8 Efek Tidur Terlalu Lama Dan Cara Mengatasinya

Efek tidur terlalu lama dan cara mengatasi tidur terlalu lama - Segala sesuatu yang dilakukan dengan berlebihan memang sangat tidak baik untuk kesehatan, salah satunya tidur dalam waktu yang terlalu lama. Tiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda, tergantung dari kebiasaan yang dilakukan setiap hari, usia, gaya hidup dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam dalam setiap harinya, sedangkan bagi lansia (lanjut usia) biasanya memiliki kebutuhan tidur sekitar 7-8 jam per hari. Tidur dengan waktu yang lebih lama dari waktu ideal biasanya ditunjukkan dengan gejala seperti sering mengalami sulitnya untuk bangun pada pagi hari, mudah merasa mengantuk di siang hari serta masih merasa mengantuk pada siang hari.


Bahaya jika tidur terlalu lama

Namun jika anda sering tidur terlalu lama maka biasanya anda akan merasakan beberapa gejala seperti kepala mudah terasa pusing, mudah memiliki resiko diabetes, mudah mengalami stress dan gangguan pada mental, memiliki resiko yang tinggi untuk terkena penyakit jantung. Berikut ini adalah beberapa bahaya dari tidur terlalu lama, diantaranya adalah :

8 Efek Tidur Terlalu Lama Dan Cara Mengatasinya
Efek Tidur Terlalu Lama

1. Sakit kepala

Bila anda sering tidur terlalu lama pada siang hari maka bukan hal yang aneh lagi jika Anda sering merasa kesulitan untuk tidur di malam harinya. Bila anda sering mengalami hal tersebut maka biasanya esok hari kepala anda akan sering terasa sakit. Kepala yang sakit terjadi karena tidur yang terlalu lama dan kondisi ini bisa mempengaruhi kerja senyawa kimia di dalam otak.

2. Kegemukan (Obesitas)

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika seseorang yang sering tidur lebih lama sekitar 1-2 jam dari waktu idealnya akan lebih mudah mengalami kegemukan jika dibandingkan dengan yang lain, kondisi yang sama juga bisa terjadi pada seseorang yang sering merasa kurang tidur.

3. Diabetes

Tidur terlalu lama atau sebaliknya tidur hanya dalam waktu yang sebentar, bisa memberikan pengaruh pada meningkatnya resiko penyakit diabetes. Ada sebuah penelitian yang hasilnya menunjukkan bahwa seseorang yang sering merasa kurang tidur ataupun tidur terlalu lama beresiko tinggi untuk memiliki masalah dalam pengaturan kadar gula darah.

4. Gangguan mental

Depresi serta masalah tidur seperti insomnia memiliki hubungan yang sangat erat dimana 15% dari penderita depresi disebabkan oleh tidur dengan waktu yang terlalu lama. Sering tidur lebih lama dari waktu yang seharusnya juga diketahui dapat meningkatkan penderita mengalami resiko mudah merasa cemas, mudah lelah dan mengalami gangguan memori pada otak.

5. Resiko penyakit jantung

Menurut hasil penelitian, diketahui bahwa para wanita yang sering tidur selama 9-11 jam dalam setiap harinya memiliki resiko yang tinggi untuk terkena penyakit jantung jika dibandingkan dengan wanita yang biasa tidur selama 8 jam per hari. Sering tidur lebih lama dari waktu yang seharusnya diketahui bisa membuat sistem kekebalan tubuh mengalami pelemahan dan kondisi inilah yang biasanya menjadikan seseorang yang sering tidur lama menjadi mudah terserang berbagai penyakit.

6. Sakit pada punggung

Bila selama ini anda sering tidur dalam waktu yang lebih lama dari waktu ideal, apalagi posisi tidur telentang maka yang dikhawatirkan adalah anda akan menjadi mudah mengalami sakit pada bagian punggung. Anda bisa mulai membiasakan diri untuk mengatur atau mengelola waktu tidur anda agar bisa menjadi lebih teratur dan lebih berkualitas.
Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, tidur dalam waktu yang lama saja masih belum cukup karena masih ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan. Adapun untuk bisa memperoleh kualitas tidur yang baik maka sebaiknya anda mengelola jadwal tidur secara teratur.

7. Akan sulit mendapatkan keturunan

Sekitar tahun 2013 yang lalu ada tim riset asal Korea yang melakukan penelitian terhadap 650 orang wanita yang mengikuti perawatan kesuburan dan hasilnya menunjukkan bahwa jumlah wanita yang mendapatkan keturunan tertinggi ditemukan pada kelompok wanita yang tidur selama 7-8 jam per hari sedangkan yang terendah ada pada kelompok wanita yang tertidur selama lebih dari 9 jam per hari.

Durasi waktu tidur ternyata bisa memberikan pengaruh terhadap perubahan hormon dan siklus halangan. Bagi kamu yang ingin memiliki momongan sebaiknya hindari kebiasaan buruk tersebut.


8. Tidur terlalu banyak dapat menyebabkan kematian lebih cepat

Pada tahun 2010 yang lalu terdapat 16 studi yang berbeda dan peneliti menemukan bukti bahwa resiko kematian bisa meningkat dengan waktu tidur yang pendek dan panjang. Bila tidur lebih dari 8 jam per hari maka sering dihubungkan dengan resiko 1,3 kali lebih besar untuk kematian di antara 1.382.999 peserta studi. Sebaiknya usahakan anda untuk tidur dalam waktu yang tepat serta bangun dengan jadwal yang teratur setiap harinya.

Cara mengatasi tidur terlalu lama

Jika dirasa sulit menghentikan kebiasaan buruk tersebut, tidak ada salahnya anda mencoba beberapa tips dari kami dan berikut penjelasannya yang bisa Anda terapkan.

1. Olahraga secara rutin

Dengan melakukan olahraga yang dilakukan secara rutin maka akan membantu memperbaiki pola tidur serta kualitas kesehatan tubuh anda. Tapi sebaiknya jangan melakukan olahraga pada 6 jam sebelum jam tidur malam dan hindari mengkonsumsi minuman yang tidak baik, kafein, kopi, soda, cokelat dan teh. Hal ini dikarenakan jika nda mengkonsumsi salah satu dari jenis makanan atau minuman tersebut maka Anda akan beresiko mengalami mimpi buruk pada malam hari.

2. Mengatur suasana kamar tidur yang membuat Anda nyaman

Suasana di dalam kamar tidur anda bisa memberikan pengaruh pada kualitas tidur anda, maka dari itu bila selama ini kualitas tidur anda kurang baik maka tidak ada salahnya mencoba untuk mengatur ulang suasana kamar anda, misalnya cahaya lampu, suhu kamar, suara dan aroma wewangian.

Jika selama ini anda seringkali sulit tidur di malam hari maka ada baiknya untuk membiasakan diri untuk disiplin untuk mematikan semua peralatan elektronik pada 2 jam sebelum jam tidur.

3. Batasi jam tidur siang

Bila selama ini anda seringkali sulit tidur di malam hari maka bisa saja kondisi ini disebabkan anda telah tidur siang terlalu lama. Bila anda sulit untuk tidur di malam hari maka biasanya hal ini disebabkan karena Anda memikirkan banyak masalah pada malam hari sebelum tidur.

Dengan menenangkan diri serta mengetahui penyebab dari sulit tidur maka anda akan bisa lebih mudah mengatasi masalah sulit tidur di malam hari, namun jika masalah ini tidak kunjung selesai maka ada baiknya untuk segera berkunjung ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk berkonsultasi agar mendapat penanganan yang tepat.


Demikian beberapa ulasan mengenai bahaya jika tidur terlalu lama serta tips-tips mengatasinya, semoga artikel diatas memberikan banyak manfaat dan memberikan pengetahuan dan solusi bagi Anda yang sering sulit tidur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel