Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Senin, 14 Mei 2018

Ini Dia Penyakit Akibat Terlalu Sering Dan Lama Bermain Game

Penyakit akibat terlalu lama bermain game - Pada era teknologi semakin maju seperti sekarang ini, mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukai bermain game, baik bermain game menggunakan playstation, komputer (pc) atau laptop dan bahkan game mobile yang banyak tersedia pada toko aplikasi smartphone.

Apalagi jenis game sekarang sangat banyak yang menarik, ditambah lagi dengan kualitas grafik yang tentunya membuat kita semakin betah bermain game. Seperti yang sedang marak dimainkan saat ini oleh banyak kalangan yakni game moba, misalnya Mobile Legend dan Arena Of Valor (AOV) serta game battle royale fps misalnya Rules Of Survival (ROS) dan Player Unknown Battle Ground (PUBG).

Namun janganlah berlebihan dalam bermain game, sebab apabila kelamaan akan berdampak buruk untuk kesehatan kita. Oleh karena itu bermainlah dengan tempo waktu yang sewajarnya agar tidak menjadi pemicu timbulnya penyakit yang dapat menyerang kapan saja pada tubuh anda.

Penyakit Akibat Terlalu Sering Dan Lama Bermain Game

Penyakit yang timbul akibat kelamaan bermain game

Dibawah ini akan diuraikan apa saja jenis penyakit yang dapat menyerang tubuh akibat terlalu sering dan kelamaan dalam bermain game yang dapat anda ketahui sebagai berikut.

1. Nintendinitis

Nintendinitis adalah istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan cedera pada bagian tangan serta pergelangan tangan atau tendon (tendinosis). Bagi kalian penyuka game Wii Sports, mulai dari sekarang berhati-hati dan jangan terlalu lama memainkan permainan ini karena umumnya penyakit ini menyerang pencinta game tersebut.

2. Kecanduan game

Kecanduan tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan para pecinta game dan termasuk gangguan kontrol impuls, misalnya seperti mulai dari kenaikan atau penurunan berat badan, kurang interaksi sosial, pola tidur terganggu serta kurangnya kebersihan pada diri sendiri.

3. Playstation thumb

Playstation thumb adalah istilah bagi siapa saja yang dipengaruhi dengan game controller d-pad. Penyakit ini menyerang bagian jempol yang biasanya akan mati rasa, membesar serta membuat jempol melepuh.

4. Mental agresif

Perilaku agresif dan masalah pada mental ialah penyakit yang paling sering dialami oleh para gamer diseluruh permukaan bumi. Hal ini karena kurangnya interaksi sosial, mereka lebih memilih dirumah atau bermain game sendiri dari pada bermain bersama diluar rumah.

Pola tidur yang tidak menentu pastinya akan membuat mereka manjadi tertekan, mudah cemas dan sulit berkonsentrasi. Anak-anak yang rentan kecanduan bermain game bisa menjadi lebih impulsif dan canggung secara sosial.

5. Glaukoma

Glaukoma atau masalah penglihatan juga salah satu penyakit yang disebabkan karena terlalu sering bermain game. Menatap layar yang terang tentu sangat berbahaya untuk komponen mata, terlebih lagi menatap layar tanpa mengedipkan mata karena berkonsentrasi dan hal ini akan membuat mata akan menjadi kering.

6. Sakit leher dan pangkal punggung

Sakit pada bagian leher hingga punggung biasanya dialami jika bermain game melalui smartphone yang terlalu lama dan serius. Hal ini karena anda sering merunduk menatap kelayar smartphone dan tanpa anda sadari terkadang dalam waktu berjam-jam lamanya.

Namun bukan berarti bermain game melalui komputer atau playstation tidak mengalami hal seperti ini, semua bisa saja terjadi apabila posisi layar terlalu tinggi atau terlalu rendah daripada posisi duduk anda.

Demikian beberapa penyakit akibat terlalu sering bermain game, semoga bermanfaat bagi anda semua dan dapat menjadi referensi informasi yang menarik dan edukatif dalam mengetahui berbagai hal yang ada disekitar kita, salah satunya bahaya bermain game terlalu lama dan dampak yang ditimbulkan akibat terlalu lama dan sering bermain game. (Writer : Ochen)