Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Senin, 26 November 2018

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kulit Telapak Kaki Kering Dan Pecah-Pecah

Penyebab dan cara mengatasi kulit telapak kaki kering dan pecah-pecah - Apakah kamu pernah melihat seseorang yang telapak kakinya kering dan pecah-pecah ?, atau bahkan mungkin saja kamu sudah pernah mengalaminya sendiri ?. Hal itu tentu sangatlah tidak nyaman untuk dirasakan dan sudah pasti mengganggu penampilan saat tidak menggunakan alas kaki.

Kulit telapak kaki kering dan pecah-pecah tidak boleh dianggap biasa, namun sebagian orang justru menyepelekannya dan berpikir bahwa pasti akan hilang dengan sendirinya. Sebaiknya buanglah pola pikir seperti itu, karena mengenai kulit kaki yang kering dan pecah-pecah perlu penanganan yang cukup serius.

Faktor penyebab kulit kaki pecah-pecah dan solusinya

Ketahui apa saja yang menjadi faktor pemicu terjadinya kulit pecah-pecah pada bagian kaki, sehingga kamu dapat menghindari hal seperti berikut ini. Apa sajakah itu dan bagaimana solusinya, simak ulasannya sebagai berikut dibawah ini dan setelah mengetahuinya, hindari meskipun sering dianggap sepele.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kulit Telapak Kaki Kering Dan Pecah-Pecah

Kelembapan

Seluruh tubuh manusia dilapisi kulit, tak terkecuali telapak kaki. Kulit manusia membutuhkan kadar air yang cukup agar kelembapannya tetap terjaga sepanjang hari. Bila kering, telapak kaki akan mengelupas dan terasa perih sehingga membuat lapisan kulit menjadi pecah-pecah.

Selain asupan air yang cukup, kamu juga bisa menggunakan lotion atau produk khusus perawatan telapak kaki yang pecah-pecah agar kulit kaki kamu tetap terjaga kelembapannya.

Kekurangan cairan (dehidrasi)

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, jika kulit manusia membutuhkan asupan air yang cukup dan faktor dehidrasi juga dapat membuat tubuh mudah lelah serta mengurangi metabolisme tubuh. Minumlah delapan gelas air putih setiap hari agar kulit tidak kering terutama pada bagian telapak kaki.

Tidak menggunakan alas kaki

Jangan sering tidak menggunakan alas kaki saat beraktivitas sehari-hari, karena akan beresiko terjadinya goresan atau gesekan dari lantai yang keras dan benda yang dapat menggores kulit lainnya. Hal ini terkadang yang banyak disepelekan sebagian orang dan jika dibiarkan secara terus menerus akan membuat telapak kaki lebih mudah kering hingga timbul pecah-pecah pada telapak kaki.

Alas kaki tidak pas

Jangan memaksakan alas kaki misalnya seperti sepatu dan sandal yang tidak pas dengan ukuran kaki kamu, karena hal tersebut akan menimbulkan gesekan serta membuat kaki lecet atau luka. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, maka kelembapan pada kaki akan berkurang dan membuat telapak kaki mudah kering dan ditambah lagi bakteri pada sandal atau sepatu yang berpotensi membuat kulit kaki menjadi pecah-pecah.

Sepatu hak tinggi dan bertali

Sebagian wanita pasti suka memakai sepatu ber hak tinggi, hal itu boleh saja asal jangan terlalu lama. Sepatu dengan hak tinggi bertali bisa membuat telapak kaki terkelupas karena adanya gesekan saat berjalan. Segeralah ganti alas kakimu jika ada gesekan yang membuat telapak kaki terasa perih atau sakit.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kulit telapak kaki kering dan pecah-pecah, semoga setelah kamu mengetahui apa saja yang menjadi faktor pemicu kulit kaki pecah-pecah, maka kamu dapat mengantisipasi hal tersebut dengan mencegah sejak dini. Rawatlah kulitmu sebaik mungkin agar selalu terlihat dan terasa baik meskipun itu ada pada kulit kaki dan semoga solusi yang diberikan bermanfaat untuk kamu dalam mencegah kulit pecah-pecah pada kaki.