dari penerapan gaya hidup sehat hingga menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Namun kebugaran tubuh justru dapat dipengaruhi oleh aktivitas lainnya terlebih setelah berolahraga.

Apa saja hal-hal yang harus dihindari saat olahraga

Berikut ini kita akan membahas beberapa efek yang dapat mengurangi manfaat optimal dari kegiatan berolahraga yang diantaranya adalah seperti dibawah ini.

Cara Hidup Sehat Dengan Olahraga Teratur

Menunda minum

Setelah berolahraga tentunya kita akan mengalami dehidrasi, setelah banyak mengeluarkan banyak cairan. Hal ini menyebabkan kita merasa letih dan mengantuk walaupun sudah memenuhi waktu istirahat. Kita harus mengganti cairan tubuh yang hilang agar otak tetap berfungsi optimal dan untuk menjaga keseimbangan elektrolit tubuh kita.

Jika kita berolahraga kurang dari satu jam, maka harus dipastikan kita mendapatkan asupan cairan kurang lebih 240 ml setiap 15 menit. Kami sarankan untuk mengonsumsi minuman isotonik.

Tidak makan

Kita pasti akan merasa lapar setelah melakukan aktifitas berolahraga, hal ini disebabkan nutrisi yang disimpan telah banyak berkurang untuk menghasilkan energy tubuh yang sebagian besar disalurkan ke otot-otot rangka.

Dianjurkan makan setelah 15 - 30 menit setelah berolahraga, apabila menunda makan lebih lama maka membuat otot bergenerasi menjadi berkurang terlebih makanan yang dimakan sulit dicerna. Makanlah makanan yang mengandung protein dan karbohidrat agar pemulihan otot lebih cepat.

Hindari makan terlalu banyak dan berlemak

Kita memang dianjurkan makan setelah berolahraga, tapi memakan makanan terlalu banyak setelah berolahraga dapat menghambat hilangnya lemak tubuh. Hal ini dikarenakan makan terlalu banyak akan meningkatkan asupan kalori harian sehingga kalori yang telah digunakan kemungkinan masih lebih sedikit dibandingkan dengan yang dikonsumsi.

Selain itu, hindari konsumsi makanan cepat saji dan berlemak karena selain tinggi kalori jenis makanan tersebut cenderung sulit dicerna oleh tubuh dan menghambat proses pemulihan otot tubuh.

Melakukan kegiatan atau pekerjaan berat

Jangan lakukan kegiatan atau pekerjaan berat, karena setelah berolahraga umumnya otot sudah kelelahan dan terjadi kerusakan di beberapa jaringan otot. Melakukan aktivitas yang berat akan menyebabkan otot bertambah lelah dan menjadi luka. Berikan waktu istirahat pada otot dalam hitungan jam atau hari untuk pemulihan.

Kurang jam tidur

Tidurlah 7-8 jam sehari, terlebih setelah berolahraga karena tidur dapat memulihkan fisik kita. Kurang waktu tidur akan memperlambat pemulihan fisik yang akan berdampak pada kegiatan kita selanjutnya sehingga berdampak pada kelelahan pada siang hari.

Tidak peregangan

Melakukan peregangan adalah cara yang tepat dilakukan setelah berolahraga karena akan membuat otot menjadi rileks. Peregangan membantu tubuh menyesuaikan temperature dan tingkat aktivitas otot persendian.

Demikian hal-hal yang wajib untuk dihindari setelah berolahraga yang harus untuk anda ketahui. Semoga pembahasan diatas mengenai cara hidup sehat dengan olahraga teratur memberikan manfaat bagi para pembaca dalam menerapkan gaya hidup sehat.