Apakah Handguard Motor Hanya Aksesoris Pada Motor ?

Handguard motor - Pernah melihat motor yang menggunakan hanguard ?, atau hanya pernah mendengar kata handguard ?, ingin tahu apa itu handguard ?. Bagi sebagian orang memang masih sangat asing dengan benda yang satu ini, maklumlah karena untuk motor harian sangat jarang yang menggunakan benda ini.

Tidak hanya itu, bahkan dari pabrikan motor sendiri hanya menyematkan handguard pada jenis motor tertentu seperti pada motor trail offroad, supermoto dan jenis motor sport lainnya. Adapula sebagian orang yang beranggapan bahwa, jika handguard hanya sebuah aksesoris saja agar motor keliatan lebih keren.

Bentuknya simple yakni berbentuk pipih dari besi, berpadu dengan plastik dan bahan lainnya yang melintang dari ujung stang sampai menutupi handle rem dan kopling. Handguard dapat anda jumpai di toko-toko aksesoris dan modifikasi dikota anda, dengan berbagai macam bentuk dan merek yang lebih bervariasi seiring dengan perkembangan jaman dan persaingan produsen handguard.

Apakah Handguard (Pelindung Tangan) Hanya Aksesoris Pada Motor ?

Apa itu handguard motor ?

Handguard motor adalah sebuah perangkat yang terpasang pada bagian depan roda motor yang bertujuan untuk melindungi tangan pengendara motor dari angin, air hujan serta debu yang terbang saat berkendara. Handguard motor juga dapat membantu melindungi tangan pengendara dari benturan yang mungkin terjadi saat berkendara, terutama saat melewati medan off-road atau mengalami insiden saat mengendarai sepeda motor.

Handguard motor biasanya terbuat dari bahan plastik atau bahan fiber yang tahan lama dan ringan dan dapat dengan mudah dipasang pada bagian depan roda motor dengan menggunakan klem atau baut. Handguard motorcycle terbaik, tidak bisa dikatakan hanya aksesoris sepeda motor saja, karena memiliki fungsi yang cukup penting saat berkendara.

Fungsi handguard motor

Tidak hanya memberikan nilai estetika pada sepeda motor, ternyata handguard motor yang biasa dipakai pada motor beat matic, sport, touring, trail, klx, vixion, crf dan nmax memiliki fungsi yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menjaga tangan pengendara agar tidak terkena benturan saat berkendara di medan off-road atau mengalami insiden.
2. Menambah estetika motor dengan memberikan tampilan yang lebih sporty dan agresif.
3. Dapat digunakan sebagai tempat menempelkan aksesori seperti lampu senter atau kamera.
4. Dapat membantu mengurangi kelelahan tangan saat berkendara jauh dengan memberikan dukungan tambahan bagi tangan pengendara.

Merek handguard motor terbaik

Dibawah ini terdapat beberapa brand handguard motor yang dapat dipertimbangkan untuk Anda membeli handguard motor terbaik adalah diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Acerbis

Merk handguard acerbis merupakan salah satu brand handguard motor yang terkenal di dunia dengan kualitas produk yang baik dan tahan lama.

2. Renthal

Merk handguard renthal merupakan brand handguard motor yang juga sangat terkenal di kalangan pengendara motor dengan produk yang berkualitas tinggi.

3. Cycra

Merk handguard cycra merupakan brand handguard motor yang memiliki produk yang ringan dan mudah dipasang serta dapat menambah estetika motor dengan tampilan yang sporty.

4. Moose Racing

Merk handguard moose racing merupakan brand handguard motor yang terkenal dengan produk yang kuat dan tahan lama serta memiliki banyak pilihan warna yang tersedia.

5. Pro Taper

Merk handguard pro taper merupakan brand handguard motor yang terkenal dengan produk yang berkualitas tinggi dan tahan lama serta pilihan warna yang tersedia juga banyak.

Untuk perlu di ingat bahwa pilihan terbaik akan kembali pada kebutuhan dan preferensi masing-masing pengendara. Sebaiknya sebelum menentukan mau brand yang mana alangkah lebih baik membaca ulasan produk, melihat review dan bandingkan dengan harga tentunya sebelum memutuskan untuk membeli handguard motor.

Harga handguard motor

Untuk harga sebuah handguard cukup bervariasi, berkisar mulai dari Rp.120.000 hingga Rp. 200.000, bahkan mungkin bisa juga lebih. Hal tersebut tergantung dengan jenis bahan yang digunakan serta brand pada handguard tersebut. Selain menambah garang atau bikin tampilan motor makin keren, ternyata handguard bisa dikatakan bagian penting dari motor. Mengapa demikian ?

Kita contoh saja pada motor trail, motor jenis ini memang diperuntukan medan yang sangat sulit untuk dilewati seperti jalan berlubang, kubangan lumpur, ranting kayu dan berbatu. Kita tidak akan pernah tau sesuatu hal buruk yang dapat terjadi menimpa kita saat berkendara, apalagi pada bagian tangan.

Disinilah handguard berfungsi untuk melindungi tangan terhadap crash atau benturan yang mengenai tangan, bersenggolan antara stang dengan pengendara lain yang berpotensi membuat tangan terjepit pada handle motor atau bahkan putus jari tangan. Karena sarung tangan saja bagi saya masih belum terlalu melindungi.

Kebanyakan orang memang merasa aneh bahkan terganggu dengan penampilan karena tambahan handguard pada motor mereka, terlebih motor mereka motor harian dan mungkin terasa canggung karena tidak terbiasa seperti jenis motor bebek, matic dan lain sebagainya,namun kalau memang fungsinya bermanfaat kenapa tidak.

Oleh karena itu jika ingin membeli aksesoris tambahan seperti handguard, silahkan pilih sesuai selera dan juga disesuaikan dengan jenis motor yang ingin dipasangi handguard dan terutama lagi periksa isi dompet :D. Saran dari saya adalah didalam memilih handguard, lebih baik jangan memilih yang berbahan plastik secara keseluruhan, hal tersebut karena tidak memberikan perlindungan maksimal.

Memang jika diilihat dari sudut pandang kemudahan, jenis bahan tersebut lebih mudah dan ringan, baik di bobot handguard maupun didompet. Akan tetapi jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, misalkan crash pastinya tidak sekuat yang berbahan besi.

Carilah yang murah namun tidak murahan dan yang dapat memberikan manfaat maksimal demi keselamatan anda dalam berkendara, karena yang paling penting didalam berkendara adalah tetap utamakan safety riding sesuai aturan agar terhindar dari sesuatu yang tidak di inginkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel