Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Senin, 29 April 2019

Cara Memblokir Kartu ATM Yang Hilang Atau Terjatuh Agar Tidak Digunakan Oleh Orang Lain

Cara memblokir kartu atm yang hilang atau terjatuh - Automated Teller Machine atau Automatic Teller Machine yang dalam bahasa Indonesia berarti Anjungan Tunai Mandiri atau yang disingkat dengan ATM adalah suatu produk perbankan yang berupa alat dengan jenis kartu (card) elektronik yang dapat melayani nasabah bank supaya bisa mengambil uang, transfer uang, cek mutasi dan pilihan menu lainnya tanpa harus melalui teller bank.

Dengan adanya kartu anjungan tunai mandiri ini, nasabah bank bisa mengambil uang, transfer, beli pulsa, bayar tagihan listrik, bayar tagihan bpjs dan berbagai jenis pilihan lainnya hanya pada mesin atm yang sudah disiapkan oleh bank. Cara kerja atm cukup memasukan kartu kedalam mesin atm dengan tempat khusus, memilih bahasa yang ingin digunakan dan kemudian menginput password, maka semua layanan yang ada didalam tampilan layar bisa Anda gunakan.

Menjaga password atm agar tidak diketahui orang lain merupakan himbauan yang ditekankan oleh pihak bank kepada nasabah, hal tersebut karena password itulah yang menjadi jalan masuk seseorang dalam mengakses semua dana yang ada dalam rekening bank. Oleh sebab itu jangan pernah memberitahukan kepada siapapun mengenai password atm Anda supaya, apabila terjadi suatu hal yang tidak di inginkan misalnya terjatuh, tercecer, ketinggalan disuatu tempat bahkan hilang, dana yang Anda miliki dalam rekening tetap aman.

Cara Memblokir Kartu ATM BRI Yang Hilang Atau Terjatuh Agar Tidak Disalahgunakan Oleh Orang Lain
Cara memblokir kartu ATM hilang dan terjatuh

Bagaimana jika kartu ATM anda hilang dan ditemukan oleh orang lain namun tidak dikembalikan, apa yang harus anda lakukan ?. Satu-satunya cara adalah Anda harus segera melaporkan hal tersebut pada pegawai bank, khususnya customer service untuk segera menonaktifkan atau memblokir kartu atm tersebut agar tidak disalahgunakan oleh orang lain yang menemukannya.

Namun bagaimana jika hilangnya kartu atm bertepatan dengan hari libur atau waktu jam kerja bank terkait sedang tutup ?, pastinya Anda akan harus menunggu saat jam kerja bank kembali melayani nasabah. Khusus nasabah bank BRI tidak perlu risau mengenai hal tersebut, Anda bisa mendisabled atau menonaktifkan atau memblokir kartu ATM yang hilang atau tercecer melalui mobile banking BRI dan internet banking BRI.

Cara memblokir kartu atm BRI yang hilang (terjatuh)

Dibawah ini akan diuraikan bagaimana cara menonaktifkan, mendisabled, memblokir dan membekukan kartu ATM BRI yang terjatuh atau hilang dengan bantuan mobile banking dan internet banking BRI dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini sesuai dengan arahan dari pegawai bank BRI.

Cara blokir kartu atm BRI melalui mobile banking

1. Masuk ke aplikasi Mobile Banking BRI.
2. Pilih menu Pelayanan Nasabah.
3. Pilih Disable Kartu ATM.

Cara blokir kartu atm BRI melalui internet banking

1. Masuk ke internet banking BRI (https://ib.bri.co.id/ib-bri/).
2. Login ke internet banking BRI Anda.
3. Masuk dan pilih Pelayanan Nasabah.
4. Pilih Disable Kartu ATM.

Setelah anda ikuti tutorial cara diatas, setidaknya anda sudah memproteksi dana yang ada didalam rekening bank anda. Untuk lebih memastikan lagi, Anda bisa pergi dan melaporkan atau menanyakan hal tersebut kepada customer service bank terdekat. Jika sudah dinyatakan terblokir oleh pihak bank, maka Anda bisa mengajukan pembuatan ulang kartu ATM kepada petugas bank.

Demikian pembahasan tentang cara memblokir kartu atm BRI yang hilang atau terjatuh agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Semoga penjelasan diatas dapat membantu Anda dan menjadi solusi dalam mengetahui cara blokir atm bri tanpa ke bank, cara blokir atm bri lewat hp dan cara menonaktifkan atm bri yang hilang melalui mobile banking dan internet banking BRI.