7 Efek Negatif Begadang Yang Harus Kamu Tahu, Terutama Para Wanita !

Efek begadang - Pasti kamu sudah sering mendengar istilah begadang atau bahkan sering melakukannya. Begadang adalah suatu kondisi dimana tubuh tetap beraktivitas saat jam tidur tiba hingga batas waktu yang terbilang kelewatan dari waktu istirahat pada umumnya. Lain halnya jika tuntutan pekerjaan bisa saja kita begadang, namun itu juga tidak dilakukan dalam intensitas yang terlalu sering.

Penyebab begadang pada umumnya

Namun di era milenial seperti sekarang ini, kebanyakan orang melakukannya hampir setiap malam seperti menonton film, bermain game hingga chatting di social media. Tapi tahukah kamu jika hal tersebut sering dilakukan secara terus menerus, maka banyak efek negatif yang akan mengincar kesehatan kamu, terutama para wanita.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sleep Research Center di Loughborough University di Inggris mengatakan jika wanita butuh waktu tidur yang lebih lama daripada pria, alasannya adalah karena otak wanita butuh waktu yang lama untuk pulih dari aktivitas sehari-hari, hal itu sebab otak wanita bekerja lebih keras dari pria. Berikut ini terdapat beberapa dampak atau efek negatif yang ditimbulkan jika terlalu sering begadang.

7 Efek Negatif Begadang
Efek Begadang Pada Wanita

1. Kulit kusam

Tidur atau istirahat yang cukup bertujuan untuk meregenerasi kulit, karena pada malam hari aktivitas regenerasi terjadi. Selain itu juga efek lainnya membuat lingkar mata semakin besar dan hitam atau sering disebut dengan mata panda, yang pastinya mengganggu penampilan terutama wanita.


2. Mudah sakit

Jika terlalu sering begadang tubuh akan lemas dan kurang fit sehingga penyakit mudah menyerang. Selain itu pula mempengaruhi kualitasmu dalam bekerja. Tentu kamu tidak menginginkan hal tersebut terjadi kan.

3. Gampang lupa

Efek begadang lainnya ialah kurangnya dalam berkonsentrasi. Ini membuat daya ingat menjadi menurun yang menyebabkan kamu gampang lupa. Buat para wanita, dari pada gampang lupa mending jangan begadang lagi ya.

4. Depresi

Kurangnya jam istirahat atau jam tidur membuat gangguan psikologis, salah satunya yaitu depresi. Mood seseorang yang kurang tidur menjadi tidak stabil karena selalu merasa lelah sehingga mudah sekali marah.

5. Berat badan semakin bertambah

Bagi para wanita yang ingin diet, sebaiknya stop begadang, mengapa demikian ?, tubuh seharusnya beristirahat total saat jam tidur pada malam hari, namun jika tetap beraktivitas maka peningkatan nafsu makan bisa terjadi. Salah satu yang sering dilakukan ialah ngemil di tengah malam untuk menemani begadang dan rasa kantuk. Sebaiknya hindari jika ingin tubuh yang ideal.

6. Resiko kanker

Efek yang satu ini sangat bahaya walaupun belum diketahui secara pasti kaitannya dengan begadang. Dugaan sementara berkaitan dengan rasa depresi atau stress serta kerusakan sel tubuh.

7. Pola makan tidak teratur

Jika semalam sudah begadang pasti bangun tidur juga kesiangan. Ini membuat kamu jadi melewatkan sarapan pagi yang tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh serta mengundang penyakit lain bersarang ditubuh.

Baca juga : 5 Resiko Penyakit Ini Mengintaimu Jika Sering Tidur Diatas Jam 12 Malam

Untuk kamu khususnya para wanita sebaiknya stop begadang jika tidak ingin efek negatif diatas menyerang tubuh kalian dan tetap jaga pola hidup sehat setiap hari karena sehat itu mahal. Demikian pembahasan mengenai 7 efek negatif begadang yang harus kamu tahu, terutama para wanita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel