Kamu Suka Masak ?, Sebaiknya Hindari 7 Kebiasaan Ini !

Hobi memasak - Memasak sudah menjadi rutinitas sehari-hari untuk semua orang, selain untuk kebutuhan makan sampai pada penyalur hobi dan keahlian seseorang, hobi memasak dapat memunculkan sebuah peluang untuk membuka usaha kuliner. Memasak memang kelihatannya mudah untuk dilakukan, namun dalam prosesnya cukup membutuhkan akan pengetahuan resep makanan dan pengalaman memasak.

Akan tetapi saat ini sudah banyak berbagai resep makanan lengkap dengan cara membuatnya yang tersaji yang bisa kamu pelajari dari buku hingga resep masakan yang ada di internet. Seperti yang sering kita lihat di berbagai tutorial cara masak, memasak terlihat mudah sekali dimana tinggal memadukan berbagai macam bumbu menjadi satu dalam satu tempat.

Namun pada prakteknya tidaklah semudah itu, karena jika tidak tepat mencampur bahan dasar dan bumbu masak, maka rasa yang dihasilkan mungkin akan terasa aneh atau bahkan tidak enak. Untuk kamu yang gemar memasak sebaiknya harus mengetahui dan menghindari 7 kebiasaan ini agar masakan kamu tetap enak, sempurna dan aman.

Kamu Suka Masak ?, Sebaiknya Hindari 7 Kebiasaan Ini !
Memasak

Tips memasak agar aman, sempurna dan hasil masakan yang enak

Dibawah ini terdapat beberapa tips yang bisa kamu pelajari untuk bisa menghasilkan hasil makanan yang enak, aman dan sempurna. Apa sajakah itu bisa kamu baca pada penjelasan artikel hobi memasak berikut ini.

1. Membuka oven ketika sedang memasak

Terkadang rasa penasaran serta tak sabaran membuat sebagian orang selalu mengecek atau membuka tutup oven berkali-kali. Ini justru membuat panas yang dibutuhkan untuk proses memasak menjadi hilang dan begitu kamu menutup kembali maka oven akan kembali menyesuaikan suhu dari awal kembali hingga mencapai temperatur ideal. Alhasil masakan akan menjadi lebih lama masak hingga berdampak pada kurang sempurnanya hasil masakan.

2. Terlalu banyak menaruh makanan dalam wajan

Jika kamu berpikir menaruh semua makanan kedalam wajan akan menghemat waktu memasak mungkin terasa benar, namun ini justru akan mengurangi cita rasa masakanmu loh. Memasukan makanan kedalam wajan sekaligus justru akan membuat makanan berjejalan yang berarti mengurangi area untuk makanan tersebut matang dengan sempurna.

Setiap makanan memiliki waktu matang yang berbeda-beda, sebaiknya kamu masak makanan yang matangnya lama terlebih dahulu agar nanti tidak terjadi over cook dengan bahan makanan yang lebih cepat matang.

3. Jangan hanya gunakan satu talenan

Sebaiknya gunakan lebih dari satu talenan yaitu untuk memotong sayur dan daging mentah. Kedua bahan makanan ini sebaiknya harus dibedakan talenannya, agar mengurangi resiko keracunan makanan. Terlebih lagi bahan makanan lain yang belum kita ketahui kandungannya jika tercampur dengan bekas makanan lain akan menimbulkan efek yang kurang baik bagi tubuh. Agar lebih bersih lagi sebaiknya cuci talenan setelah menggunakannya.

4. Perhatikan masa kadaluarsa bumbu dapur

Mungkin ini yang jarang kita lakukan, yaitu mengecek masa kadaluarsa bumbu rempah didapur. Memang jika memakan bumbu yang kadaluarsa tidak akan membuatmu menjadi keracunan dan sebagainya, tapi cita rasa yang kalian inginkan akan berubah tidak seperti biasanya. Padahal kita tahu jika bumbu ialah bahan penting untuk menyedapkan masakan.

5. Hindari pisau yang tumpul

Mungkin kedengarannya sepele, tapi jika pisau yang kamu gunakan untuk memasak tumpul justru akan membahayakan diri sendiri. Saat memotong bahan makanan yang keras akan tergelincir sehingga melukai diri sendiri. Tidak ada salahnya jika memperhatikan pisau yang tumpul didapur agar mempermudah proses memasak.

6. Jangan selalu gunakan wajan anti lengket

Wajan anti lengket memang menjadi andalan setiap orang untuk memasak. Tapi tahukah kamu jika wajan ini hanya cocok untuk paparan panas yang rendah seperti memasak crepe hingga omelet. Jika ingin memasak daging atau hidangan dengan panas yang tinggi sebaiknya gunakan wajan besi saja, karena wajan anti lengket jika terkena paparan panas yang tinggi akan muncul partikel yang berbahaya.

7. Memasak bawang putih sampai gosong

Bawang putih memang bahan makanan yang wajib didapur untuk melezatkan dan mengharumkan aroma makanan. Namun yang harus kamu ketahui jangan menaruh cincangan bawang putih di wajan yang sangat panas sehingga membuatnya manjadi gosong. Ini justru merusak cita rasa masakan kamu. Sebaiknya ukur waktu yang tepat memasukan bawang putih agar tidak gosong serta jangan lupa menambahkan minyak.

Demikian pembahasan mengenai 7 kebiasaan buruk saat memasak yang harusnya kamu hindari. Semoga artikel terkait hobi memasak ini bisa menjadi referensi pengetahuan baru bagi kamu dalam memasak makanan, terutama bagi kamu yang benar-benar hobi masak dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya agar lebih banyak lagi memberikan manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel