Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Rabu, 20 Maret 2019

4 Macam Asuransi Syariah di Indonesia

Asuransi syariah di Indonesia - Saat ini sudah banyak perusahaan jasa asuransi yang menawarkan berbagai macam produk asuransi berbasis syariah yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keuangan anda. Sebelum mengetahui apa saja perusahaan asuransi syariah yang ada di Indonesia dan asuransi yang diperbolehkan dalam islam, apakah anda tahu apa itu asuransi syariah ?

Asuransi syariah adalah suatu jenis asuransi yang berpedoman pada prinsip syariah yang berkonsep usaha saling tolong-menolong atau dikenal dengan istilah ta'awuni dan juga saling melindungi atau dikenal dengan istilah takafuli antara peserta satu dengan lainnya yang berdasarkan dengan pembentukan kumpulan dana atau dikenal dengan istilah Dana Tabarru' dan pengelolaan dananya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah guna menghadapi berbagai risiko tertentu yang bisa terjadi.

Perusahaan asuransi syariah di Indonesia

Asuransi syariah di Indonesia berikut ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki asuransi dengan sistem bebas riba. Nantinya setelah mempertimbangkan nominal angsuran selama masa tenor dan fungsi dari setiap asuransi yang ditawarkan, Anda bisa menjamin kenyamanan hidup pribadi maupun keluarga terdekat.

Asuransi Syariah di Indonesia

Asuransi syariah BNI Life

BNI Life juga mengeluarkan beberapa jenis asuransi syariah yang dapat digunakan untuk beberapa tujuan, seperti asuransi wadi’ah cendekia untuk pendidikan, asuransi multi investa untuk umroh atau tabungan pensiun serta asuransi investa plus untuk perlindungan jiwa.

Asuransi ini memudahkan pemegang polis untuk merancang masa depan dari diri sendiri maupun keluarga. Untuk bisa memiliki asuransi ini, Anda perlu menghitung terlebih dahulu pengeluaran pasti tiap bulan, agar angsuran selama masa tenor bisa terbayar dengan mudah.

Asuransi syariah Panin

Asuransi syariah di Indonesia juga dikeluarkan oleh bank Panin ini bisa digunakan oleh perorangan maupun satu keluarga dengan sistem turunan atau duplikasi, dimana pemegang polis dapat mendaftarkan keluarganya dibawah namanya. Karena menganut sistem syariah, fasilitas asuransi jiwa yang diberikan dapat dikatakan bebas bunga dan tidak memberatkan untuk pembayaran selama masa tenor asuransi.

Asuransi syariah Prudential

Sebagai salah satu lembaga asuransi yang ada di Indonesia, Prudential juga memiliki beragam jenis asuransi syariah dengan nama asuransi PRUSyariah. Sistem pengelolaan dana asuransi yang masuk dari para nasabah dikembalikan dengan sistem surplus sharing yang dijamin tidak merugikan nasabah maupun melibatkan riba. Beberapa produk dari PRUSyariah diantaranya adalah sebagai berikut :

1. PRUHospital & Surgical syariah
Asuransi yang satu ini memungkinkan pemilik polis untuk mendapatkan pertanggungan ketika menderita sakit cukup serius dan memerlukan tindakan operasi atau bedah. Seperti yang kita tahu untuk beberapa jenis penyakit, nominal yang harus disediakan untuk operasi sangat tinggi, sehingga asuransi satu ini dapat digunakan untuk biaya operasi maupun rawat inap selama masa pemulihan.

2. PRUPersonal accident death syariah
Asuransi yang satu ini memungkinkan pemegang polis memberikan ahli waris jaminan dalam nominal tertentu setelah pemegang polis tidak ada didunia akibat penyakit maupun kecelakaan. Jenis asuransi yang satu ini dibuat dengan sistem kesepakatan sesuai syariat Islam.

Asuransi syariah AIA

Salah satu lembaga asuransi di Indonesia yaitu AIA juga menyediakan asuransi berbasis syariah bagi nasabah yang ingin mendapatkan perlindungan jiwa maupun kesehatan. Beragam jenis asuransi syariah yang ditawarkan oleh AIA sudah memiliki persetujuan dari lembaga DPS MUI.

Bagi seorang pemegang polis asuransi, asuransi syariah dari AIA seperti Fortuna X-Tra Plus Syariah dan Hasana Berkah bisa digunakan untuk perencanaan kebutuhan haji dan umroh. Semoga informasi beragam asuransi syariah di Indonesia diatas bisa menambah pengetahuan sekaligus membantu Anda dalam menentukan jenis asuransi syariah di indonesia yang ingin dimiliki.