5 Penyebab Jerawat Pada Wajah Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Penyebab jerawatan - Siapa dari kalian yang memiliki jerawat diwajah ?, hal ini tentu membuat tidak nyaman dan terlebih sangat mengganggu penampilan dan kebersihan pada kulit wajah. Bagi kalian yang bekerja dengan tuntutan pekerjaan yang diharuskan bertatap muka dengan konsumen, tentu membuat rasa percaya diri menjadi berkurang karena adanya jerawat diwajah.

Kalian pasti sering mencari berbagai informasi mengenai penyebab jerawat di pipi, jerawat batu, jerawat di dagu, di dahi, di punggung, di jidat, di hidung, di kepala bahkan dileher dan mencari solusinya. Namun membasmi jerawat memang tidaklah mudah, terkadang walau sudah di bersihkan akan kembali muncul jerawat-jerawat yang baru.

Bahkan dengan menggunakan berbagai produk mahal sekalipun tidak akan membuat jerawat pergi begitu saja jika kita tidak mengetahui pasti apa yang menjadi penyebab dasar timbulnya jerawat diwajah dan ditempat lainnya.

Faktor penyebab wajah berjerawat

Wajah yang berjerawat bisa saja terjadi karena faktor kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan dengan tidak memperhatikan kebersihan pada kulit. Berikut dibawah ini beberapa penyebab jerawat yang mungkin kalian belum ketahui.

Penyebab Jerawat Dan Solusinya
Penyebab Jerawat Dan Solusinya

Faktor hormon

Faktor penyebab jerawat yang satu ini bisa dikatakan sulit untuk dihindari. Karena masalah hormon terjadi secara alami pada tubuh seseorang terlebih pada remaja yang mengalami masa puber. Untuk mengatasi masalah ini kita bisa menggunakan produk perawatan wajah yang cocok untuk kulit wajah agar sedikit membantu mengurangi masalah hormon tersebut.

Makanan

Makanan yang kita makan sehari-hari juga sangat berpengaruh terhadap timbulnya jerawat diwajah. Kurangi mengkonsumsi makanan berupa gorengan, makanan cepat saji, makanan yang terlalu manis atau yang mengandung bahan pengawet. Salah satu studi mengatakan jika terlalu sering menyantap makanan manis maka kadar glukosa yang tinggi pada tubuh membuat naiknya hormon insulin.

Hormon insulin adalah hormon yang berfungsi dalam mengolah glukosa dalam tubuh manusia. Kenaikan kadar hormon insulin dalam darah akan memicu peningkatan jumlah sel kelenjar minyak dan kelenjar keringat pada wajah sehingga memicu timbulnya jerawat.

Mengabaikan kebersihan wajah

Terkadang kita menganggap sepele kebersihan wajah sendiri, sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini karena akan mengundang jerawat bermunculan diwajah. Berkendara menggunakan sepeda motor seharian dijalan hingga terkena polusi dari asap kendaraan salah satu pemicu timbulnya jerawat.

Sebaiknya segera bersihkan wajah dengan produk pembersih wajah yang sudah sering dan cocok digunakan oleh kulit wajahmu. Selain itu bagi para wanita yang sering menggunakan make up sebaiknya segera bersihkan jangan sampai menunggu hingga keesokan hari. Tidak melakukan double cleansing saat memakai make up dan asal mencuci wajah merupakan penyebab kulit wajahmu berjerawat.

Air tidak bersih

Jarang kita perhatikan air yang kita gunakan untuk mencuci wajah sudah bersih atau tidak. Ini juga salah satu pemicu terjadinya jerawat di wajah. Sebaiknya hindari hal ini namun jika memang kondisi air di tempat kalian memang keruh atau kurang bersih, kalian bisa mengatasinya dengan menggunakan toner setelah mencuci wajah agar bebas dari bakteri penyebab jerawat.

Terkena produk rambut

Siapa yang sangka jika produk rambut yang kita gunakan sehari-hari bisa memicu terjadinya jerawat di wajah. Penggunaan sampo atau condisioner rambut memang tidak bisa terpisahkan untuk kebersihan kepala sehari-hari. Untuk itu tetap berhati-hati saat menggunakan produk-produk tersebut saat berkeramas, atau jika ada masalah dengan kulit wajahmu yang sensitif bisa berkonsultasi kepada dokter ahlinya.

Demikian uraian tentang beberapa penyebab timbulnya jerawat pada wajah yang mungkin baru kalian ketahui. Semoga memberikan banyak manfaat dan pengetahuan baru untuk kalian dalam hal penyebab jerawat pada wajah dan solusi mengatasi wajah berjerawat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel