Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Jumat, 26 April 2019

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris, Tidak Jelas (Buram) Canon Dan Epson

Cara mengatasi hasil print bergaris dan tidak jelas atau buram printer epson dan canon - Pada saat mencetak lembar kerja microsoft office word maupun excel, terkadang sering kali terdapat kendala pada hasil print yang dikeluarkan yang diantaranya adalah hitam bergaris, tinta yang bergumpal pada kertas, gambar atau teks yang terputus-putus, tidak jelas atau buram, bahkan hasil print yang hilang sebagian.

Biasanya kendala seperti ini tidak hanya terjadi pada hasil print bergaris printer merek Canon MP287, Canon MP237, Canon IP2770, Canon E400 dan berbagai type canon lainnya, namun sering juga terjadi pada printer merek Epson L360, Epson L210, Epson L565 dan berbagai type epson lainnya. Sehingga cara mengatasi hasil print bergaris pada canon dan epson terdapat dua cara.

Hal tersebut karena kebanyakan printer Canon menggunakan Inkjet (cartridge) sedangkan printer Epson menggunakan Laserjet. Oleh karena itu perawatan dan cara menjaga agar tetap memiliki performa yang baik dan kualitas terbaik pada kedua jenis printer ini pastinya berbeda, apalagi sudah timbul kendala seperti pada saat mencetak hasilnya bergaris bahkan hasil teks terputus-putus, itu sudah harus untuk dilakukan perawatan pada printer.

Cara memperbaiki hasil print bergaris putus-putus printer canon dan epson.
Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris

Cara memperbaiki hasil print bergaris putus-putus printer canon dan epson

Untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kualitas cetak printer terutama mengatasi hasil print bergaris, tidak jelas (buram), bahkan hasil print yang hilang sebagian, Anda dapat mengikuti tutorial cara berikut ini dengan mudah yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Pemeliharaan pada pemeriksaan nosel, pembersihan head dan penyelarasan print head

Cara pertama dalam mengatasi hasil print bergaris dan tidak jelas atau buram adalah dengan melakukan pemeliharaan pada settingan printer, yang mana settingan ini dapat Anda temukan pada saat tab print sedang terbuka. Adapun langkah-langkahnya dapat Anda ketahui sebagai berikut ini dan pastikan printer dalam keadaan hidup, disini contoh printer yang digunakan sebagai sample adalah Epson L565 series.

1. Buka lembar kerja baru pada microsoft word atau lembar kerja yang ingin Anda cetak.
2. Tekan CTRL + P atau bisa juga pilih tab File pada bagian kiri atas dan pilih Print.
3. Selanjutnya cari dan pilih Printer Propertis.
4. Kemudian muncul jendela baru, pilih pada bagian Pemeliharaan.
5. Setelah itu lakukan pemeliharaan satu persatu seperti pemeliharaan nosel (pilih pemeliharaan nosel >> cetak), pembersihan head (pilih pembersihan head >> mulai) dan penyelarasan print head (pilih penyelarasan print head >> berikutnya >> cetak) dengan cara memilih satu persatu.
6. Jika telah selesai semua, lanjutkan dengan mencetak salah satu contoh saja.
7. Langkah terakhir adalah kembali ke halaman awal dan selesai, jika hasil teks masih belum terlalu terang dan masih ada bergaris hitam, lakukan kembali cara diatas hingga benar-benar hasil cetakan printer kembali normal.

Periksa head cartride

Cara kedua dalam mengatasi hasil print bergaris dan tidak jelas atau buram adalah dengan memeriksa cartride printer. Hal ini biasa terjadi pada printer merek Canon dan Anda harus membersihkan bahkan harus mengganti cartridenya jika memang sudah rusak. Jika memang ini terjadi dan Anda tidak faham dalam mengganti atau membersihkan cartride, sebaiknya Anda bisa membawa printer yang bermasalah pada jasa service komputer dan printer terdekat.

Itulah beberapa cara mengatasi hasil print bergaris dan tidak jelas atau buram printer epson dan canon. Semoga uraian diatas dapat bermanfaat, membantu anda sebagai solusi memperbaiki hasil print yang bergaris dan menjadi referensi informasi yang edukatif dalam hal cara memperbaiki hasil print bergaris putus-putus printer canon dan epson.