Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Rabu, 02 Mei 2018

Ketahui 3 Penyebab Ban Motor Mudah Bocor Dan Cara Perawatannya

Penyebab ban mudah bocor dan cara merawat ban - Sepeda motor tentunya menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan, salah satunya di negara kita Indonesia. Menggunakan sepeda motor memudahkan kita saat ingin berpergian, terlebih jika sedang terburu-buru dan menjadi solusi menghindari macet di daerah perkotaan.

Memiliki sepeda motor juga tentu perlu perawatan agar tetap nyaman dan aman ketika di kendarai. Salah satu bagian yang wajib kita perhatikan ialah bagian ban. Sama seperti manusia yang menggunakan kaki untuk berjalan, fungsi ban juga seperti itu.

Penyebab ban motor cepat tipis dan mudah bocor

Tanpa ban, mau sebagus apapun mesin yang anda gunakan maka tidak akan bisa bergerak / berjalan. Bagian inilah yang sangat rawan, karena secara langsung ban kontak dengan jalan, terlebih medan yang dilalui sangat berat dan bukan tidak mungkin ban anda menjadi bocor dan rusak. Berikut ini kita akan bahas penyebab dan gimana sih cara perawatannya.

Penyebab Ban Motor Mudah Bocor Dan Cara Perawatannya

Terlalu berat beban yang dibawa

Semakin berat beban yang dibawa maka tekanan pada ban akan bertambah, ini akan membuat gesekan antara jalanan dan ban semakin tinggi yang mengakibatkan lapisan luar ban menjadi cepat tipis dan pada akhirnya bocor.

Velg berbahan kasar

Sebagian dari anda pasti suka memodifikasi motor, biasanya mengganti bagian velg agar terlihat lebih keren. Namun ada baiknya memilih velg dengan kualitas yang baik jangan yang berbahan kasar karena akan membuat lecet pada ban dan rentan terjadi kebocoran.

Tekanan angin kurang

Kurangnya tekanan angin pada ban membuat ban tidak sanggup membawa beban berat dan standar kelebarannya sudah tidak sesuai lagi, pastinya akan mudah sekali bocor.

Bagaimana cara perawatan ban yang baik dan benar ?

1. Hindari pengereman mendadak karena akan membuat ban cepat tipis dan hindari pula jalan yang berlubang.
2. Jangan melebihi beban maksimum, selain dapat merusak shock motor anda tentunya ban motor juga mengalami tekanan besar yang membuat gesekan di jalan semakin tinggi.
3. Jika sudah beberapa kali menambal ban, lebih baik mengganti dengan ban yang baru.
4. Tekanan ban tidak lebih dari 30 Psi, maka dari itu periksalah ban motor anda sesuai dengan velg yang terpasang.
5. Hindari memarkir motor di tempat terbuka, karena ban motor yang terkena sinar mata hari langsung akan menjadi keras dan mudah retak ataupun sobek.
6. Perhatikan tekanan udara pada ban, ini bertujuan untuk keseimbangan motor saat dikendarai. Lakukan pengecekan 1 minggu sekali agar ban anda tetap awet.
7. Bersihkan kotoran dan batu yang menempel pada selah-selah ban motor anda.
8. Periksa kondisi tempat di masukannya angin pada ban. Benda ini memang paling sering di sepelekan, namun alangkah baiknya tetap diperhatikan. Apabila tempat tersebut rusak akan membuat angin gampang keluar dan tentunya kempes. Cara cek kondisi tempat tersebut pun sangat mudah, cukup teteskan air pada kepala tempat masukan angin dan kalau bergelembung berarti objek tersebut pada motor anda bocor.

Baca juga : Cara Mengetahui Masa Kadaluarsa Pada Ban Kendaraan

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa penyebab ban motor mudah bocor dan solusi bagaimana cara perawatan ban dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda dalam mengetahui cara merawat ban agar terhindar dari kebocoran. (Writer : Ochen)