Manfaat Buah Dan Daun Rambutan Yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat buah dan daun rambutan - Rambutan merupakan buah yang tumbuh subur dinegara dengan iklim tropis, salah satunya Indonesia. Namun dengan seiring berkembangnya zaman, tanaman buah ini tersebar hingga ke negara-negara lain yang diantaranya adalah seperti Afrika, Amerika Tengah, Thailand, Sri Lanka, Filipina sampai negara-negara di Karibia.

Tanaman jenis buah rambutan berbuah dimusim-musim tertentu, sehingga kamu hanya bisa menikmatinya ketika musim rambutan tiba. Di Indonesia buah rambutan biasa kita jumpai dipasar sampai penjual buah pinggir jalan. Ternyata selain bentuknya yang unik karena memiliki bulu seperti rambut, rambutan ternyata banyak manfaatnya loh. Tidak hanya buahnya saja yang memiliki khasiat yang baik, namun ternyata daun rambutan juga memiliki manfaat baik.

Baca juga :

Dalam setiap 100 gram buah rambutan biasanya terkandung 69 kalori, 58 mg vitamin C dan 18,1 gr karbohidrat. Rambutan tergolong buah yang tinggi akan serat yaitu 2 gr dalam setiap 100 gr buahnya. Bagi kamu yang sedang manjalankan program diet, buah rambutan ini sangat cocok dikonsumsi karena kaya akan kandungan seratnya dan pada dasarnya rambutan memiliki gizi yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Dan Daun Rambutan
Manfaat Buah Dan Daun Rambutan

Manfaat buah rambutan

Dibawah ini terdapat beberapa manfaat buah rambutan yang mungkin baru kamu ketahui, apa sajakah manfaat dan khasiat buah rambutan tersebut dapat kamu ketahui pada uraian sebagai berikut.

1. Menangkal radikal bebas

Menurut laman times of india, menyebutkan jika pada kulit rambutan terdapat beberapa senyawa organik seperti asam galat. Senyawa organik ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas serta membantu menjaga tubuh dari ancaman kerusakan oksidatif.

2. Menambah stamina

Bagi atlet atau kamu yang gemar olahraga dan banyak kegiatan, buah rambutan sangat cocok untuk dikonsumsi setelah beraktivitas seharian. Mengapa demikian ?, hal tersebut karena buah rambutan memiliki banyak kandungan antioksidan yang bisa mengembalikan stamina yang hilang setelah aktivitas yang melelahkan. Selain daging buahnya, ekstrak kulit rambutan juga mampu memulihkan tenaga yang hilang.

3. Melindungi ginjal

Buah rambutan memiliki kandungan fosfor yang berfungsi menjaga kesehatan ginjal dengan cara mengeluarkan kotoran yang mengendap di dalam ginjal. Selain fosfor, buah ini juga memiliki kandungan kalsium yang berfungsi menjaga tulang dari resiko pengeroposan.

4. Menurunkan kadar gula darah (diabetes)

Sudah kita ketahui bersama jika kulit manggis memiliki khasiat menyembuhkan untuk penyakit diabetes, namun ternyata ekstrak kulit rambutan juga sama fungsinya untuk menurunkan kadar gula darah. Bahkan dibeberapa negara asia tenggara memanfaatkan buah rambutan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, diabetes dan berbagai penyakit lainnya. Kandungan flavonoid merupakan kandungan antioksidan di dalam buah rambutan bisa juga membantu kamu untuk menjalankan program diet.

5. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah atau hipertensi jika hanya dibiarkan bisa memicu resiko penyakit jantung dan stroke. Konsumsilah buah Rambutan secara teratur agar tekanan darah bisa cepat turun, selain itu juga buah ini dapat membuat kulit menjadi halus.

Manfaat daun rambutan

Dibawah ini terdapat beberapa manfaat yang terkandung pada daun rambutan yang belum banyak diketahui, apa sajakah manfaat dan khasiat daun rambutan tersebut dapat kamu ketahui pada uraian sebagai berikut.

1. Meredakan sakit kepala

Dengan mengkonsumsi ramuan herbal alami yang menggunakan bahan dasar daun rambutan, sangat efektif dalam menyembuhkan sakit kepala. Hal tersebut karena kandungan yang ada pada daun rambutan memiliki fungsi yang dapat menenangkan diri seseorang dikala kondisi kepala pusing, sakit kepala ataupun stress.

2. Meredakan flu

Banyak yang menganggap remeh penyakit ini, karena dianggap tidak perlu perawatan yang intensif dan akan sembuh dengan sendirinya. Namun hal tersebut tidak bolehlah terus dilakukan, karena suatu saat bisa saja berubah menjadi kondisi yang parah. Untuk itulah agar penyakit flu reda, bisa mengkonsumsi ramuan alami daun rambutan sehari cukup sekali namun rutin.

3. Mengatasi diabetes

Daun kersen biasanya banyak digunakan sebagai bahan alami mengatasi penyakit diabetes, begitu juga dengan daun rambutan yakni dapat mengatasi dan mengurangi penyakit diabetes.

Demikian pembahasan mengenai manfaat buah dan daun rambutan yang mungkin baru kamu ketahui. Semoga artikel terkait khasiat buah dan daun rambutan ini bisa menjadi referensi pengetahuan baru bagi kamu dalam mengetahui kegunaan buah dan daun rambutan bagi tubuh manusia, jangan lupa share ke teman-teman lainnya agar lebih banyak lagi memberikan manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel