Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Selasa, 13 November 2018

Cara Mengetahui Masa Kadaluarsa Pada Ban Kendaraan

Cara mengetahui masa kadaluarsa ban - Ban yang ada pada kendaraan, baik itu pada sepeda motor ataupun pada mobil memiliki masa expired atau masa kadaluarsa yang sangat perlu untuk anda ketahui. Hal tersebut karena apabila sebuah ban sudah melampaui masa penggunaan yang telah ditetapkan, akan sangat mudah sekali karetnya getas.

Dengan demikian hal itu menjadi pemicu ban sukar pecah maupun retak. Pastinya anda tidak mau hal ini terjadi pada kendaraan yang anda miliki kan. Oleh karena itu dibawah ini akan dijelaskan mengenai berapa sih umur masa pakai sebuah ban dan bagaimana cara mudah kita mengetahui masa expired pada ban kendaraan.

Berapa lama masa pakai sebuah ban ?

Berdasarkan pendapat dari berbagai para ahli pembuat ban di Indonesia, usia atau umur penggunaan sebuah ban pada kendaraan maksimal sampai 6 tahun. Itu artinya bahwa jika ban yang terpasang pada kendaraan anda sudah melebihi masa penggunaan seperti disebutkan diatas, maka anda perlu untuk waspada.

Cara Mengetahui Masa Kadaluarsa Pada Ban Kendaraan

Adapun ciri-ciri fisik yang terlihat jika ban melebihi masa pemakaian yakni ban retak bahkan sangat mudah sekali pecah. Maka dari itu anda harus sangat teliti mengenai ban, karena ban merupakan bagian dari kendaraan sebagai penggerak sepeda motor atau mobil dan pastinya sangatlah berpengaruh terhadap performa saat kendaraan digunakan.

Bagaimana cara mengetahui masa expired ban mobil atau motor

Untuk mengetahui masa penggunaan ban pada kendaraan, tahun produksi ban tersebut dan kapan kadaluarsa ban yang digunakan sangatlah mudah sekali. Adapun cara mengetahuinya adalah sebagai berikut yang dibagi menjadi beberapa point diantaranya adalah :

1. Perhatikan kode produksi ban tersebut, biasanya kode produksi ban terletak pada bagian samping ban.
2. Pada umumnya kode produksi ban berjumlah 5 hingga 8 digit angka, namun tiap-tiap perusahaan pabrik ban mempunyai nilai jumlah digit yang berbeda.
3. Jika sudah menemukannya, perhatikan 4 angka yang dimulai dari belakang angka-angka tersebut. Adapun 4 angka dari belakang tersebut adalah minggu dan juga tahun produksi dari ban tersebut.
4. Contohnya adalah misalkan ada kode 4 angka dari belakang seperti “1718”, itu berarti bahwa ban tersebut di produksi pada minggu ketujuh belas pada tahun 2018.
5. Sehingga masa pakai ban tersebut jatuh pada tahun 2024, hal itu berarti jika penggunaan ban pada kendaraan melewati minggu ke 17 tahun 2024 maka akan mudah retak bahkan ban menjadi pecah.


Itulah cara mengetahui masa kadaluarsa pada ban kendaraan, sehingga kendaraan yang dimiliki baik itu seperti sepeda motor ataupun mobil tetap memberikan performa yang baik saat digunakan. Telitilah kendaraan anda sebelum digunakan dijalan umum, sehingga dapat menghindari hal yang tidak diinginkan dan menjadi keselamatan baik diri sendiri maupun orang lain sesama pengguna jalan.