Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Rabu, 02 Mei 2018

Penyebab Dan Cara Mengatasi Diesel Runaway

Penyebab dan cara mengatasi diesel runaway pada mobil - Mesin diesel merupakan mesin unik dengan tenaga dan torsi yang sangat besar dan juga terbilang irit terhadap penggunaan bahan bakar. Inilah sebabnya mesin diesel dipakai untuk mobil-mobil yang membutuhkan kemampuan sangat besar, yang diantaranya adalah seperti truk, bus, fuso hingga mobil sport utility vehicle atau yang familiar dengan sebutan SUV berspesifikasi tinggi seperti landcruiser, triton, hardtop dan bahkan ada juga pada beberapa mobil sedan.

Apa itu diesel runaway ?

Diesel runaway adalah kondisi dimana mesin diesel berada di out of control. Mesin diesel akan terus hidup selama ada pasokan bahan bakar, maka ada potensi terjadi hal mengerikan yang disebut dengan diesel runaway engine. Adapun kondisi seperti ini biasanya berciri-cirikan mesin tak bisa atau tak mau dimatikan meski kunci kontak sudah dicabut.

Apa penyebab diesel runaway ?

Penyebab dari diesel runaway bisa beragam, seperti failure dari penghitungan ECU atau pompa solar rusak, kebocoran oil seal pada turbo dan secara tidak terkontrol terus mengirim bahan bakar.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Diesel Runaway

Seperti diketahui bahwa mesin diesel menggunakan pembakaran internal tanpa bantuan busi. Mesin diesel bekerja dengan mengkompresi udara dan solar sehingga dengan kepadatan udara menyebabkan panas dan solar terbakar dengan sendirinya meskipun itu adalah oli.

Yang terjadi pada saat diesel runaway engine adalah mesin akan langsung menuju putaran tertinggi. Jarum RPM biasanya langsung mentok ke putaran paling tinggi. Selain itu akan langsung diikuti dengan kepulan asap putih yang tak kunjung hilang. Di beberapa kasus, runaway ini terjadi sangat parah diluar kontrol apapun bahkan sampai mesin meledak dan mobil terbakar.

Apa saja hal yang harus dilakukan saat terjadinya diesel runaway ?

Jika sudah terjadi runaway maka yang bisa kita lakukan hanyalah keluar dari mobil secepat mungkin dan amankan lokasi agar jika terjadi apa-apa tidak menimbulkan kecelakaan dengan cara sebagai berikut.

1. Pastikan gigi proseneling berada pada posisi netral (N).
2. Tarik tuas rem tangan.
3. Segera keluar dari mobil, keluarga juga segera keluarkan dan suruh menjauh.
4. Beritahu orang (penduduk) yang ada di sekitar mobil untuk menjauh.
5. Jika di jalan instruksikan mobil lain untuk berhenti.
6. Tunggu sampai BBM habis atau sampai terjadi kerusakan mesin yang akan menghentikan pasokan bahan bakar.

Jika sudah demikian, tak banyak yang bisa dilakukan. Biasanya akan menunggu sampai solar atau oli mesin terbakar habis supaya mesin mati dan atau bahkan menunggu kerusakan sistem mekanikal lainnya yang membuat pasokan solar terhenti.

Ada metode lain untuk mematikan kondisi demikian yakni menghentikan pasokan udara. Artinya adalah harus melepas saluran udara untuk menutupnya, akan tetapi harus pastikan penutupnya cukup kuat supaya tidak terhisap dan untuk hal ini harus punya nyali yang besar.

Hal tersebut karena kita harus dengan segera bereaksi dengan menutup ketika mesin panas dan putaran mesin sangat tinggi. Jika mobil menggunakan turbo bisa dengan menutup saringan udara dari mocong turbo, resikonya dikarenakan daya hisap tubo juga tinggi dikhawatirkan benda penutup tersebut ikut terhisap oleh turbo yang menyebabkan turbin turbo rusak atau patah akan masuk keruang bakar mesin.

Ciri-ciri mesin diesel sehat

Sebelum hal itu terjadi sebaiknya perawatan mobil diesel juga diperhatikan. Dan berikut ciri-ciri mesin diesel sehat atau tidak bisa dilihat dari asap yang dikeluarkan.

→ Asap berwarna hitam
Asap hitam asap yang paling umum yang keluar dari pembakaran di mesin diesel. Ini menunjukkan pembakaran yang miskin bahan bakar atau bisa karena sebab berikut ini :

1. Injector yang kotor atau aus.
2. BBM terlalu penuh.
3. Turbocharger yang rusak sebagai akibat dari kegagalan fungsi mengirim supply udara yang tidak sesuai dengan jumlah bahan bakar.
4. Rasio udara atau BBM yang tidak tepat.
5. Kompresi mesin yang terlalu rendah bisa disebabkan karena ring piston atau komponen yang aus.
6. Udara yang masuk kotor, akibat dari filter udara yang kotor.
7. Kualitas BBM yang buruk.
8. Kandungan karbon yang berlebihan di ruang bakar.

Jika ada komponen yang rusak atau aus tentu harus segera diganti. Jangan membeli BBM sembarangan. Asap hitam dengan kandungan karbon yang tinggi merupakan zat yang tidak diinginkan dari ruang bakar mesin diesel.

 Asap berwarna putih
Asap putih berarti ada bahan bakar yang sedang disuntikkan ke ruang bakar dan tidak terbakar dengan sempurna. Asap ini berbau sangat menyengat dan terkadang pedih di mata. Sebab umum muncul asap putih pada mesin diesel adalah :

1. Kompresi mesin yang rendah.
2. Adanya gejala oli yang masuk ke ruang pembakaran. Campuran oli yang dibakar asapnya bisa berubah putih.
3. Asap putih muncul saat mesin dingin, lalu menghilang ketika mesin mulai panas disebabkan deposit yang menempel di sekitar ring piston.
4. Air yang masuk ke ruang pembakaran akan menyebabkan asap putih.
5. Gasket yang rusak atau aus.

Dari gejala yang muncul bisa diketahui bagaimana penanganan yang tepat. Sehingga perbaikan bisa segera dilakukan untuk menyelesaikan masalah pada mesin diesel. Walau untuk di Indonesia sendiri kasus seperti ini sangat jarang terjadi, namun sebaiknya harus tetap berhati hati. Semoga uraian mengenai penyebab dan cara mengatasi diesel runaway pada mobil bermanfaat untuk anda semua dalam mengetahui tentang diesel runaway. (Writer : E.A.F)