4 Penyebab Kamu Mudah Marah Dan Emosi Serta Cara Mengatasinya

Penyebab orang mudah marah dan emosi - Setiap manusia pasti pernah merasa kesal dan marah, mulai dari rasa amarah yang biasa-biasa saja hingga yang sangat luar biasa. Contoh saja jika terkena macet atau ketinggalan angkutan umum saat ingin ke sekolah atau ke kantor, tentu saja hal tersebut membuat mood kita akan menjadi rusak, sehingga gampang sekali marah.

Namun terkadang beberapa orang mudah sekali marah tanpa ada sebab yang jelas, ini juga akan berpengaruh pada mood orang-orang yang berada disekitarnya. Sebaiknya kendalikan amarah kamu agar tidak makin memuncak, salah satu caranya ialah dengan menarik napas dalam-dalam dan keluarkan pula secara perlahan.

Hal tersebut bisa kamu lakukan secara berulang-ulang, agar bisa meredakan emosi atau amarah kamu. Tidak hanya satu atau dua hal saja penyebab orang gampang marah, namun ada banyak sekali hal yang dapat menjadi pemicu utama penyebab mudah marah dan tersinggung seseorang.

Penyebab Mudah Marah Dan Emosi
Penyebab Mudah Marah Dan Emosi

Penyebab seseorang gampang marah

Sebelum kamu terlanjur emosi, alangkah baiknya kenali lagi diri kamu dan cari tahu faktor apa saja yang dapat membuat diri kamu gampang sekali marah sepanjang hari. Dibawah ini akan di bahas 4 penyebab kamu gampang sekali marah dan emosi lengkap dengan cara mengatasinya yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kurang jam tidur

Jangan sepelekan faktor yang satu ini, karena jika kurang tidur dapat membuat seseorang mudah emosi. Kurang tidur juga dapat membuat kewaspadaan dan konsentrasi otak jadi menurun. Tak heran jika setelah berjam-jam tidak tidur membuat kamu jadi bingung sendiri, sulit berpikir jernih, daya ingat menurun hingga sulit menerima informasi baru.

Produktivitas kerja merosot tajam yang berimbas pada stress. Stress akibat tuntutan pekerjaan dan ditambah efek kurang tidur bisa membuat kamu semakin ingin marah dan emosi. Cara mengatasinya adalah dengan memperbanyak waktu istirahat dan mengurangi aktifitas yang tidak ada manfaatnya. Fikiran yang kacau dan stress selain dapat menyebabkan emosi, juga dapat menyebabkan wajah berjerawat.


2. Depresi

Depresi menyebabkan rasa putus asa serta kamu akan mudah kehilangan minat pada hal-hal yang biasanya kamu sukai. Orang yang depresi dapat merespon suatu hal dengan perilaku atau ucapan yang kasar. Selain depresi yang dapat membuat orang gampang marah, hal tersebut juga bisa memicu perilaku kamu dalam melakukan hal yang beresiko, seperti menyetir yang secara sembarangan dengan kecepatan tinggi dijalan raya.

3. Cemas

Cemas yang berlebih akan membuat seseorang sulit mengatur emosinya. Jika kamu merasa cemas, maka pandanganmu cenderung selalu negatif terhadap suatu hal yang sebenarnya belum tentu terjadi kepada diri kamu sendiri. Akibatnya jika selalu berpikiran negatif akan mudah terpancing untuk meluapkan kemarahan terhadap orang lain dan sekitar.

4. Apa yang diharapkan tidak sesuai kenyataan

Setiap orang pasti memiliki harapan atau target dalam hidupnya, mulai dari yang jangka panjang maupun jangka pendek. Memiliki suatu impian atau harapan memang sah-sah saja, namun harus tetap mempunyai hati yang lapang apabila suatu saat tidak sesuai dengan harapan yang kamu inginkan. Tetap berpikir positif karena masih banyak cara lain untuk memenuhi harapan yang ada.

Itulah 4 penyebab kamu mudah marah dan emosi serta cara mengatasinya. Setelah kamu mengetahui apa saja faktor penyebab mudahnya emosi dan marah seseorang, kamu bisa tetap kendalikan emosi kamu jika tidak ingin melukai hati dan perasaan orang-orang yang berada disekitar yang kita cintai. Semoga pembahasan diatas memberikan banyak manfaat untuk kita semua, terutama bagi kamu yang suka marah dan emosi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel