Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Selasa, 17 April 2018

#7 Tips Cara Merawat Motor Matic

Tips cara merawat motor maticDi indonesia, kendaraan roda dua sudah menjadi transportasi yang paling banyak digunakan untuk kegiatan sehari-hari mulai dari pergi ketempat kerja, sekolah atau hanya sekedar berjalan-jalan santai.

Motor dijadikan solusi untuk menghindari kemacetan, dan hal tersebutlah yang menjadi alasan dari sebagian orang. Motor ada dua jenis yang sering kita jumpai disekitar kita yakni ada jenis motor yang menggunakan vanbelt (jenis matic) dan ada juga yang menggunakan rantai, cara perawatannya pun agak sedikit berbeda.

Baca juga : Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet Dan Tahan Lama

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tips cara perawatan motor matic. Diawal tahun 2000-an sampai sekarang sudah menjadi trend menggunakan motor matic. Adapun cara penggunaannya terbilang sangat mudah jika dibandingkan dengan motor jenis lainnya.

#7 Tips Cara Merawat Motor Matic

Tentu ini akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya. Pada dasarnya perawatan motor matic hampir sama dengan motor bebek lainnya, terlebih lagi motor sekarang sudah banyak yang menggunakan teknologi injeksi. Dan cara merawat motor matic injeksi (service motor matic) harus memerlukan perawatan khusus.

Tips cara perawatan motor matic

Dibawah ini terdapat tujuh tips cara melakukan perawatan kendaraan roda dua berjenis matic (vanbelt) yang dapat diuraikan sebagai berikut.

1. Panaskan mesin motor setiap hari

Cara ini yang paling sering kita lakukan, biasanya di pagi hari atau sebelum menggunakan motor. Hal ini dilakukan agar oli dalam mesin melumasi seluruh bagian mesin, sehingga performa mesin jadi lebih maksimal dan awet.

Panaskan selama 5 menit sampai 10 menit dan sebaiknya hidupkan motor dengan kick starter agar aki motor tetap awet. Jangan lupa tarik ulur gas perlahan supaya oli cukup panas dan menyebar keseluruh bagian mesin motor.

2. Rutin menganti oli

Untuk perawatan yang satu ini sangat penting dan merupakan perawatan wajib diutamakan. Untuk jadwal pergantian oli biasanya motor sudah mencapai 1000 km dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 km.

Apabila anda sulit menghitung dengan speedometer, maka kita bisa melakukan perawatan rutin ini setiap 2 hingga 3 bulan sekali dan jangan lupa juga gunakan oli yang lebih khusus ke spesifikasi motor matic. Dengan mengganti oli secara berkala dan teratur pastinya akan menjaga performa mesin menjadi awet dan tetap nyaman digunakan.

3. Jangan sampai kehabisan bahan bakar

Jangan menunggu bahan bakar sedikit atau pada speedometer menunjukan indikator bahan bakar menunjuk ke arah E (Empty). Usahakan bahan bakar terisi penuh, karna jika terlalu sering mogok atau kehabisan bahan bakar tentunya tidak baik bagi performa kendaraan dan mesin motor.

4. Stabilkan kecepatan gas

Cara ini yang biasanya jarang kita perhatikan dan sering kali dilupakan. Pada saat motor dalam kecepatan rendah, jangan tiba-tiba menarik gas namun lakukanlah secara perlahan. Begitu pula sebaliknya, pada kecepatan tinggi jangan tiba-tiba menurunkan gas karena hal ini akan berpengaruh pada umur mesin dan vanbelt. Usahakan ganti vanbelt 3 tahun sekali untuk mengantisipasi vanbelt putus.

5. Perawatan aki (baterai / accu) secara rutin

Memang agak sulit mengetahui kondisi aki pada motor matic, akan tetapi hal tersebut bukan menjadi penghalang dalam merawat motor anda. Saran dari kami adalah anda bisa mengganti aki 7 atau 8 bulan setelah penggantian terakhir.

6. Cek vanbelt dan roller

Pada saat melakukan service motor matic, mintalah mekanik untuk mengecek kondisi vanbelt dan roller agar kita tahu masih layak pakai atau tidak. Cara ini biasanya dilakukan jika umur motor sudah mencapai 2 atau 3 tahun pemakaian setiap hari dalam mengantisipasi putus vanbelt pada saat dijalan.

7. Service berkala

Servicelah motor matic anda pada bengkel resmi sesuai dengan jenis dan merk motor anda dan gunakanlah sparepart yang asli bukan imitasi. Lakukanlah service secara berkala kurang lebih 3 bulan sekali.

Demikian uraian singkat mengenai berbagai tips cara perawatan motor matic. Semoga penjelasan diatas dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian pecinta otomotif. (Writer : Ochen)