Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Kamis, 12 April 2018

Apakah Handguard (Pelindung Tangan) Hanya Aksesoris Pada Motor ?

Pernah melihat motor yang menggunakan hanguard ?, atau hanya pernah mendengar kata handguard ?, ingin tahu apa itu handguard ?. Bagi sebagian orang memang masih sangat asing dengan benda yang satu ini, maklumlah karena untuk motor harian sangat jarang yang menggunakan benda ini.

Tidak hanya itu, bahkan dari pabrikan motor sendiri hanya menyematkan handguard pada jenis motor tertentu seperti pada motor trail offroad, supermoto dan jenis motor sport lainnya. Adapula sebagian orang yang beranggapan bahwa, jika handguard hanya sebuah aksesoris saja agar motor keliatan lebih keren.

Bentuknya simple yakni berbentuk pipih dari besi, berpadu dengan plastik dan bahan lainnya yang melintang dari ujung stang sampai menutupi handle rem dan kopling. Handguard dapat anda jumpai di toko-toko aksesoris dan modifikasi dikota anda, dengan berbagai macam bentuk dan merek yang lebih bervariasi seiring dengan perkembangan jaman dan persaingan produsen handguard.
Apakah Handguard (Pelindung Tangan) Hanya Aksesoris Pada Motor ?

Untuk harga sebuah handguard cukup bervariasi, berkisar mulai dari Rp.120.000 hingga Rp. 200.000, bahkan mungkin bisa juga lebih. Hal tersebut tergantung dengan jenis bahan yang digunakan pada handguard tersebut. Selain menambah garang atau bikin tampilan motor makin keren, ternyata handguard bisa dikatakan bagian penting dari motor. Mengapa demikian ?

Kita contoh saja pada motor trail, motor jenis ini memang diperuntukan medan yang sangat sulit untuk dilewati seperti jalan berlubang, kubangan lumpur, ranting kayu dan berbatu. Kita tidak akan pernah tau sesuatu hal buruk yang dapat terjadi menimpa kita saat berkendara, apalagi pada bagian tangan.

Disinilah handguard berfungsi untuk melindungi tangan terhadap crash atau benturan yang mengenai tangan, bersenggolan antara stang dengan pengendara lain yang berpotensi membuat tangan terjepit pada handle motor atau bahkan putus jari tangan. Karena sarung tangan saja bagi saya masih belum terlalu melindungi.

Kebanyakan orang memang merasa aneh bahkan terganggu dengan penampilan karena tambahan handguard pada motor mereka, terlebih motor mereka motor harian dan mungkin terasa canggung karena tidak terbiasa seperti jenis motor bebek, matic dan lain sebagainya,namun kalau memang fungsinya bermanfaat kenapa tidak.

Oleh karena itu jika ingin membeli aksesoris tambahan seperti handguard, silahkan pilih sesuai selera dan juga disesuaikan dengan jenis motor yang ingin dipasangi handguard dan terutama lagi periksa isi dompet :D. Saran dari saya adalah didalam memilih handguard, lebih baik jangan memilih yang berbahan plastik secara keseluruhan, hal tersebut karena tidak memberikan perlindungan maksimal.

Memang jika diilihat dari sudut pandang kemudahan, jenis bahan tersebut lebih mudah dan ringan, baik di bobot handguard maupun didompet. Akan tetapi jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, misalkan crash pastinya tidak sekuat yang berbahan besi.

Carilah yang murah namun tidak murahan dan yang dapat memberikan manfaat maksimal demi keselamatan anda dalam berkendara, karena yang paling penting didalam berkendara adalah tetap utamakan safety riding sesuai aturan agar terhindar dari sesuatu yang tidak di inginkan. (Writer : Ochen)