Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Sabtu, 26 Mei 2018

Ini Dia Dampak Akibat Terlalu Sering Konsumsi Air Es Setelah Makan

Konsumsi air es setelah makan - Air es memang sangat menyegarkan bagi tenggorokan, apalagi pada saat siang hari yang sangat terik tentunya pasti membuat tenggorokan anda fresh kembali setelah meminumnya. Setelah olahraga dan beraktifitas pastinya kita membutuhkan air yang menyegarkan, namun kebanyakan dari kita yang memilih air es daripada air biasa atau air hangat.


Salah satu kebiasaan buruk yang sering kita lakukan ialah minum air es sesudah makan, padahal ini sangat tidak dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Hal tersebut karena pola hidup seperti itu sangat kurang baik bagi tubuh, terutama organ tubuh bagian dalam yang secara langsung menerima dampak jangka panjang kedepannya.

Dampak Akibat Terlalu Sering Konsumsi Air Es Setelah Makan

Akibat yang dapat ditimbulkan jika hobi minum air dingin setelah makan

Apa sih yang akan terjadi dan yang akan timbul jika terlalu sering minum air dingin (air es) setelah makan ?, ingin tau bahaya apa saja yang dapat ditimbulkan jika minum air es setelah makan, mari kita simak beberapa ulasan sebagai berikut yang menjelaskan bahaya yang terjadi apabila sering minum air es sesudah makan.

Pemicu terjadinya batu ginjal

Bagi kalian yang memiliki resiko besar terkena batu ginjal, sebaiknya hindari minum air es setelah makan. Hal tersebut karena adanya kandungan zat oxalate dalam es, terlebih jika kita meminum es teh. Zat oxalate dalam es adalah pemicu terjadinya batu ginjal.

Dapat membuat perut buncit

Untuk kalian yang ingin menjaga penampilan atau sedang diet, sebaiknya hindari minum es setelah makan. Lemak pada tubuh berfungsi menghangatkan suhu yang dingin dan dengan kita meminum es setelah makan, secara otomatis lemak yang masuk kedalam tubuh bersamaan dengan air es akan menjadi dingin, sehingga membuat bantalan lemak semakin menumpuk dan inilah penyebab perut anda buncit. Lebih baik mengganti dengan air hangat saja agar proses pencernaan bisa bekerja lebih cepat.

Menyebabkan terjadinya pusing

Proses metabolisme tubuh akan berjalan lambat jika kita meminum air es setelah makan, hal ini karena perubahan suhu tubuh yang secara drastis meningkat yang berakibat suplai oksigen ke otak berkurang dan menyebabkan pusing atau sakit kepala.

Makanan berminyak dan berlemak menjadi lambat untuk dicerna

Dinding usus akan menyempit ketika kita meminum air es setelah makan, akibatnya tidak bisa menyerap makanan dengan sempurna, ibaratnya sampah yang menumpuk pada gorong-gorong yang berakibat pada gangguan pencernaan.

Perut terasa begah

Enzim dilambung akan meningkat dan kram saat kita minum es setelah makan, kemudian perut terasa mengembang akibat munculnya gas didalamnya.

Menjadi terus merasa haus

Dampak dari minum es ialah hilangnya cairan secara cepat di dalam tubuh, sebaiknya cukupi kebutuhan cairan tubuh anda dengan minum air putih biasa.

Memperlambat detak jantung

Pengaruh pada saraf vagus adalah akibat dari minum air es yang bisa memperlambat kinerja jantung. Fungsi saraf vargus adalah berperan penting dalam kegiatan tak sadar pada tubuh, misalnya detak jantung.

Hilangnya nutrisi dalam tubuh

Tubuh perlu kerja ekstra setelah kita meminum air es sesudah makan, padahal tubuh juga harus mencerna makanan dan menyerap nutrisinya. Setelah energi banyak terpakai mengatur suhu badan, nutrisi dari makanan yang kita konsumsi menjadi tidak terserap secara optimal.

Pemicu radang tenggorokan

Radang tenggorokan dipicu oleh lendir yang ada dilapisan kerongkongan dan lendir itu muncul karena kita minum air es.

Demikian pembahasan dari kami mengenai bahaya konsumsi air es setelah makan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi edukatif bagi kalian dalam mengetahui akibat yang ditimbulkan jika sering konsumsi air dingin sesudah makan. Tetap lakukan pola gaya hidup yang sehat agar kehidupan berjalan lancar tanpa hanbatan banyak penyakit yang bisa saja menyerang kapan saja. (Writer : Ochen)