Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Selasa, 29 Mei 2018

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Dengan Cepat Dan Mudah

Cara menurunkan kolesterol secara alami - Kolesterol yang tinggi merupakan gejala terjadinya penyakit mematikan seperti stroke dan jantung koroner. Menurut survey di Indonesia, terdapat 26 juta penduduk yang mengalami peningkatan kolesterol dan dari jumlah itu sekitar 80 % orang meninggal mendadak akibat serangan jantung bahkan 50 % di antaranya tidak memiliki gejala apapun.

Pria lebih rentan terkena kolesterol dibanding wanita. Menurut data Center For Disease Control, jumlah penderita kolesterol pada pria sebanyak 36,2 % dan 31 % untuk wanita. Jumlah angka kolesterol tinggi pada orang dewasa ialah lebih dari 240 mg/dl. Penyebabnya beragam, mulai dari faktor makanan, faktor genetik hingga kurangnya aktivitas seperti olahraga.

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Dengan Cepat Dan Mudah

Bagaimana cara alami menurunkan kolesterol

Dibawah ini terdapat beberapa kiat-kiat dan solusi dalam menurunkan kolesterol yang tinggi secara alami dan pastinya mudah serta hemat biaya yang diantaranya dapat dijelaskan sebagai berikut.

Jaga asupan makanan

Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging berlemak, jeroan, keju/krim, gorengan dan mentega. Jika anda ingin konsumsi makanan yang mengandung lemak, lebih baik mencoba makanan seperti kacang almon, ikan salmon, minyak zaitun, minyak jagung dan minyak biji bunga matahari, karena makanan tersebut mengandung lemak tidak jenuh.

Rutinlah berolahraga

Dengan olahraga selama 30 menit sehari bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dan kolesterol total serta bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL. Lakukan kegiatan berolahraga seperti diantaranya berlari, berenang, bersepeda hingga aerobik.

Konsumsilah makanan yang berserat tinggi

Makanan yang berserat tinggi mampu menghambat penyerapan kolesterol di dalam usus halus, sehingga sangat dianjurkan untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami. Konsumsilah sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan dan oatmeal.

Turunkan berat badan

Menurunkan berat badan sekitar 5 hingga 10 % sudah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol. Namun jangan terlalu berambisi atau membuat target agar berat badan turun secara drastis, cukup bertahap saja sekitar 0,5 kg hingga 1 kg per minggu.

Hindari stres berlebih

Kelola stres dengan baik karena ketika anda mengalami stres, tubuh pasti akan membutuhkan banyak sekali energi ditambah lagi orang yang mengalami stres cenderung memilih jenis makanan yang cepat saji dan memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi.

Stop konsumsi asap-asapan

Sudah sama-sama kita ketahui bahwa aktifitas mengkonsumsi asap-asapan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh karena dapat memicu peningkatan kolesterol jahat didalam tubuh karena berkaitan langsung dengan penyakit jantung koroner. Konsultasikan dengan dokter ahli jika sulit berhenti, biasanya bisa melalui beberapa metode alami dan dibantu dengan cara yang tentunya sudah anjuran dari dokter.

Dengan demikian beberapa tips mengenai cara menurunkan kolesterol secara alami dengan cepat dan mudah dapat membantu anda dalam mengetahui bahaya kolesterol tinggi dan cara terhindar dari kolesterol. Tetaplah menjaga pola hidup sehat, karena jika tidak dimulai dari sekarang, mau kapan lagi. (Writer : Ochen)