Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Rabu, 08 Mei 2019

Manfaat Buah Kurma Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Manfaat kurma untuk kesehatan - Di Indonesia buah kurma sudah sangat terkenal diseluruh lapisan kalangan masyarakat, walaupun buah ini bukan berasal dari negara kita namun manfaat kurma dipercaya baik untuk kesehatan. Apalagi bila bulan suci Ramadhan telah tiba, biasanya buah kurma banyak dijual di toko-toko hingga pedagang kaki lima.


Buah kurma memiliki khasiat baik bagi tubuh, oleh karenanya selain memiliki rasa yang enak juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Berbagai khasiat bisa didapatkan jika mengkonsumsi buah kurma, sehingga manfaat kurma baik itu manfaat kurma muda, manfaat sari kurma sahara, manfaat kurma ajwah dan manfaat kurma sukari serta kurma lainnya menjadi nilai lebih setelah rasanya yang enak saat dikonsumsi.

Manfaat buah kurma

Kurang afdol rasanya jika tidak mengkonsumsi takjil berupa buah kurma, buah yang identik dengan negara timur tengah ini ternyata mengandung beberapa manfaat yang mungkin kalian belum ketahui. Menurut penelitian jika berbuka puasa dengan 2-3 butir kurma, dapat mengembalikan kadar gula darah yang turun seharian selama berpuasa. Berikut mari kita bahas beberapa manfaat buah kurma.

Manfaat Kurma
Manfaat kurma

Tinggi akan serat

Kurma mengandung 7 gram serat dalam porsi 100 gram, buah ini juga bermanfaat memenuhi asupan serat harian. Serat berfungsi bagi kesehatan pencernaan, misalnya memperlancar buang air besar hingga mencegah sembelit. Selain itu buah kurma juga dapat mengontrol kadar gula dalam darah karena mengandung indeks glikemik yang rendah.

Antioksidan tinggi

Buah kurma mengandung antioksidan tinggi yang berguna melindungi sel-sel dari radikal bebas berbahaya penyebab penyakit. Ada tiga antioksidan yang terkandung pada buah kurma yang diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini

1. Flavonoid

Flavonoid adalah antioksidan yang kuat dapat membantu mengurangi peradangan serta mengurangi resiko diabetes dan jenis kanker tertentu.

2. Karotenoid

Karotenoid adalah antioksidan yang berfungsi meningkatkan kesehatan jantung dan juga mengurangi resiko pada mata seperti degenerasi makula.

3. Asam fenolik

Asam fenolik adalah antioksidan yang berfungsi dapat menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung karena sifat inflamasinya.

Banyak kandungan nutrisi

Buah kurma mengandung nutrisi yang sangat baik dan sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Selain itu juga kurma memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral penting. Dalam satu porsi kurma atau setara dengan 100 gram, mengandung nutrisi sebanyak :

Kalori : 277
Karbohidrat : 75 gram
Serat : 7 gram
Protein : 2 gram
Kalium : 20 persen dari RDI (Recommended Daily Intake)
Magnesium : 14 persen dari RDI
Tembaga : 18 persen dari RDI
Mangan : 15 persen dari RDI
Besi : 5 persen dari RDI
Vitamin B6 : 12 persen dari RDI

Mampu meningkatkan kesehatan otak

Selain untuk kesehatan fisik, buah kurma juga baik untuk kesehatan otak. Sebuah penelitian laboratorium telah menemukan bahwa kurma bermanfaat menurunkan tanda inflamasi di otak, seperti interleukin 6 (IL-6). Tingkat IL-6 tinggi dikaitkan dengan resiko penyakit neurodegenerative semacam Alzheimer.

Manfaat kurma untuk ibu hamil dapat mempermudah persalinan

Bagi ibu hamil sangat baik konsumsi buah kurma, karena ternyata dapat membantu proses persalinan menjadi lebih baik. Jika konsumsi kurma di beberapa minggu terakhir masa kehamilan dapat meningkatkan dilatasi serviks dan menurunkan kebutuhan persalinan yang diinduksi.

Dari sebuah penelitian, 69 wanita yang mengkonsumsi 6 buah kurma dalam sehari selama 4 minggu sebelum melahirkan, menunjukan 20% lebih mungkin melahirkan secara normal daripada yang tidak sama sekali mengkonsumsinya.

Itulah beberapa manfaat buah kurma yang mungkin belum kamu ketahui, selain rasa buah yang enak saat dikonsumsi, ternyata kandungan buah kurma sangatlah baik dan memiliki dampak yang bagus untuk kesehatan, terutama ibu hamil. Sehingga artikel tentang manfaat kurma dapat menjadi referensi informasi yang edukatif terutama manfaat kurma bagi ibu mengandung.