5 Penyebab Mesin Mobil Overheating Yang Harus Kamu Tahu

Penyebab mesin mobil overheating - Overheating atau didalam bahasa Indonesia yang berarti kelebihan panas, terlalu panas, kelewatan panas atau kepanasan pada suhu mesin adalah suatu hal yang seringkali terjadi pada mesin kendaraan, baik mobil maupun motor jika digunakan dalam jangka waktu terlalu lama tanpa henti atau jeda yang dapat mengakibatkan mesin menjadi aus, tidak dapat bergerak bahkan bisa rusak.


Overheating tidak hanya sering terjadi pada mobil atau motor saja, namun sering juga terjadi pada laptop. Ciri-ciri overheating pada mesin biasanya ditandai dengan naiknya suhu panas secara signifikan yang berlangsung cukup lama. Jika fenomena overheating sudah terjadi pada mesin, maka hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada komponen rangkaian bahkan mesin dapat terbakar karena suhu panas yang berlebih.

Penyebab terjadinya overheating mesin

Oleh karena itu untuk menghindari terjadinya fenomena overheating pada mesin kendaraan, alangkah baiknya Anda mengetahui dahulu apa saja faktor penyebab terjadinya overheating pada mesin kendaraan dan apa saja yang menjadi pemicu mesin mobil overheating. Apa sajakah penyebab overheating pada mesin, dapat Anda ketahui pada uraian berikut dibawah ini.

Penyebab Mesin Mobil Overheating
Mesin Bus Berasap

1. Terjadinya kebocoran pada sistem pendingin (cooling system)

Kebocoran pada cooling system merupakan salah satu penyebab utama terjadinya overheating pada mesin kendaraan. Adapun komponen kebocoran yang biasanya terjadi adalah pada bagian radiator, selang, pompa air, kepala paking dan termostat, dengan demikian mesin kendaraan tidak dapat mendinginkan secara sempurna pada saat setelah Anda gunakan.

2. Terjadinya masalah pada pendingin (coolant)

Pemakaian pendingin atau coolant yang salah meskipun tidak ada kebocoran bisa saja terjadi, dengan kondisi mesin kendaraan tidak mampu mendinginkan secara sempurna pada mesin kendaraan Anda. Adapun solusi masalah ini adalah dengan menguras bahan pendingin yang digunakan sebelumnya dan mencampur coolant dengan air sesuai dengan rekomendasi dari kemasan coolant tersebut.

3. Terjadinya penyumbatan pada selang

Jika tidak bocor pada pendingin dan tidak ada masalah pada coolant yang mana sudah terpasang secara benar, namun sistem pengaliran atau distribusi tersendat, maka coba Anda lihat pada bagian selangnya. Hal tersebut karena seringkali kotoran-kotoran dari jalan dan endapannya menghalang aliran cairan didalam selang, solusinya adalah bersihkan segera dan isi kembali tangki coolant tersebut.

4. Terjadinya masalah pada radiator

Masalah pada radiator merupakan salah satu penyebab utama panas yang berlebih pada mesin kendaraan. Biasanya kondisi seperti kebocoran, penyumbatan hingga permasalahan pada kipas radiator menjadi faktor yang membuat panas pada mesin kendaraan tidak dapat dikeluarkan secara sempurna yang mengakibatkan kenaikan suhu (temperatur) mesin kendaraan.

5. Terjadinya kerusakan pada pompa

Pompa yang berfungsi mengalirkan dan memompa cairan pendingin coolant ke seluruh bagian pendingin mesin kendaraan jika bermasalah maka, dapat menyebabkan mesin menjadi bertemperatur tinggi atau overheating. Biasanya masalah umum pada pompa adalah terjadinya kebocoran, gesernya poros pompa hingga kipas yang tererosi.

Itulah beberapa penyebab mesin mobil overheating yang wajib untuk Anda ketahui, jika salah satu ciri-ciri terjadinya overheating pada mesin yang telah dijelaskan diatas dan sudah terjadi pada kendaraan Anda, maka segera bawa kendaraan kesayangan Anda ke bengkel atau service kendaraan terdekat dikota Anda, agar performa kendaraan selalu terjaga dan nyaman untuk Anda gunakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel