5 Resiko Penyakit Ini Mengintaimu Jika Sering Tidur Diatas Jam 12 Malam

Penyakit sering bergadang - Begadang merupakan suatu kegiatan yang sudah biasa dilakukan bagi kebanyakan orang, terutama anak muda milenial seperti jaman sekarang. Untuk sebagian orang mungkin begadang biasa dilakukan karena tuntutan pekerjaan, namun sebagian besar kalangan muda justru menghabiskan waktu dimalam hari mereka dengan bersenang-senang seperti nongkrong dikafe, berkumpul dipinggir jalan sambil bermain gitar atau bahkan hanya menatap layar gadget di dalam kamar bermain game online.

Ini tentu menyita waktu istirahat kalian yang pastinya tidak baik untuk kesehatan tubuh dan sudah bisa ditebak jam tidur kalian lebih dari jam 12 malam. Bagi yang sering melakukan kebiasaan buruk ini hendaknya berfikir ulang kembali jika tidak ingin berbagai penyakit mengintai tubuh kalian, karena sehat itu mahal.


Penyakit dampak sering begadang

Dibawah ini akan dibahas 5 resiko penyakit yang dapat mengenai tubuh jika terlalu sering tidur diatas jam 12 malam. Apa sajakah penyakit dampak bergadang yang tidak baik untuk kesehatan tersebut, dapat kalian ketahui diantaranya sebagai berikut.

5 Resiko Penyakit Suka Begadang
Tertidur lelap sambil duduk akibat bergadang

1. Sistem kekebalan tubuh menurun

Tubuh setidaknya perlu beristirahat kurang lebih 7-8 jam sehari untuk memulihkan kembali stamina yang terpakai seharian untuk beraktivitas. Sama halnya seperti hp yang perlu dicharge, maka begitu juga tubuh manusia perlu di isi ulang dengan cara tidur yang cukup kurang lebih 7-8 jam. Jika kurang tidur maka sistem imun tubuh kita menjadi menurun sehingga mudah diserang penyakit mulai dari yang ringan hingga yang serius.

2. Obesitas

Bagi kamu yang ingin melakukan program diet sebaiknya hindari tidur diatas jam 12 malam. Mengapa demikian ?, hormon pengendali nafsu makan akan mengalami gangguan sebab tubuh yang seharusnya beristirahat justru melakukan kegiatan yang memicu keinginan untuk makan atau ngemil. Sudah bisa dipastikan tubuh akan mengalami kenaikan berat badan atau obesitas.

3. Resiko kanker

Tidur 5 jam atau kurang dari waktu yang diperlukan tubuh maka kamu akan beresiko terkena kanker. Penelitian dari jepang mengungkapkan hormon melatonin yang seharusnya diproduksi oleh tubuh akan berkurang jika jam tidur tidak tercukupi. Dan rendahnya hormon melatonin sendiri sangat erat kaitannya dengan resiko kanker.

4. Insomnia

Jika terlalu sering tidur diatas jam 12 malam, maka tubuh keesokan harinya akan terasa lemas sepanjang hari dan rasa kantuk tidak bisa tertahankan karena kebutuhan tidur 7-8 jam sehari tidak terpenuhi. Biasanya mereka yang tidur malamnya masih kurang, menggantinya dengan tidur siang. Hal ini justru membuat kalian akan mengalami insomnia atau sulit tidur berkepanjangan jika terlalu sering melakukan hal tersebut.


5. Stroke

Selain kanker, kurang tidur selama 7-8 jam sehari memiliki resiko stroke 4 kali lebih besar dari yang mendapat istirahat yang cukup. Ini dikarenakan orang yang tidur kurang dari 5 jam sehari membuat tekanan darah tinggi yang merupakan potensi terjadinya stroke.

Demikian pembahasan tentang 5 penyakit yang mengintaimu jika terlalu sering tidur diatas jam 12 malam. Semoga memberikan banyak manfaat dan pengetahuan baru untuk kalian dalam hal dampak sering begadang, maka dari itu tetap terapkan pola hidup sehat dan teratur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel