Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Sabtu, 05 Mei 2018

Cara Merawat Gigi Agar Tidak Berlubang

Cara merawat gigi agar tidak berlubang - Gigi merupakan bagian penting pada tubuh kita, terutama dibagian mulut. Selain fungsi gigi untuk mengunyah makanan, tentunya gigi juga sebagai penunjang penampilan. Apabila gigi kita rusak, pastinya sangat mengganggu penampilan dan terlebih lagi jika gigi kita berlubang maka akan sulit menikmati makanan yang enak atau makanan kesukaan kita.

Mengapa gigi bisa berlubang ?

Hal tersebut karena kita malas membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi setelah makan. Sisa makanan yang menumpuk akan menjadi plak yang akan melarutkan mineral pada gigi, sehingga menimbulkan lubang. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tips mudah agar gigi kuat dan tidak mudah berlubang.

Cara Merawat Gigi Agar Tidak Berlubang

Tips merawat gigi agar kuat dan tidak berlubang

Dibawah ini terdapat 7 tips cara yang bisa anda lakukan dalam menjaga dan merawat gigi agar tidak mudah berlubang dan kuat yang diantaranya dapat anda ketahui pada uraian sebagai berikut.

1. Gunakan pasta gigi yang mengandung flourida, karena kandungannya mampu membentuk email gigi yang melindungi gigi dari pembusukan, sehingga masalah gigi berlubang dan keropos bisa diatasi.

2. Kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung gula serta berlemak. Makanan yang mengandung gula seperti permen ialah penyebab gigi keropos begitu pula dengan makanan yang berlemak.

3. Sikat gigi dua kali dalam sehari agar sisa makanan yang menempel bisa dibersihkan dengan mudah. Jangan biarkan sisa makanan menempel selama 24 jam, karena sisa makanan yang menumpuk akan menimbulkan plak yang membuat gigi berlubang.

4. Kurangi minuman bersoda dan minuman yang kurang baik bagi kesehatan, karena pemanis buatan yang terkandung didalamnya akan membuat gigi mudah keropos dan tentunya berlubang.

5. Perbanyaklah minum air putih, selain baik untuk kesehatan tubuh dan kulit, air putih juga membantu membersihkan gigi. Dengan sering mengkonsumsi air putih, maka dapat membantu makanan yang menempel jadi mudah terlepas dari gigi dan gusi kita.

6. Konsumsilah buah dan sayuran karena selain mengandung sumber vitamin, buah dan sayur juga banyak mengandung air. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa air membantu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel. Biasanya buah dan sayur dijadikan pencuci mulut sesudah makan.

7. Kunjungi dokter gigi secara berkala minimal 6 bulan sekali. Hal ini dilakukan agar kita mengetahui masalah apa yg terjadi pada gigi dan gusi kita, serta bisa mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah gigi yang sudah terlanjur serius dan hanya bisa menggunakan alat khusus dari dokter gigi.

Selalu jaga kesehatan mulut setiap hari, karena akan sangat tidak nyaman jika terjadi masalah pada mulut kita seperti bau mulut dan infeksi gigi berlubang yang pasti akan sangat menyakitkan.

Baca juga : Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

Demikian beberapa tips mudah agar gigi kuat dan tidak berlubang serta cara merawat gigi agar tidak berlubang. Semoga pembahasan mengenai perawatan gigi yang baik dan benar seperti yang dijelaskan diatas dapat menjadi informasi edukatif bagi anda dalam mengetahui tips merawat gigi.