Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Jumat, 09 November 2018

5 Manfaat Buah Semangka Yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat buah semangka - Siapa yang tak tahu buah semangka, pastinya setiap orang pernah makan buah yang penuh dengan kandungan air didalamnya. Dengan kulit hijau dan bagian isi dalamnya yang berwarna merah, ditambah rasanya yang manis tentu sangat disukai oleh setiap kalangan baik itu anak-anak hingga orang tua.

Kandungan air pada buah semangka memberikan efek menyegarkan saat di konsumsi, sehingga sangat cocok dinikmati di iklim tropis seperti di Indonesia. Selain enak dan menyegarkan, buah ini juga mengandung beberapa vitamin yang diantaranya adalah vitamin A, B6 dan C yang baik untuk antioksidan pada tubuh manusia.

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, buah yang satu ini sangat cocok sekali dijadikan camilan. Hal tersebut karena kandungan buah semangka tergolong rendah kalori, jadi tak perlu takut berat badan naik. Buah semangka pada umumnya berwarna merah pada isinya, namun saat ini ada juga yang isinya berwarna kuning dan rasanya juga hampir sama.

5 Manfaat Buah Semangka Yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat buah semangka

Dibawah ini terdapat beberapa kegunaan dan manfaat buah semangka yang harus kamu ketahui, agar selain dapat merasakan kesegaran isinya, kamu juga akan tahu apa saja dampak yang ditimbulkan dengan mengkonsumsi buah semangka bagi tubuh manusia sebagai berikut.

Untuk kelembapan kulit

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit kering, buah yang satu ini tentu dapat memberikan solusi alami bagi tubuh kita, terutama menjaga kelembapan kulit. Mengapa demikian ?, hal tersebut karena buah semangka mengandung kadar air yang melimpah dan selain itu juga bisa menghilangkan dehidrasi sebagai pengganti air. Buah semangka dimanfaatkan sebagian orang untuk perawatan kecantikan dengan dikonsumsi secara langsung atau dibuat masker wajah dalam waktu seminggu dua kali.

Menjaga kesehatan ginjal

Selain mengandung vitamin kompleks, semangka juga mengandung kalium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memelihara fungsi kerja ginjal. Fungsi kalium adalah membersihkan zat-zat racun yang mengendap di dalam ginjal, melancarkan proses ekskresi dan mengurangi kadar asam urat yang bisa memicu terjadinya batu ginjal.

Penuaan dini

Buah semangka mengandung likopen, nutrisi kompleks, vitamin A, vitamin C dan potassium yang berfungsi menangkal r@dikal bebas dari paparan sinar matahari atau polusi udara dari asap kendaraan dan lain sebagainya. Masalah yang muncul dari r@dikal bebas seperti garis-garis halus, flek hitam, jerawat sampai penuaan dini. Dengan adanya zat antioksidan didalam buah semangka, membantu tubuh untuk melepaskan r@dikal bebas sehingga kulit tampak lebih cerah dan sehat.

Mencegah kanker

Antioksidan mengandung senyawa yang dapat memicu kanker, oleh sebab itu buah semangka bisa dijadikan alternatif untuk pencegahan penyakit kanker. Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya bahwa buah semangka memiliki vitamin C dan lycopene dengan tinggi kandungan, sehingga mampu menangkal r@dikal bebas yang dapat memicu penyakit kanker.

Memelihara jantung dan tulang

Selain menangkal r@dikal bebas, kandungan likopen pada buah semangka berfungsi juga memelihara kesehatan jantung dan tulang. Buah semangka mampu membuat aliran darah dalam jantung terpompa secara maksimal, membuat sel-sel tubuh bergenerasi dengan baik serta tingkat oksidatif pada pembuluh darah penyebab serangan jantung menjadi turun secara drastis. Kalsium pada semangka bekerja efektif untuk membentuk kepadatan tulang sehingga membuat tulang menjadi kokoh serta terbebas dari penyakit osteoporosis.

Itulah 5 manfaat buah semangka yang perlu kamu ketahui, semoga pembahasan yang telah diuraikan diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi informasi bagi anda tentang apa saja manfaat dan kegunaan buah semangka bagi tubuh manusia dan vitamin-vitamin yang terkandung didalam buah semangka, agar kamu tahu alasan mengapa buah semangka penting bagi kesehatan.