Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Jumat, 25 Mei 2018

Manfaat Konsumsi Air Hangat Bagi Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat konsumsi air hangat bagi tubuh - Setelah kita berolahraga atau beraktifitas pastinya tubuh memerlukan air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, namun kebanyakan orang lebih memilih air yang dingin atau air es agar meredakan tenggorokan dari rasa dahaga, terlebih lagi air es lebih menyegarkan daripada air hangat.

Fungsi air hangat bagi tubuh

Tahukah kamu jika sebenarnya air hangat menyimpan berbagai manfaat positif jika sering dikonsumsi. Dibawah ini akan diuraikan apa saja manfaat-manfaat yang bisa kita dapatkan jika sering mengkonsumsi air hangat yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Manfaat Konsumsi Air Hangat Bagi Tubuh

Dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh

Sebagian orang berpendapat jika mengkonsumsi air hangat bisa membuat berat badan menjadi turun, namun apakah ini benar ?. Faktanya dengan minum air hangat, kita bisa mempercepat proses metabolisme dalam tubuh yang pastinya akan memerlukan banyak kalori.

Sehingga kalori didalam tubuh jadi cepat terbakar walaupun masih belum bisa dipastikan bahwa air hangat mampu menurunkan berat badan, namun tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi air hangat dipagi hari untuk melancarkan metabolisme serta membantu kinerja ginjal agar lebih efisien.

Dapat mengatasi rasa nyeri

Dengan mengkonsumsi air hangat dapat membantu meningkatkan aliran darah menuju jaringan di dalam tubuh termasuk juga ke jaringan otot. Hal ini membuat otot yang kaku dapat dikendurkan, karena air hangat bersifat vasodilatator yang membuat aliran darah semakin lancar.

Dapat membantu sistem kerja pencernaan

Air juga bisa berperan sebagai pelumas bagi tubuh manusia terutama bagi sistem pencernaan. Air selain meredakan rasa haus juga berfungsi membantu pencernaan makanan hingga menjadi kotoran. Di tambah lagi air hangat memiliki sifat vasodilator yang memperlabar pembuluh darah, sehingga membuat aliran darah bergegas menuju usus, sehingga kinerja pencernaan menjadi sangat lancar.

Dapat meredakan hidung tersumbat

Bagi penderita hidung tersumbat sangat dianjurkan untuk minum air hangat, karena uap panas yang dihasilkan dari air hangat bisa membantu meredakan sakit kepala dan hidung mampet. Hiruplah secara perlahan, dengan begitu dapat membantu melonggarkan sumbatan lendir yang berkumpul di rongga hidung.

Dapat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh

Dengan meminum air hangat, maka akan membuat tubuh mengeluarkan keringat karena suhu tubuh menjadi meningkat. Dengan demikian racun yang ada dalam tubuh akan keluar melalui keringat dan membantu membersihkan pori-pori yang kotor pada tubuh kita.

Dapat mengatasi masalah akalasia

Akalasia adalah kondisi dimana kerongkongan seseorang sulit untuk mendorong makanan masuk kelambung. Para ahli menyarankan minumlah air hangat agar mempermudah proses masuknya makanan dari kerongkongan terlebih makanan yang berminyak atau makanan yang sulit dicerna seperti daging.

Dengan demikian yang harus kita lakukan setelah mengetahui manfaat air hangat bagi tubuh seperti yang telah diuraikan diatas adalah tetap biasakan gaya hidup sehat dengan pola yang teratur agar kesehatan tubuh selalu prima dengan cara mengkonsumsi berbagai hal yang memiliki nilai baik termasuk sering mengkonsumsi air hangat untuk tubuh supaya tubuh tetap sehat, segar dan kuat.