Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Kamis, 06 September 2018

Perbedaan Asuransi Jiwa Dan Asuransi Kesehatan

Perbedaan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa Ternyata masih banyak orang yang bingung mengenai perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Meskipun memang sekilas terlihat sama, namun perlu diperhatikan dengan baik bagaimana perbedaan diantara keduanya. Sehingga anda bisa menentukan mana asuransi yang sedang anda butuhkan dan bisa memberikan manfaat secara optimal.

Memperhatikan perbedaan ini menjadi bagian yang tidak boleh dilewatkan, anda harus mempertimbangkan dengan baik agar tidak sampai salah memilih. Oleh karena itu sebelum menentukan jenis asuransi apa yang akan anda gunakan, pastikan bahwa anda sudah mengetahui jenis produk asuransi yang ditawarkan.

Perbedaan pengertian asuransi jiwa dan asuransi kesehatan

Pada dasarnya untuk asuransi jiwa adalah jaminan yang diberikan untuk terjadinya kerugian finansial tidak diduga karena kehilangan nyawa seseorang. Misalnya saja meninggalnya seorang kepala keluarga karena kecelakaan atau kondisi penyakit lainnya, maka anggota keluarga lainnya akan mendapatkan klaim dana asuransi sesuai dengan premi yang telah dibayarkan dan kesepakatan di awal penggunaan asuransi tersebut.

Perbedaan Asuransi Jiwa Dan Asuransi Kesehatan

Sedangkan untuk asuransi kesehatan adalah jaminan yang diberikan untuk pemegang polis yang mengalami sakit atau kecelakaan. Asuransi ini digunakan untuk mengurangi biaya kesehatan yang dibutuhkan untuk masa penyembuhan dan pemulihan.

Perbedaan klaim asuransi jiwa dan asuransi kesehatan

Untuk melakukan klaim asuransi jiwa, maka yang melakukan adalah anggota keluarga lainnya. Tidak harus tertanggung meninggal tetapi sakit kritis juga bisa diklaim asuransinya. Tentu anda sebagai anggota keluarga yang ingin melakukan klaim juga harus memenuhi berbagai jenis dokumen yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan asuransi sebagai syarat klaim.

Sementara untuk asuransi kesehatan ada dua jenis klaim yang bisa dilakukan, yaitu sistem kartu dengan pihak perusahaan akan secara langsung melakukan pembayaran pada pihak rumah sakit dan sistem penggantian yang artinya anda harus membayar biaya pengobatannya terlebih dahulu baru kemudian akan digantikan oleh perusahaan asuransi tersebut.

Tentunya untuk bisa melakukan proses klaim dengan baik dan benar, maka anda perlu memperhatikan kembali masalah peraturan yang berlaku di masing-masing perusahaan asuransi. Pertimbangan ini sangat penting, karena akan mempengaruhi seberapa lama anda harus menunggu proses pencairan dana asuransi yang sudah diklaim.

Perbedaan fungsi asuransi jiwa dan asuransi kesehatan

Fungsi utama dari penggunaan asuransi jiwa adalah untuk memberikan jaminan pada mereka yang mengalami gangguan finansial jika tertanggung meninggal dunia, sakit parah atau bahkan kecelakaan yang mengakibatkan kecacatan. Sehingga memang manfaat dari asuransi ini akan dirasakan oleh anggota keluarga lainnya yang masih hidup.

Sementara untuk asuransi kesehatan akan memberikan jaminan bantuan pengobatan bagi tertanggung dalam batas aturan yang telah ditentukan oleh masing-masing perusahaan asuransi. Semua biaya yang berkaitan dengan kesehatan tertanggung akan dijamin dengan baik sesuai kesepakatan.

Maka dari itu, dengan memahami adanya berbagai perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan tersebut anda akan memahami mana yang lebih dibutuhkan sesuai kondisi anda masing-masing tentunya.