Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Minggu, 14 April 2019

5 Manfaat Konsumsi Singkong Bagi Kesehatan

Manfaat konsumsi singkong bagi kesehatan - Manihot Esculenta atau yang lebih dikenal secara umum oleh masyarakat singkong adalah salah satu dari sayuran yang berjenis akar umbi-umbian yang banyak sekali tersebar dan seringkali dijumpai di seluruh daerah di Indonesia, yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh jika Anda konsumsi.

Singkong termasuk kedalam keluarga Spurge, Euphorbiaceae yang dapat mudah sekali tumbuh berkembang dan mudah juga dalam hal dibudidayakan secara luas pada daerah tropis. Singkong mengandung sumber karbohidrat utama dan berada pada posisi ketiga setelah nasi dan jagung sebagai makanan pokok. Oleh karena itu dengan pengolahan yang benar akan menjaga nilai gizi yang ada didalamnya seperti serat, mineral, pati resisten dan vitamin.

Pengolahan singkong yang benar dan tetap menjaga nutrisi didalamnya adalah dengan cara merebusnya. Namun yang perlu untuk Anda ketahui adalah singkong tidak bisa dikonsumsi mentah, karena singkong mentah mengandung antinutritional. Oleh sebab itu, sebelum mengkonsumsi singkong alangkah baiknya untuk Anda merebusnya terlebih dahulu agar mendapatkan khasiat yang baik bagi tubuh.

Khasiat makan singkong untuk kesehatan

Khasiat makan singkong untuk kesehatan

Dibawah ini akan diuraikan apa saja manfaat dan khasiat yang terkandung didalam singkong jika Anda konsumsi, apa saja keuntungan yang akan didapat jika mengkonsumsi singkong serta apa saja nilai lebih jika Anda makan singkong, dapat Anda ketahui jawabannya sebagai berikut.

1. Menyembuhkan migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah seringkali terjadi tanpa kita ketahui ciri-ciri kedatangannya. Dengan mengkonsumsi singkong, itu dapat mengurangi migrain yang sifatnya konstan. Hal tersebut karena vitamin B2 dan riboflavin yang ada didalam kandungan singkong bermanfaat dalam menyembuhkan sakit kepala dan migrain.

2. Membantu penurunan berat badan

Memiliki bentuk dan bobot tubuh yang ideal merupakan impian seluruh manusia, namun apa yang terjadi bila Anda memiliki bobot tubuh yang berlebihan atau yang familiar disebut gemuk, pastinya Anda kurang percaya diri dihadapan umum. Singkong kaya akan serat makanan, sehingga ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda apabila ingin menurunkan berat badan.

Hal tersebut karena singkong mengandung rendah kalori serta berserat tinggi yang dapat membuat Anda merasa kenyang dalam jangka waktu yang lumayan cukup lama. Sehingga dengan demikian, mengkonsumsi singkong dapat membantu Anda dalam hal mengurangi ngemil yang dapat mengakibatkan berat badan naik.

3. Melancarkan pencernaan

Singkong memiliki serat yang tinggi, sehingga serat-serat yang tidak larut dapat membantu dalam hal peningkatan kelancaran sistem pencernaan, termasuk mengurangi peradangan saluran pencernaan pada tubuh manusia. Oleh karena itu dengan memiliki kandungan serat maka hal tersebut akan mencegah timbulnya masalah-masalah terkait dengan pencernaan.

4. Menyembuhkan diare

Singkong memiliki sifat antioksidan yang bisa membantu Anda dalam hal mengatasi diare. Cara mengatasi diare secara alami adalah bisa dengan mengkonsumsi singkong yang telah direbus didalam air selama kurang lebih satu jam. Hal tersebut dapat membantu menyingkirkan bakteri-bakteri yang menjadi penyebab masalah perut serta mengurangi gejala diare dan kandungan serat didalamnya juga dapat membantu didalam menyembuhkan gejala-gejala diare.

5. Membersihkan cacing

Dengan mengkonsumsi singkong, maka hal tersebut dapat membantu Anda dalam meredakan kutu nematoda didalam perut dan usus Anda.

Artikel terkait :

Itulah 5 manfaat konsumsi singkong bagi kesehatan manusia, semoga dengan mengetahui berbagai khasiat makan singkong seperti yang telah disebutkan diatas dapat menjadi pengetahuan baru bagi anda dan menjadi referensi informatif yang edukatif dalam mengetahui manfaat singkong untuk kesehatan.