Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Senin, 14 Mei 2018

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Penyebab dan cara menghilangkan bau mulut secara alami - Pasti kita pernah bertemu bahkan berbicara dengan seseorang baik teman, keluarga maupun orang lain yang mengalami masalah bau mulut atau justru anda sendiri yang sedang mengalami permasalahan bau mulut ?. Pastinya hal tersebut akan membuat suasana anda menjadi tidak nyaman dalam melakukan komunikasi.

Masalah bau mulut tentunya akan sangat mengganggu sekali, apalagi seperti pada pekerjaan sebagian orang yang sangat berkaitan dengan interaksi secara langsung atau secara komunikatif yang diantaranya profesi sebagai sales, sekertaris, presenter dan lain sebagainya yang dapat mengganggu kepercayaan diri dalam berbicara.

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Penyebab bau mulut

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas beberapa tips cara mudah menghilangkan bau mulut yang secara alami, akan tetapi alangkah baiknya kita ketahui dulu apa sih penyebab terjadinya bau mulut ?

1. Gigi berlubang

Gigi berlubang merupakan tempat bersarang dan berkembang biaknya bakteri di mulut, begitu pula dengan orang yang terkena sariawan maka akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dari mulutnya. Untuk mengetahui bagaimana cara merawat agar gigi tidak berlubang, dapat anda temukan jawabannya pada halaman berikut ini.


2. Mengkonsumsi asap-asapan dan minuman kurang baik

Berbicara tentang asap dan minuman kurang baik pastinya anda sudah tahu maksud dari kedua kata tersebut dan hal itu juga merupakan salah satu pemicu bau mulut. Hal tersebut karena aroma asap dan zat yang terkandung dalam minuman kurang baik tertinggal serta menempel pada rongga mulut yang pastinya membuat nafas tidak segar.

3. Makanan beraroma menyengat

Hindari makanan yang berbau menyengat seperti jengkol, pete, terasi, petis dan ikan asin atau makanan berbau menyengat lainnya, hal tersebut karena bisa memicu timbulnya aroma bau pada mulut.

4. Kesehatan kurang prima

Menurunnya daya tahan tubuh atau kelainan pada organ tubuh bagian dalam bisa memicu terjadinya bau mulut. Keadaan ini wajar terjadi jika kondisi anda sedang sakit dan daya tahan tubuh berkurang bahkan tidak stabil.

5. Pola makan

Kontrol pola makan anda, karena gas berlebih pada lambung akan naik ketenggorokan sehingga membuat anda bersendawa dan tentunya menimbulkan aroma tidak sedap. Jangan konsumsi karbohidrat dalam jumlah yang banyak serta berlemak dan pedas juga hindari pula langsung tidur setelah makan.

6. Faktor genetik

Faktor genetik juga bisa jadi pemicu masalah bau mulut dan masalah yang satu ini memang agak sulit mengatasinya, namun bukan tidak mungkin mengatasinya terlebih jika sudah mengetahui cara mengatasi.

Tips menghilangkan bau mulut secara alami

Adapun dibawah ini terdapat beberapa tips solusi mudah cara menghilangkan masalah bau mulut yang secara alami dan mudah untuk dilakukan. Untuk lebih singkat dan jelasnya silahkan simak pembahasannya sebagai berikut.

1. Selalu jaga kebersihan mulut dengan menggosok gigi sesudah makan. Sisa makanan yang menumpuk jika tidak dibersihkan maka akan menjadi plak yang membuat gigi berlubang dan menjadi tempat bersarangnya kuman sehingga terjadinya masalah bau mulut.

2. Daun sirih sudah terpercaya ampuh mengatasi masalah bau mulut. Dengan mengunyah secara rutin maka dapat mengatasi aroma tidak sedap pada mulut kita, memang kalau tidak terbiasa akan terasa tidak nyaman atau bisa berkumur dengan antiseptik alami dari rebusan air jeruk nipis dan sirih.

3. Selain daun sirih dan jeruk nipis, masyarakat tradisional juga menggunakan rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis dan juga daun peppermint untuk menghilangkan aroma bau pada mulut.

4. Hindari makanan yang berbau menyengat seperti yang sudah dijelaskan pada bagian penyebab bau mulut diatas, misalnya pete, jengkol, terasi dan petis. Hindari pula mengkonsumsi asap-asapan dan minuman kurang baik karena aromanya akan menempel pada rongga mulut sehingga menimbulkan bau mulut.

5. Penuhi kebutuhan air putih untuk tubuh kita dan perbanyak makanan yang berserat tinggi. Hal ini bertujuan menetralkan metabolisme tubuh sehingga dapat mencegah permasalahan dalam tubuh dan mencegah terjadinya bau mulut.

Demikian beberapa tips alami cara menghilangkan bau mulut. Terhindar dari masalah bau mulut akan membuat kita jadi semakin percaya diri dalam berkomunkasi dengan keluarga, teman dan rekan kerja kita. Semoga uraian mengenai penyebab dan cara menghilangkan bau mulut secara alami bermanfaat bagi seluruh pembaca sekalian dan menjadi informasi yang berguna dalam mengetahui penyebab bau mulut dan cara mengatasi bau mulut. (Writer : Ochen)