Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Jumat, 17 Mei 2019

Tips Merawat Mesin Mobil Matik Yang Baik Agar Tetap Awet Dan Prima

Cara merawat mesin mobil matik - Jaman sekarang penggunaan kendaraan matik (Automatic) memang sudah banyak menjadi pilihan bagi pengendara, terutama jenis kendaraan roda empat dan terlebih lagi di daerah perkotaan, karena menggunakan mobil matik lebih mudah dan nyaman saat keadaan macet dan ramai.

Kamu pengguna motor matic ?

Dan itulah yang menjadi dasar perbedaan pengalaman berkendara kebanyakan orang jika dibandingkan dengan mobil yang berjenis manual, dimana mobil jenis metik memberikan kenyamanan kepada para penggunanya dengan transmisi secara otomatis tanpa harus pindah gigi seperti yang ada pada mobil transmisi manual.

Namun perlu diketahui bahwa mobil berjenis matic agak ribet dalam hal perawatan terutama mesin mobil matic, sehingga perawatan mesin mobil matik pastinya harus ekstra diperhatikan lagi. Tentu kamu tidak mau kan mengalami kerusakan pada mesin mobilmu dan pastinya hal tersebut juga akan membuatmu repot nantinya.

Tips Cara Merawat Mesin Mobil Matik Yang Baik Agar Tetap Awet Dan Prima
Mobil automatic

Cara merawat mesin mobil matik

Mesin matik apabila sudah mengalami kerusakan akan sulit diperbaiki, selain mogok juga akan timbul hal-hal lain yang akan membuat kamu repot. Berikut kami akan memberikan beberapa tips cara yang baik dan benar kepada pengguna mobil matik agar mesin tetap awet dan prima.

Periksa volume oli

Usahakan selalu cek oli mobil kamu secara berkala. Mengapa demikian ?, karena jika kamu menghidupkan mesin dan menjalankan mobil tentu suhu mesin menjadi panas sehingga oli pada mesin menjadi berkurang, dengan demikian volume oli mesin kamu jadi tidak sesuai kebutuhan.

Oli transmisi

Kamu bisa cek atau mengontrol oli transmisi mobil dengan menggunakan acuan pada jarak tempuh 5.000 km. Jika warna oli transmisi kamu berwarna merah, itu tandanya masih bagus. Namun jika sudah mulai berwarna hitam dan tercium bau seperti terbakar, sebaiknya segera diganti sebelum muncul masalah pada mobil kamu.

Filter oli

Selain mengganti oli mesin, tentu mobil matik harus mengganti filter oli karena tentu keduanya sangat berkaitan erat. Sebaiknya jika mobil sudah menempuh jarak sekitar 20.000 km sebisa mungkin harus mengganti filter oli kendaraanmu.

Air radiator

Fungsi radiator adalah untuk menetralisir suhu panas pada mesin mobil kamu, sehingga tidak terjadinya overheat penyebab kerusakan pada mesin mobil. Sebagai pemilik kendaraan wajib periksa air radiator mobilmu secara rutin. Jangan biarkan airnya kering atau habis, karena bisa berakibat fatal. Oleh karena itu sangat pentingnya fungsi dari radiator tersebut tidak boleh diabaikan.

Timing belt

Timing belt adalah sabuk yang berfungsi meneruskan putaran pada roda-roda gigi mesin mobil yang terhubung langsung dengan bagian internal mesin. Kamu bisa mengetahui timing belt mulai rusak, biasanya mulai timbul suara mendengung setelah mobil mulai dijalankan. Jangan biarkan hal ini atau bahkan membiarkannya saja, karena jika timing belt putus akan berpengaruh pada kerusakan komponen mesin lain didalamnya.

Filter karburasi

Terkadang mobilmu susah dihidupkan ini bisa jadi masalah pada karburasi yang sangat kotor. Cukup dengan sikat gigi yang sudah tidak terpakai kamu bisa membersihkan kerak-kerak dan debu yang menempel.

Bersihkan tanki bahan bakar

Jika memiliki waktu luang sebaiknya bersihkan tanki bahan bakar mobilmu. Kerak-kerak yang menempel pada dinding tanki bisa saja masuk ke saluran pembakaran mobil kamu.

Tarik gas

Sesekali tarik gas dalam keadaan mobil netral, mengapa demikian ?. Ini dimaksudkan agar kerak-kerak serta kotoran yang menempel pada bagian mesin bisa keluar melalui lubang pembuangan knalpot.

Tune up

Selain tips yang sudah kami jelakan diatas, lakukan juga tune up di bengkel resmi kepercayaanmu. Hal ini bertujuan agar mesin tetap awet dan prima karena mekanik akan mengecek komponen penting mobil kamu seperti busi, filter dan oli.


Demikian beberapa tips cara merawat mesin mobil matik kamu dengan benar agar tetap awet dan prima. Semua bisa dipraktekan sendiri dirumah dengan mudah atau bisa dengan bantuan orang yang sudah ahli. Semoga artikel diatas memberikan manfaat untuk kita semua didalam mengetahui cara merawat mesin mobil automatic.