Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Rabu, 16 Mei 2018

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Cara mengatasi bau mulut saat menjalankan ibadah puasa - Bagi umat muslim, sudah menjadi kewajiban utama berpuasa ketika bulan ramadhan telah tiba. Bulan yang suci ini dilaksanakan setahun sekali, tentunya menjadi bulan yang sangat istimewa bagi umat islam diseluruh dunia.

Berpuasa dibulan ramadhan berarti, menahan lapar dan haus mulai dari sebelum waktu subuh hingga menjelang matahari terbenam. Tapi tahukah kalian, pada saat menjalankan ibadah puasa terdapat sebuah masalah yang paling sering muncul, apa itu ? ya tentu jawabannya adalah bau pada mulut.

Dengan adanya masalah bau mulut, hal ini tentunya akan sangat mengganggu orang disekitar kita dan bahkan terlebih lagi membuat kita tidak percaya diri. Saat berpuasa, mulut menjadi kering karena kurangnya asupan air dan makanan yang kita konsumsi sehingga hal inilah yang menimbulkan bau tak sedap pada mulut.

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Oleh karena hal tersebutlah, pada uraian yang akan dijelaskan dibawah akan kami ulas mengenai bagaimana solusi mengatasi bau mulut yang tak sedap dan beberapa tips mudah cara menghilangkan bau mulut ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

Solusi mudah mengatasi bau mulut

Dibawah ini akan dijelaskan secara lengkap apa saja kiat-kiat dalam mengatasi masalah bau mulut disaat sedang menjalankan ibadah puasa disiang hari agar, berkomunikasi dengan keluarga, teman dan lainnya tetap nyaman tanpa perlu malu dan tidak percaya diri.

1. Banyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa

Perbanyak minum air putih saat waktu sahur dan saat berbuka puasa, karena hal ini akan meningkatkan produksi air liur pada tubuh kita. Dengan demikian akan membuat air liur menjadi lancar, sehingga mulut tetap bersih sepanjang hari.

2. Sikat gigi setelah makan sahur

Sikatlah gigi setelah sahur dan pastikan lakukan dengan benar, sehingga sisa makanan yang menempel akan segera hilang. Dan jangan lupa juga bersihkan bagian lidah karena disitu juga salah tempat kuman bersarang yang menyebabkan bau mulut.

3. Gunakan cairan kumur herbal

Jika anda menggunakan cairan kumur untuk penyegar mulut, usahakan jangan yang mengandung bahan kimia dan sebagainya, karena hal ini dipercaya lebih ampuh dan aman. Lakukan setelah sikat gigi dan juga setelah sahur ataupun sesudah berbuka puasa.

4. Hindari konsumsi makanan beraroma kuat

Hindari makanan seperti pete dan jengkol serta berbagai jenis makanan yang beraroma tajam lainnya. Walaupun sudah menjadi makanan kesukaan setiap anda makan, akan tetapi usahakan untuk tetap menahan sementara pada bulan suci ramadhan untuk tidak mengkonsumsinya.

5. Istirahat secukupnya

Tidur secukupnya saja dan jangan terlalu lama, karena tidur yang lama akan menyebabkan mulut menjadi kering sehingga hal tersebut dapat memicu bau tidak sedap pada mulut.

6. Olahraga rutin

Walaupun kedengarannya aneh, tapi olahraga secara rutin juga bisa membantu mencegah bau mulut. Hal tersebut karena saat berolahraga, tubuh kita bisa mengeluarkan racun penyebab bau mulut yang tak sedap.

7. Hindari makan yang banyak mengandung gula

Selain menghindari makanan yang beraroma tajam, hindari pula makanan yang banyak mengandung gula. Hal tersebut karena dapat membuat mulut anda kering dan tentunya bau mulutlah yang kita dapat selanjutnya.

8. Bersihkan makanan sisa pada sela-sela gigi

Gunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang berukuran sangat kecil yang menempel pada selah-selah gigi. Dengan melakukan hal ini, anda meminimalisir bahkan menghalang terjadinya proses bau pada mulut karena sisa makanan yang melekat pada gigi dan bahkan juga mengurangi resiko terjadinya gigi berlubang.


9. Periksa gigi secara teratur

Konsultasikan juga pada dokter gigi terdekat dan periksalah gigi anda serta pastikan tidak berkarang dan berlubang, karena sudah sama-sama kita ketahui bahwa gigi yang berkarang serta berlubang adalah tempat bersarangnya kuman penyebab bau mulut.


Demikian beberapa tips cara mengatasi masalah bau mulut saat sedang menjalankan ibadah puasa yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan membuat ibadah kita berjalan dengan lancar, walaupun kita berpuasa namun nafas juga harus tetap segar ya. (Writer : Ochen)