Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Senin, 06 Mei 2019

Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Dapat Terhubung Dengan Cepat Dan Mudah

Cara mengatasi wifi android tidak dapat terhubung kejaringan - Sebagus dan semahal apapun smartphone kamu, jika tidak terkoneksi ke internet sepertinya terasa tidak sempurna. Hal tersebut karena bagaimanapun peran internet dan smartphone merupakan satu paket yang tidak dapat dipisahkan.

Masalah yang sering kali kadang muncul pada beberapa kejadian smartphone, salah satunya ialah permasalahan smartphone yang tidak dapat konek ke internet. Pastinya smartphone sebagus apapun akan terlihat biasa saja, fitur-fitur canggih yang tertanam didalam smartphone kamu jadi tidak berguna secara maksimal.

Jika kamu mengalami wifi tidak bisa on di android bahkan hingga masalah autentikasi wifi android dan itu membuat kamu bingung bagaimana cara mengatasinya, pada artikel mengenai wifi android yang eror ini akan kita bahas secara tuntas apa saja dan bagaimana cara mengatasi masalah wifi android tidak dapat terhubung kejaringan.

Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Dapat Terhubung

Cara memperbaiki wifi tidak bisa connect android

Dibawah ini kita akan membagikan beberapa tips dan trik bagaimana cara memperbaiki smartphone kamu yang tidak mau terhubung ke internet terutama pada koneksi internet (wifi) indihome maupun provider jaringan lainnya sebagai berikut ulasannya lengkapnya :

1. Atur waktu dan tanggal

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengatur waktu dan tanggal di pengaturan smartphone (setting time and date). Pemeriksaan tidak hanya dilakukan pada android, namun juga pada modem router. Perbaiki dan lakukan penyesuaian waktu dan tanggal, lalu coba kamu konekan lagi dan test lakukan browsing.

2. Putuskan dengan lupakan (forget) koneksi Wifi

Cara yang satu ini sangat mudah dilakukan dengan memutuskan atau menghapus koneksi dengan “forget” atau lupakan jaringan yang pernah terkoneksi. Setelah itu kamu coba hubungkan lagi ke koneksi wifi yang kamu forget atau koneksi wifi lainnya, biasanya memasukan ulang password wifi.

3. Masalah pada software Antivirus

Coba kamu nonaktifkan software antivirus yang terpasang di smartphone kamu, biasanya koneksi wifi dapat terganggu oleh beberapa software antivirus. Hal tersebut karena ada beberapa antivirus yang memiliki dinding untuk membatasi lalulintas koneksi internet, karena mungkin dianggap rentan masuk program yang dapat merusak sistem.

4. Hapus cache kemudian lakukan Reboot

Langkah selanjutnya coba hapus cache secara manual atau bisa juga dengan aplikasi clean master agar cache yang menumpuk bisa dibersihkan secara optimal. Jika smartphone kamu sudah bersih dari cache, coba reboot dan nyalakan ulang apakah berhasil, kalau berhasil berarti masalahnya ada pada penumpukan sampah yang membatasi koneksi wifi smartphone dengan modem router/media lainnya.

5. Menggunakan aplikasi pihak ke-tiga

Salah satu aplikasi yang bisa membantu mengatasi masalah wifi android tidak dapat terhubung kejaringan ialah dengan menggunakan wifi fixer. Dimana kegunaan software ini adalah untuk menganalisa sekaligus memperbaiki koneksi wifi di smartphone android kamu. Cara kerjanya adalah dengan melakukan repair dan mengecek beberapa kelemahan sistem pada komponen smartphone.


Demikian tips dan trik ringkas cara mengatasi wifi android tidak dapat terhubung dengan cepat dan mudah, semoga bermanfaat. Apabila masih tetap tidak berfungsi normal, mungkin memang terdapat masalah pada hardware smarphone android kamu. Jika kamu tidak berani atau belum bisa memahami cara memperbaiki masalah komponen hardware smartphone, coba kamu pake saja jasa service smartphone yang menurutmu berkualitas dan murah tentunya.