Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Rabu, 16 Mei 2018

Cara Mudah Mengganti Oli Motor Sendiri

Cara mudah mengganti oli motor sendiriJika kita berbicara tentang bagian penting pada kendaraan sepeda motor, pastinya mesin merupakan salah satu komponen yang paling banyak dibicarakan dan diperhatikan lebih utama. Ngomong-ngomong soal mesin pasti juga tidak terlepas dari peran oli, yang mana fungsinya sangatlah dibutuhkan pada mesin.

Fungsi oli adalah untuk melindungi komponen-komponen di dalam mesin, melumasi keseluruh bagian pada mesin agar kinerjanya maksimal dan halus. Selain itu, oli juga memiliki fungsi lainnya yang tak kalah penting dari melumasi yakni berfungsi untuk mendinginkan mesin pada kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sesuai dengan anjuran buku pedoman menggunakan kendaraan, lakukanlah pergantian oli secara rutin setidaknya jika jarak tempuh sudah mencapai 1000 hingga 2000 km atau satu bulan sekali, tergantung pemakaian dan jarak yang kita tempuh setiap harinya. Mengganti oli bisa dilakukan dibengkel (dealer service terdekat) atau bisa juga anda lakukan sendiri dirumah agar lebih irit biaya dengan syarat anda mengetahui bagaimana langkah-langkah dalam mengganti oli.

Cara Mudah Mengganti Oli Motor Sendiri

Tutorial mengganti oli motor sendiri tanpa kebengkel

Dibawah ini kita akan membahas langkah mudah mengganti oli motor sendiri tanpa dibawa ke bengkel atau dealer service. Pertama-tama siapkan dulu perlengkapan yang dibutuhkan, beberapa diantaranya adalah yakni seperti berikut.

1. Oli yang masih baru sesuai dengan takaran dan jenis motor anda (jika tidak mengerti oli yang cocok dengan kendaraan anda, maka bisa menanyakan saat membeli).
2. Kunci pembuka baut.
3. Wadah penampungan oli bekas.
4. Kain lap.
5. Corong kecil.

Langkah-langkah mengganti oli

Setelah perlengkapan diatas terpenuhi, kemudian selanjutnya anda ikuti langkah-langkah mengganti oli motor sebagai berikut dibawah ini.

1. Letakan wadah penampung oli bekas yang sudah disiapkan pada bagian bawah motor dan sejajar dengan tempat pembuangan oli pada mesin motor, disarankan agar wadahnya cukup besar sehingga bisa menampung semua oli bekas.

2. Kendorkan terlebih dahulu baut penutup lubang pembuangan oli, kemudian buka secara perlahan agar oli tidak mengucur. Jangan membuka baut penutup pembuangan oli dalam keadaan mesin panas, karena gesekan baut jika dalam keadaan panas bisa merusak bagian lubang pembuangan. Tunggu hingga mesin dingin agar proses membukanya pun bisa lebih mudah.

3. Biarkan semua oli keluar hingga tidak ada lagi tetesan keluar dari mesin. Tunggulah dengan sabar dan jangan menyemprotkan udara dengan tekanan yang kuat kedalam lubang oli mesin agar mempercepat oli keluar. Meskipun mempercepat, hal ini justru tidak dianjurkan karena bisa membuat kotoran yang menempel di filter tersebar kebagian mesin lainnya.

4. Tutup baut pembuangan oli seperti semula dan pastikan sudah tertutup rapat, agar tidak terjadi kebocoran saat pengisian oli yang baru.

5. Langkah terakhir adalah buka penutup oli baru, lalu masukan oli pada lubang pengisian oli dengan menggunakan corong kecil agar tidak tumpah saat pengisian dan tidak mengotori bagian motor serta lantai.

Cukup mudahkan, tentunya anda bisa mengganti oli dirumah tanpa harus mengantri kebengkel atau tempat service motor dan pastinya dalam segi biaya lebih irit. Hal yang harus diperhatikan dalam menentukan oli untuk mesin adalah, pilihlah oli dengan kualitas terbaik agar mesin motor anda bekerja maksimal dan awet.


Demikian pembahasan mengenai cara mudah mengganti oli motor sendiri, semoga apa yang kami sajikan diatas tentang langkah mudah ganti oli mesin dapat menjadi informasi yang edukatif dan bisa menambah wawasan anda mengenai mengganti sendiri secara manual oli motor.