Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Sabtu, 11 Mei 2019

Dampak Penggunaan AC Saat Tidur Dimalam hari, Ini Pengaruhnya Bagi Kesehatan

Dampak penggunaan AC bagi kesehatan - Negara Indonesia berada pada iklim tropis atau dengan kata lain memiliki iklim yang bersuhu panas, maka dari itu tidak jarang kalian jumpai disetiap rumah-rumah baik diperkotaan maupun dipedesaan memiliki kipas angin ataupun pendingin udara (Air Conditioner atau AC).

Setelah beraktivitas pastilah suhu tubuh meningkat, ditambah lagi dengan cuaca yang panas pada alam negara tropis, maka disini AC berperan penting untuk mendinginkan suhu di dalam ruangan. Disaat kita tidur berarti hal tersebut menjadi waktu yang paling lama saat kita menggunakan AC.

Namun tahukah kalian bahwa jika dalam waktu yang lama berada didalam ruangan dingin ber AC bisa menyebabkan perubahan pada suhu tubuh serta berpengaruh buruk untuk kesehatan ?. Apalagi jika tidur menggunakan AC maupun kipas angin terlalu lama, sama-sama buruknya bagi kesehatan, terutama udara yang mengarah langsung ke tubuh kita.

Dampak Penggunaan AC Bagi Kesehatan

Pengaruh memakai AC terlalu lama saat tidur

Dibawah ini terdapat beberapa pengaruh bagi kesehatan jika sering tidur menggunakan AC, apa saja dampaknya dan apa saja akibat yang ditimbulkan dapat kalian ketahui jawabannya sebagai berikut.

Kulit kering

Kelembaban udara akan diserap AC bahkan dari tubuh kita juga akan ikut diserap. Hal tersebut akan mengakibatkan kulit menjadi kering, bersisik dan tidak lagi kencang. Kulit manusia butuh kelembaban agar elastisitasnya tetap terjaga, namun jika kulit kering tentu menjadi resiko mempercepat penuaan dini serta kelainan pada kulit. Selain itu juga kelembaban pada mata juga berkurang yang bisa menjadikannya merah.


Suhu terlalu dingin

Suhu dingin memang sangatlah nyaman saat kita beristirahat, namun jangan dalam waktu yang terlalu lama. Suhu yang terlalu dingin bisa menyebabkan kontraksi pada otot, sakit punggung hingga sakit kepala. Nyeri pada otot dan sendi dapat juga muncul seiring berjalannya waktu yang bisa menyebabkan rematik. Jika sudah terlalu parah rasa nyeri tersebut bisa menjadi arthritis.

Kurang udara segar

Jika kalian memasang AC pada ruang kamar, tentu tidak ada bagian ruangan yang terbuka, itu artinya bahwa tidak ada ventilasi untuk pergantian udara segar. Ini bisa memicu kelelahan dalam jangka waktu panjang. Kondisi ini biasa disebut sick building syndrome yang berarti adalah kondisi tubuh mengalami kelelahan dan lesu secara terus-menerus. Dampak yang lebih buruknya lagi jika kalian tidak rajin membersikan AC, maka akan menyebabkan masalah pada pernapasan.

Thermoregulation

Saat kita keluar dari ruangan ber AC ke suhu diluar yang sangat panas, tubuh akan kaget dengan perubahan suhu yang berbeda. Jika kalian sering melakukan hal ini, maka hal tersebut bisa merusak keseimbangan tubuh terutama pada bagian kulit serta menimbulkan rasa Lelah dengan cepat. Tubuh manusia butuh adaptasi namun tidak bisa secara ekstrim menerima perubahan suhu.

Baca juga : Tidur Mendengkur ? Begini Tips Dan Cara Mengatasinya

Sebaiknya jika sudah merasa suhu diruangan normal, hentikan saja penggunaan AC dan jangan biarkan tubuhmu terlalu lama dengan suhu dingin. Itulah beberapa dampak buruk penggunaan AC terlalu lama bagi kesehatan, semoga artikel ini bermanfaat dan tetap jaga kesehatan tubuh kita dari penggunaan Air Conditioner terlalu lama, terutama saat tidur dimalam hari.