Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Rabu, 29 Agustus 2018

Hemat Mobil Matik Atau Manual ? Ini Jawabannya

Hemat mobil matik atau manual - Saat ini sudah banyak sekali perusahaan diseluruh dunia yang memproduksi mobil dengan beragam merek, jenis dan bentuk. Mulai dari mobil dengan harga yang sangat mahal sekali hingga mobil murah dan pastinya sebelum membeli mobil, biaya merupakan suatu hal yang harus dipetimbangkan dalam memilih jenis mobil.

Biaya pada mobil yang tergolong besar adalah bukan hanya berbicara mengenai biaya perawatan, biaya suku cadang dan biaya-biaya lainnya, namun bahan bakar minyak atau BBM adalah yang paling dominan untuk dipertimbangkan dalam membeli suatu mobil.

Hal tersebut karena mobil selalu membutuhkan bahan bakar sebagai bahan dasar untuk menggerakan mesin, sehingga kebanyakan dari mereka diberbagai kalangan lebih banyak memilih mobil yang tergolong kedalam hemat BBM (mobil irit bbm).

Banyak yang beranggapan bahwa mobil hemat disematkan pada jenis mobil dengan transmisi manual, selain itu juga memiliki harga jual yang terbilang lebih murah dari pada mobil matik. Mobil dengan transmisi otomatis atau mobil matik banyak yang menganggap lebih boros, apakah benar demikian.

Hemat mobil matik atau manual

Mobil irit manual atau matik ?

Untuk mengetahui jawaban mengenai yang mana yang lebih hemat dan irit antara jenis matik atau manual, berikut penjelasannya.

Seperti yang dijelaskan oleh How Stuff Works yang telah kami rangkum, anggapan bahwa mobil manual lebih irit dibanding mobil matik itu tidah seluruhnya benar. Di era teknologi semakin maju seperti sekarang ini, pabrik yang memproduksi berbagai jenis mobil telah menemukan sebuah teknologi canggih dimana mobil matik bisa dibuat menjadi hemat dan irit seperti mobil dengan transmisi manual.

Adapun teknologi tersebut yang dimaksud yakni penggunaan transmisi CVT atau Continuosly Variable Transmissions. Transmisi CVT ini berbeda sekali sistem kerjanya dibandingkan dengan transmisi otomatis lainnya, namun dalam hal penggunaan pengoperasiannya sama saja dengan biasanya dimana tinggal pindahkan tuas transmisi ke posisi D atau Drive kemudian injak pedal gas maka bergeraklah mobil.

Jika perangkat gigi transmisi manual dan matik sudah tetap, namun transmisi CVT lebih dapat merubah rasio roda gigi supaya lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Dengan kata lain bahwa mobil dengan teknologi CVT merupakan mobil irit dan hemat bbm serta juga memiliki lebih banyak roda gigi pada bagian depan jika dibanding dengan mobil manual.

Roda gigi tersebutlah yang banyak memberikan bantuan kepada mesin dengan mengirim tenaga-tenaga yang sama menuju roda saat bekerja bersama putaran mesin yang lebih rendah, dengan demikian akan menjadi hemat bahan bakar.

Itulah jawaban mengenai lebih hemat mobil matik atau manual, namun seiring berkembangnya selalu ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju, baik itu mobil manual atau mobil matik saat ini sudah masing-masing memiliki kelebihan tersendiri baik dari segi perawatan, efisiensi penggunaan bbm yang tidak jauh berbeda hingga model mobil yang semakin beragam.