Ngantuk Terus Meski Sudah Cukup Tidur ? Ini Penyebabnya

Penyebab sering ngantuk meski sudah banyak tidur - Mungkin kalian sering melihat teman yang selalu merasa ngantuk berat sepanjang hari di sekolah ataupun dikantor. Pasti yang ada dipikiran yaitu orang tersebut kurang waktu tidur dimalam hari dan cara menghilangkan ngantuknya tidur dikantor ataupun disekolah. Namun faktanya meski sudah cukup istirahat selama 7 hingga 8 jam sehari, kadang tubuh masih merasa lemas dan mengantuk.

Memang pada umumnya badan yang lemas dan juga sering mengantuk terjadi akibat kurangnya jam tidur atau istrihat. Akan tetapi jika waktu tidur sudah cukup banyak bahkan lebih dari batas normal dan masih juga merasa ngantuk, sebaiknya kalian harus ketahui apa yang menjadi penyebab utamanya ngantuk berat.

Penyebab ngantuk berlebih disiang hari

Untuk mengetahui apa yang menjadi faktor utama sering mengantuk walaupun sudah banyak tidur dimalam hari dan bagaimana cara menghilangkan ngantuk berat atau apakah kamu pernah mengalaminya ?, berikut ini akan dibahas satu persatu diantaranya adalah seperti dibawah ini.

Penyebab Ngantuk Meski Sudah Cukup Tidur
Tertidur Saat Bekerja

Gangguan mental

Meski sudah tidur 7 sampai 8 jam bahkan lebih tidak akan berpengaruh di keesokan harinya bagi para penderita gangguan mental. Hal ini terjadi lantaran emosi yang tidak stabil, rasa cemas berlebih, sedih, bahkan perasaan depresi.


Meski tubuh beristirahat namun pikiran serta perasaan akan selalu aktif, sehingga mau sepanjang apapun kita tidur jika tidak dalam keadaan relax maka tetap saja akan merasa ngantuk di keesokan harinya. Solusinya yakni sebaiknya bisa lebih mengendalikan diri serta mengetahui apa saja yang membuat kamu menjadi penderita gangguan mental.

Hypersomnia

Jika penderita insomnia sulit tidur maka sebaliknya, hypersomnia adalah keinginan tidur secara terus menerus bagi penderitanya. Mereka sulit berpikir cepat dan selalu merasa mengantuk, namun penyebab kedua penyakit ini sama-sama berpusat diotak, karena semua aktivitas manusia berasal dari otak. Untuk itu perlu penyembuhan dengan cara terapi stimulus sistem otak pusat oleh spesialisnya agar dapat berfungsi secara optimal kembali.


Central sleep apnea

Central sleep apnea ini adalah gangguan tidur dimana penderitanya mengalami perhentian nafas sejenak saat tidur. Mengapa bisa terjadi ?, hal tersebut karena ketika otak gagal menerima signal ke otot yang dapat mengontrol sistem pernapasan pada manusia.

Saat terbangun, si penderita mengalami kekurangan oxygen di dalam otak yang menyebabkan rasa kantuk berlebih sepanjang hari. Kondisi ini bisa berpotensi membuat sakit kepala serta sulit berkonsentrasi. Jika dibiarkan resiko penyakit serius seperti stroke, serangan jantung dan peradangan otak akan menghampirimu.

Nokturia

Pada umumnya manusia tidur 7 hingga 8 jam perhari tanpa ada gangguan hal-hal lain yang mengakibatkan terbangun ditengah malam. Namun bagi penderita nokturia akan mengalami gangguan tidur berupa rasa ingin selalu buang air kecil dimalam hari dengan frekuensi yang sering. Ini membuat kualitas tidur jadi terganggu meskipun kamu tetap melanjutkan tidur. Bahkan sebagian orang lagi akan sulit kembali tidur jika sudah terbangun ditengah malam.

Penyakit kronis

Jika mengalami rasa kantuk yang berkepanjangan sehingga banyak hal-hal yang dapat merugikan kamu, sebaiknya jangan dibiarkan. Bisa jadi sudah akut sehingga menjadi penyakit yang serius, solusinya adalah segera konsultasikan segala keluhan yang kalian rasa kepada dokter yang ahli dibidangnya, sehingga mendapat penanganan yang tepat.

Pola hidup yang sehat memang terdengar mudah, namun tidak banyak orang malas yang melakukannya. Ingat kesehatan itu mahal, maka dari itu terapkan pola hidup sehat setiap hari. Demikian pembahasan tentang penyebab sering ngantuk meski sudah banyak tidur serta bagaimana solusi cara menghilangkan kantuk berdasarkan gejalanya masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel