Tidur Mendengkur ? Begini Tips Dan Cara Mengatasinya

Cara agar tidur tidak mendengkur - Siapa diantara kalian yang tidur sambil mendengkur ?. Kebiasaan ini tentu bisa membuat kalian menjadi malu, terlebih bila menginap dirumah saudara maupun teman. Selain itu tidur mendengkur juga mengganggu orang lain yang juga tidur satu rumah dengan kalian.

Tidur mendengkur terjadi tanpa kita sadari, namun apa penyebab tidur mendengkur dan solusinya serta mengapa tidur mendengkur bisa demikian terjadi tanpa disadari?. Salah satu faktor mendengkur keras saat tidur adalah dari masalah berat badan. Sebaiknya jaga pola makan dan konsumsi makanan yang banyak mengandung serat serta rendah kalori.

Cara agar tidur tidak mendengkur

Faktor kelelahan selama beraktivitas berat seharian juga bisa menjadi pemicu terjadinya dengkuran yang sering dialami sebagian orang. Oleh karena itu berikut ini akan diuraikan beberapa tips cara menghilangkan tidur mendengkur secara alami.

Cara agar tidur tidak mendengkur
Tidur Mendengkur

Kontrol berat badan

Kelebihan berat badan biasanya rentan dengan kebiasaan mendengkur. Sebaiknya disarankan mengontrol berat badan hingga batas ideal tubuh seseorang. Semua bisa dilakukan dengan olahraga serta membatasi porsi makan, terutama yang mengandung karbohidrat. Banyak konsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan.

Tinggikan posisi kepala

Menurut discovery health, jika tidur dengan posisi kepala lebih tinggi mampu melancarkan pernapasan, sehingga dapat melancarkan pernapasan dan mengurangi intensitas mendengkur ketika sedang tidur. Namun yang perlu kita perhatikan disini posisi kepala juga jangan terlalu tinggi atau sangat tinggi, karena justru akan membuat leher kamu menjadi sakit. Gunakan bantal yang dengan tinggi sewajarnya saja agar terhindar dari sakit pada bagian leher.

Mengubah posisi tidur

Jika posisi tidurmu salah, maka inilah salah satu penyebab terjadinya dengkuran. Terlentang merupakan salah satu penyebab kalian bisa mendengkur, walaupun posisi ini yang paling nyaman saat beristirahat. Ubah posisi tidurmu kearah samping agar mengurangi suara dengkuran, karena hal ini membuat pangkal lidah tidak bersinggungan dengan tenggorokan yang bisa membuat kalian mendengkur.

Menghirup uap

Selain beberapa faktor diatas, hidung tersumbat juga merupakan salah satu faktor kalian tidur mendengkur. Cobalah untuk menghirup uap dari wadah yang berisi air panas. Hasil dari uap tersebut bertujuan untuk membersihkan serta mengurangi pembengkakan pada hidung yang tersumbat. Cara ini sangat mudah dan bisa kalian lakukan sendiri dirumah.

Jangan konsumsi minuman yang tidak baik bagi kesehatan

Sudah kita ketahui bersama jika konsumsi minuman yang tidak baik bagi kesehatan sangat berpengaruh besar didalam organ tubuh dan ini juga merupakan penyebab mendengkur saat tidur. Zat yang terkandung pada minuman yang tidak baik tersebut rupanya mampu membuat otot-otot lidah kalian semakin tenang, sehingga potensi mendengkur semakin besar. Terlebih lagi jika tiga hingga lima jam sebelum tidur kalian konsumsi minuman yang tidak baik, maka mendengkur tidak dapat dihindarkan lagi.

Baca juga : Tidur Sering Menggunakan AC ? Ini Dampak Buruknya

Demikian tips dan cara menghilangkan dengkuran saat tidur. Memang ini bukan masalah yang serius, namun sangat mengganggu keluarga atau teman yang sedang tidur dekat dengan kalian serta membuat kualitas tidur menjadi tidak baik. Semua tips bisa kalian coba sendiri dirumah tanpa biaya yang sangat mahal. Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel dari kami yang membahas cara agar tidur tidak mendengkur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel