Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Rabu, 01 Mei 2019

Cara Cek Pembayaran Tagihan BPJS Kesehatan Online Dengan Mudah

Cara cek pembayaran tagihan BPJS kesehatan online saat ini sudah bisa Anda ketahui dengan mudah, berapa biaya tagihan, denda, total tagihan, nominal pembayaran dan kapan tanggal pembayaran terakhir serta saldo hanya dengan beberapa langkah saja. Cek pembayaran tagihan bpjs secara online bisa Anda lakukan melalui aplikasi smartphone maupun komputer atau laptop, pada tampilan yang akan muncul tidak hanya menampilkan pengecekan tagihan, namun juga akan menampilkan daftar cek keanggotaan bpjs kesehatan online.

Dengan berbagai kemudahan tersebut yang dapat diakses secara online kapan saja dan dimana saja, pastinya memudahkan Anda dalam mengetahui cara mengecek iuran bpjs kesehatan yang sudah dibayar, sehingga anda tidak perlu repot dan bingung lagi apakah sudah dibayar tagihan bpjs bulan ini dan bagaimana cara mengetahui bpjs sudah dibayar atau belum hanya dengan satu langkah saja.

Apa saja yang Anda butuhkan untuk bisa melakukan pengecekan tagihan pembayaran bpjs melalui internet adalah pastinya dengan menggunakan nomor kartu yang akan di input pada form yang sudah disediakan. Adapun cara mengetahui nomor kartu bpjs kesehatan adalah bisa Anda lihat pada gambar berikut dibawah ini yang sudah diberi tanda merah, itulah nomor kartu bpjs kesehatan yang akan Anda gunakan nantinya.

Cara Mengetahui Nomor Kartu Bpjs Kesehatan
Nomor peserta BPJS Kesehatan

Cara mengecek iuran bpjs kesehatan yang sudah dibayar

Untuk pembayaran tagihan BPJS kesehatan bulanan bisa anda lakukan di bank, baik pada bank mandiri, bri dan bank lainnya serta layanan jasa PPOB, kantor pos bahkan juga sudah bisa di indomaret maupun alfamart. Oleh sebab itu jika Anda ingin mengetahui apakah pembayaran sudah terproses dan tidak ada tunggakan dan denda lainnya, bisa anda ikuti cara mengetahui bpjs sudah dibayar atau belum sebagai berikut dibawah ini.

1. Silahkan kunjungi website BPJS Kesehatan di https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/.
2. Buka dan pilih menu Cek Iuran BPJS Kesehatan.
3. Selanjutnya halaman website akan mengarahkan Anda kepada pengisian form, isi sesuai yang diminta.
4. Nomor kartu di isi sesuai dengan nomer peserta BPJS Anda, tanggal lahir juga.
5. Untuk pengisian angka validasi, silahkan lihat pada gambar yang memuat 6 digit angka, isikan angka tersebut pada form validasi dan kemudian jika sudah benar semua, pilih Cek dan beberapa saat akan muncul data-data diri Anda. Adapun data-data yang akan muncul setelah Anda pilih cek adalah seperti nama peserta, nomor peserta, status peserta, jenis peserta dan jumlah anggota keluarga yang tertanggung.

Cek keanggotaan bpjs kesehatan online, tampil nama-nama anggota peserta yang tertanggung

Tidak hanya menampilkan data-data seperti yang telah disebutkan diatas, namun Anda juga akan tahu dan bisa mengecek daftar keanggotaan yang aktif lengkap dengan nama dan nomor pesertanya masing-masing. Pada bagian kolom tagihan merupakan biaya iuran bulanan yang harus Anda bayar, sedangkan kolom denda akan terisi apabila Anda menunggak atau melebihi tanggal yang sudah ditetapkan sebagai batas akhir akumulasi pembayaran iuran bpjs.

Cek Keanggotaan Bpjs Kesehatan Online
Cek Keanggotaan Bpjs Kesehatan Online

Total tagihan merupakan nominal perhitungan akhir yang wajib untuk segera Anda bayar, karena pada kolom ini memiliki rumus tagihan bulanan ditambah dengan denda (jika ada), dan inilah yang harus Anda lunasi sesegera mungkin tanpa harus melampaui batas pembayaran bulanan. Bagaimana mudah sekali bukan, cara mengetahui bpjs sudah dibayar atau belum.

Demikian uraian singkat mengenai cara cek pembayaran tagihan bpjs kesehatan online dengan mudah, semoga bermanfaat untuk Anda dan menjadi bahan pembelajaran dan ilmu pengetahuan baru didalam mengetahui cara cek saldo tagihan pembayaran bpjs kesehatan secara online melalui komputer, laptop maupun aplikasi smartphone.