Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Selasa, 06 November 2018

10 Tips Hemat Saat Traveling, Dijamin Menghemat Pengeluaran Keuangan Anda

Tips hemat pengeluaran keuangan saat traveling - Jalan-jalan atau yang banyak menyebutnya traveling saat ini sudah menjadi tren di kalangan milenial. Berbagai tempat dan destinasi wisata yang menarik banyak ditemui di dunia maya, berkat postingan para traveller di sosial media dan ulasan blog.

Dari berbagai postingan tempat wisata yang menarik, mau itu berupa foto dan video pemandangan yang sangat indah sekali, biasanya disebutkan juga lokasi yang sedang populer sebagai tujuan destinasi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tidak hanya itu, tempat wisata yang tergolong masih jarang sekali dikunjungi namun memiliki pesona alam yang indah tidak luput dari ulasan para traveller, sehingga semua menjadi destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Hal tersebutlah yang menjadi pemicu meningkatnya kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara ke berbagai tempat wisata yang ada di Nusantara.

10 Tips Hemat Saat Traveling, Dijamin Menghemat Pengeluaran Keuangan Anda

Bagaimana cara mengatur keuangan dan hemat pengeluaran saat travelling ?

Sebelum anda memulai perjalanan ke berbagai destinasi wisata yang menarik, alangkah baiknya anda harus mengetahui berbagai kiat-kiat hemat saat travelling. Adapun menghemat uang saat traveling tidak akan mengurangi kesenangan dalam liburan anda dan juga menghemat pengeluaran bukan berarti pelit. Sesekali anda juga bisa menggunakan pesawat kelas bisnis atau hotel bintang lima saat traveling.

Namun, pengeluaran yang over budget tanpa direncanakan akan menjadi musibah saat usai traveling. Jangan sampai usai senang-senang justru malah merana saat pulang. Seharusnya saat selesai traveling, beban pikiran berkurang dan bukan ditambah lagi dengan tumpukan hutang. Dibawah ini merupakan cara menghemat pengeluaran saat traveling dengan tujuan manapun juga.

1. Hindari ikut agen perjalanan

Demi menghemat budget perjalanan, sebaiknya rencanakan budget travelling secara pribadi. Dengan merencanakan semuanya sendiri, anda bisa memutuskan rute hingga memesan penerbangan dengan harga miring. Pemilihan penginapan juga bisa disesuaikan dengan budget dan bisa memilih berdasarkan fasilitas yang ditawarkan. Aturlah semuanya sesuai dengan tabungan yang anda miliki.

2. Pilih hotel bintang satu (Homestay) sebagai tempat menginap

Hotel bintang satu bisa jadi pilihan anda untuk menginap sementara atau transit. Jika hanya sekedar singgah, tidak ada salahnya juga anda menginap di homestay. Selain lebih murah, anda juga bisa menghemat budget, apalagi untuk anda yang waktu liburannya lebih banyak dihabiskan di luar ruangan daripada di kamar penginapan.

3. Rencanakan perjalanan dari jauh hari

Semakin awal anda merencanakan perjalanan, maka hal itu bisa menekan biaya traveling nantinya. Di waktu tertentu banyak tiket pesawat, hotel hingga beragam festival menawarkan diskon atau potongan harga yang sangat pas untuk dipilih.

4. Siapkan rencana perjalanan dengan detail

Traveling spontan memang seru dan menyenangkan, namun bukan cara yang tepat jika anda ingin menghemat uang. Jika anda ingin mengurangi budget, anda harus melakukan perencanaan dari awal.

Rencanakan sedetail mungkin seperti bagaimana rute perjalanan yang akan anda pilih, makan, tiket masuk wisata, penginapan agar nantinya tidak terjadi pembengkakan budget dari yang anda inginkan dan ini sangat tepat untuk diterapkan.

5. Pastikan ada aplikasi traveling dan peta di ponsel

Aplikasi traveling dan juga peta yang dapat digunakan secara online maupun offline akan sangat berguna bagi perjalanan anda, bahkan ada beberapa dari aplikasi tersebut yang dapat anda jadikan pemandu wisata gratis saat perjalanan menuju destinasi wisata.

6. Menikmati beragam tempat wisata gratis

Sebelum berangkat pastikan untuk mencari secara online beberapa destinasi gratis yang bisa dikunjungi di kota tujuan, hal ini opsional namun bisa menjadi nilai lebih perjalanan wisata anda, sehingga tidak sedikit temapt yang anda kunjungi nantinya.

7. Fleskibel dalam memilih waktu perjalanan

Perlu diingat bahwa anda adalah traveler, bukan turis. Anda perlu memeriksa high season atau musim liburan dan tak memaksa pergi di waktu tersebut. Melakukan perjalanan di musim liburan bisa membuat biaya perjalanan membengkak.

8. Jangan pernah makan di area bisnis atau pusat tamasya

Tempat wisata kerap memiliki harga makanan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga diluar area. Percayalah bahwa harganya bisa dua kali lipat jika dibandingkan dengan harga normal diluar area wisata.

Jadi, untuk beberapa makanan ringan atau air minum, sebaiknya dipersiapkan sejak dari rumah atau membeli di luar tempat wisata. Karena ada juga beberapa tempat wisata yang melarang pengunjung membawa makanan dari luar. Cukup camilan dan air minum saja rasanya sudah bisa banyak menghemat pengeluaran anda.

9. Liburan bersama keluarga atau sahabat

Anda yang melakukan travelling seorang diri akan lebih banyak mengeluarkan uang untuk biaya akomodasi. Liburan bersama keluarga atau sahabat selain membuat suasana lebih ramai juga dapat mengurangi pengeluaran untuk biaya penginapan dan transportasi.

10. Jangan membeli souvenir, oleh-oleh dan snack di tempat wisata karena harganya bisa jauh lebih mahal dari harga normal

Melakukan sebuah perjalanan wisata rasanya kurang afdol jika tidak membeli souvenir atau oleh-oleh dari daerah yang sedang dikunjungi. Pernak pernik cantik atau makanan khas daerah tersebut seringkali mengundang keinginan berbelanja bagi para wisatawan.

Namun, harga oleh-oleh atau souvenir yang dijual di kawasan wisata memiliki harga yang tidak wajar. Apalagi jika anda pergi berlibur saat masa-masa liburan, pasti harganya akan sangat mahal. Sebagai alternatif tempat berbelanja yang lebih murah, anda bisa membeli barang-barang yang kamu inginkan di pusat oleh-oleh atau pasar tradisional.


Itulah 10 tips hemat saat traveling, dijamin menghemat pengeluaran keuangan anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi informasi bagi anda tentang bagaimana cara mengatur keuangan dan hemat pengeluaran saat travelling.