Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Jumat, 20 April 2018

7 Tips Cara Mengatasi Insomnia (Sulit Tidur Pada Malam Hari)

Cara mengatasi insomniaApakah anda sering mengalami insomnia atau sulit tidur pada malam hari ?, apa itu insomnia ?, apa penyebab insomnia dan bagaimana cara mengatasi insomnia ?. Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan sulitnya memulai tidur dan mempertahankan tidur.

Ciri-ciri insomnia adalah seseorang akan tetap terjaga atau sulit terlelap pada jam istirahat, terbangun di tengah malam dan sulit untuk tidur kembali, sehingga dampak yang akan terjadi jika insomnia melanda adalah merasa lelah dan tidak bertenaga ketika bangun tidur, bahkan mengantuk pada siang hari.

Insomnia merupakan suatu masalah yang harus dicegah demi menghindari perasaan yang kurang sehat karena kurang tidur, karena aktifitas tidur merupakan kebutuhan vital untuk manusia.

Sama halnya dengan handphone yang harus dicharger jika daya baterainya mulai habis, begitu juga pada tubuh kita harus mendapatkan waktu tidur dengan jam tidur yang berkualitas. Seseorang yang kurang jam tidur sangat beresiko terkena penyakit jantung yang merupakan penyakit pembunuh nomor 1 didunia.

7 Tips Cara Mengatasi Insomnia (Sulit Tidur Pada Malam Hari)

Jangan menyepelekan insomnia, karena berdampak pada kesehatan kita. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mudah marah, sulit berkonsentrasi, sering lupa, cemas, depresi, obesitas, diabetes dan lelah sepanjang hari.

Apa sih penyebab sulit tidur ?

Biasanya terjadi dalam rentang waktu sebentar dan berkepanjangan. Insomnia akut biasanya berlangsung dalam 1 sampai 7 malam dan yang kronis adalah saat seseorang sulit tidur minimal 3 malam dalam seminggu selama 1 bulan. Penyebabnya ialah :

1. Banyak fikiran hingga setress

Stres berlebih menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang mengalami insomnia. Banyak pikiran mulai dari kematian, perceraian atau putus cinta dan kehilangan pekerjaan.

2. Kondisi kamar tidur

Ruang atau suasana tidur yang kurang nyaman seperti berisik, terlalu panas atau dingin, terlalu terang, kotor dan berbau.

3. Waktu aktifitas tidak teratur

Waktu kegiatan yang berubah seperti : jam kerja malam dan pergi ke suatu daerah yang memiliki waktu berbeda dengan waktu sebelumnya.

4. Waktu tidur tidak teratur

Tidur tidak teratur misalnya seperti tidur terlalu awal, bangun kesiangan dan tidur siang terlalu lama sehingga malam hari tidak merasakan ngantuk.

5. Gaya hidup tidak aktif atau kurang sehat.


Cara mengatasi Insomnia

Berikut tips mengatasi insomnia atau sulit tidur pada malam hari :

1. Tidur teratur

Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari agar jam biologis tubuh bekerja dengan optimal. Tidur siang secukupnya jangan terlalu lama, kurang lebih 20 menit saja agar tidak mengganggu jam tidur saat malam hari.

2. Hindari paparan cahaya

Jauhkan alat elektronik seperti handphone, karena dapat mengganggu konsentrasi anda saat ingin memulai tidur, ditambah lagi paparan cahayanya. Disarankan untuk mematikan lampu saat hendak tidur atau bisa menggunakan lampu dengan cahaya yang redup (lampu tidur).

3. Jangan makan berat saat hendak tidur

Jika lapar anda bisa makan camilan ringan seperti biskuit atau minum susu. Makan berat idealnya 3 sampai 4 jam sebelum tidur.

4. Hindari minuman kurang baik dan yang mengandung kafein misalnya kopi.

5. Buat suasana kamar senyaman mungkin

Bersihkan kamar dan gunakan bahan yang nyaman pada tempat tidur anda. Bisa juga menambahkan aroma terapi pada ruangan anda agar memberikan rileksasi pada tubuh.

6. Olahraga atau buat kegiatan

Lakukan beberapa kegiatan sebelum menjelang malam hari, seperti berolahraga saat sore agar tubuh merasa lelah sehingga memudahkan kita untuk terlelap.

7. Ke dokter

Konsultasikan kedokter apabila masalah insomnia anda sudah terlalu akut, agar memastikan apakah anda butuh terapi dan pengobatan.

Demikian uraian singkat mengenai 7 tips cara mengatasi insomnia, semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi anda dalam mengatasi sulit tidur dimalam hari. (Writer : Ochen)