Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Sabtu, 18 Agustus 2018

Inilah Manfaat Daun Pepaya Yang Mungkin Baru Kalian Tahu

Manfaat daun pepaya - Buah pepaya tentu sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga anda. Untuk iklim tropis seperti di Indonesia, pasti tanaman ini banyak dijumpai hampir diseluruh daerah. Manfaat buah pepaya itu sendiri sudah kita sama-sama ketahui yakni untuk melancarkan pencernaan dan banyak lagi manfaat lainnya.

Namun tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, akan tetapi daun pepaya ternyata juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, dibawah ini akan dijelaskan beberapa fungsi dan manfaat daun pepaya yang mungkin baru kalian tahu bagi kesehatan.

Manfaat Daun Pepaya

Manfaat daun pepaya

Untuk mengetahui apa saja kegunaan daun pepaya bagi tubuh, dapat anda temukan jawabannya sebagai berikut dibawah ini.

Melancarkan pencernaan

Sama dengan buahnya, daun pepaya bermanfaat juga untuk melancarkan pencernaan. Hal tersebut karena didalamnya mengandung enzim papain yang baik bagi para penderita sembelit. Selain itu manfaat lainnya juga dapat menambah nafsu makan dan meredakan ketidak nyamanan pada perut.

Antioksidan

Asap kendaraan serta debu mengandung radikal bebas yang pastinya sangat buruk untuk kesehatan manusia, terutama pada kecantikan kulit. Tapi tak perlu khawatir karena dengan rajin mengkonsumsi daun pepaya secara rutin dapat mengurangi hydrogen peroksida atau merupakan tanda kerusakan oksidatif.

Penelitian pacific journal of tropical biomedicine juni 2012 mengungkapkan bahwa daun pepaya memiliki kandungan asam askrobat yang merupakan salah satu antioksidan. Namun bagi beberapa orang daun pepaya tak hanya memberikan efek positif saja, jika yang memiliki alergi harus segera berhenti mengkonsumsinya dan segera konsultasi ke dokter.


Penyakit maag

Dengan alasan kesibukan yang sangat padat hingga tak menjaga pola makan teratur menjadi salah satu faktor utama terserang penyakit maag. Seperti pekerja kantoran hingga mahasiswa biasanya mengeluh penyakit yang satu ini, untuk itu perbanyak konsumsi daun pepaya yang dipercaya mampu menangkal maag.

Dari studi yang dimuat west Indian medical journal edisi September 2008, daun yang memiliki rasa pahit ini dapat mengurangi keparahan ilkus dan memiliki efek antioksidan. Selain itu daun pepaya dapat menurunkan lipid yang teroksidasi dan meningkatkan antioksidan di dalam sel darah merah.

Kanker

Menurut data WHO setiap tahun angka penderita kanker bertambah 6,25 juta orang kemudian 9 juta diantaranya akan meninggal dalam kurun waktu 10 tahun. Melalui sebuah penelitian yang diterbitkan pada februari 2010 dari journal of ethnopharmacology mengungkapkan, jika daun pepaya dapat mengurangi peradangan dan dapat mengaktifkan system imun atau kekebalan tubuh terhadap sel kanker hingga menghambat sel tumor serta memodulasi efek anti tumor.

Ingat jika daun pepaya hanya pengobatan tambahan saja yang aman bagi tubuh karena berbahan alami dari tanaman atau biasa disebut dengan herbal. Lebih baik melakukan pencegahan daripada mengobati, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter ahli sehingga mendapatkan penanganan.

Itulah beberapa manfaat daun papaya yang harus anda ketahui, semoga uraian diatas mengenai kegunaan daun pepaya dapat menjadi referensi informasi bagi anda dalam mengetahui fungsi dan manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh manusia. (Writer : Ochen)