Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Rabu, 08 Mei 2019

Cara Menjaga Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa

Cara menjaga tubuh tetap fit saat berpuasa - Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang sangat penuh dengan keistimewaan bagi seluruh umat muslim diberbagai penjuru dunia. Jika tiba bulan Ramadhan, itu artinya wajib berpuasa seharian penuh bagi setiap umat muslim yang mulai dari sebelum terbit matahari hingga terbenamnya matahari.

Agar puasa berjalan dengan lancar hingga waktu berbuka puasa, maka tubuh harus dalam keadaan selalu fit dan prima dengan cara menjaga pola makan yang sehat. Apabila pola makan berubah, hal tersebut bisa saja menjadi faktor pemicu tubuh tiba-tiba menjadi drop bahkan sakit.

Untuk itu pada pembahasan kali ini akan dijelaskan berbagai tips bagaimana cara agar tubuh selalu fit dan prima saat menjalani ibadah puasa dibulan ramadhan, agar tubuh menjadi sehat dan bugar setiap saat menjalani aktifitas.

Cara Menjaga Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa
Cara Menjaga Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa

Tips simpel ini bikin badan tidak mudah drop saat menjalankan ibadah puasa

Dibawah ini terdapat beberapa tips yang tergolong simpel sekali yang bisa kamu terapkan agar tubuh kamu tidak mudah drop saat menjalankan ibadah puasa, apa sajakah kiat-kiat menjaga tubuh tetap prima tersebut dapat kamu tahu penjelasannya seperti berikut.

Luangkan waktu untuk tidur siang

Cara yang pertama adalah luangkan waktu kurang lebih 30 menit untuk tidur siang, jangan terlalu lama tidur siang karena justru akan membuat badan semakin lemas bahkan sakit kepala. Kemudian selalu usahakan tidur lebih cepat pada malam hari agar saat bangun sahur badan terasa fit kembali, apalagi bagi sebagian orang pekerja yang banyak beraktivitas di siang hari. Pada jam sahur kamu bisa lakukan saat menjelang imsak atau kurang lebih 30 menit sebelum waktu imsak.

Luangkan waktu untuk berolahraga

Biasakan untuk berolahraga ringan saja seperti jogging, bersepeda atau berjalan kaki pada saat menjelang waktu berbuka puasa. Banyak konsumsi buah dan sayur, karena makanan ini mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Asupan vitamin dan mineral jika terpenuhi, maka akan mencegah tubuh mengalami penurunan kesehatan.

Selain itu juga vitamin dan mineral membantu tubuh melakukan fungsinya dengan baik. Sebaiknya juga hindari konsumsi kopi atau teh, hal tersebut karena jika sering konsumsi minuman tersebut maka akan membuat keseringan buang air kecil, sehingga cadangan air dalam tubuh menjadi berkurang dan apabila cairan dalam tubuh sudah berkurang maka sudah dipastikan tubuh kamu akan terasa sangat lemas.


Konsumsi vitamin tambahan

Tips yang terakhir kalian bisa juga menambahkan dengan mengkonsumsi vitamin makanan atau multivitamin agar menambah energi saat beraktivitas. Namun tetap perhatikan juga kandungan apa yang ada pada tambahan vitamin tersebut, cek pada label kemasannya. Kemudian perhatikan pula kualitas vitamin makanan tersebut, apakah sudah memenuhi standard yang ada di Indonesia dan terdaftar di BPOM.

Demikian tips simpel agar tubuh tidak mudah drop saat menjalankan ibadah puasa, terima kasih sudah menyempatkan diri untuk membaca artikel tentang cara menjaga tubuh tetap fit saat berpuasa dan semoga bermanfaat serta bisa menjadi referensi rujukan informasi yang edukatif dalam mengetahui kiat menjaga tubuh tetap fit dan prima saat berpuasa.