#10 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu

Manfaat kopi untuk kesehatan - Banyak sekali berbagai pendapat yang membahas mengenai kebiasaan meminum kopi, baik kopi hitam pahit maupun kopi tanpa gula yang kadang banyak menimbulkan pro dan kontra, misalnya saja ada yang beranggapan jika kopi baik untuk kesehatan, sedangkan pendapat yang lain justru mengatakan bahwa kopi tidak baik bagi kesehatan.

Sebenarnya baik atau buruknya dari dampak minum kopi tergantung dari berapa banyak takaran dari jumlah kopi yang diminum seseorang. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti kesehatan dari University of Southampton, menyebutkan jika seseorang bisa mendapatkan manfaat terbaik dari kopi selama tidak mengkonsumsi kopi lebih dari empat gelas dalam sehari.

Mengkonsumsi kopi tidak lebih dari empat gelas perhari, maka seseorang akan memiliki resiko yang rendah untuk terkena penyakit seperti diabetes, penyakit hati, mudah lupa, berbagai kanker seperti kulit, endrometrial, prostat dan hati. Namun selama mengkonsumsi kopi tersebut, pastinya harus original dimana tidak menambahkannya dengan bahan tambahan apapun seperti susu, gula serta krimer.

Selain dari hasil penelitian tersebut, masih ada sekitar dua ratus hasil penelitian serupa yang sebagian besar menyebutkan jika kebiasaan minum kopi dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan kematian. Walaupun kopi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, namun tetap saja kita harus mengkonsumsinya dengan jumlah yang wajar dan tidak berlebihan, karena jika mengkonsumsi kopi lebih dari takaran yang dianjurkan, hal itu justru akan membuat dampak serta efek buruk atau tidak baik untuk kesehatan.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan
Manfaat Kopi Hitam Pahit

Bagi ibu hamil serta wanita yang memiliki kondisi tulang yang rapuh tidak dianjurkan untuk minum kopi, hal tersebut karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan mereka. Memiliki kebiasaan minum kopi sebenarnya memang bisa meningkatkan kadar hormon stress dalam tubuh dan memicu efek ketergantungan pada kafein, namun di sisi lain kopi juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Kalaupun Anda sering minum kopi dengan menggunakan tambahan gula atau krimer maka disarankan untuk membatasi penggunaan krimer dan gula.

Manfaat kopi hitam pahit tanpa gula

Dibawah ini terdapat beberapa manfaat dan khasiat mengkonsumsi kopi, baik kopi hitam, kopi pahit dan kopi hitam tanpa gula yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mencegah penyakit batu empedu

Penelitian mengenai para penikmat kopi yang telah dilakukan di Harvard pada tahun 2002 mengatakan bahwa, baik pria maupun wanita yang minum kopi tidak lebih dari 4 gelas per hari memiliki resiko yang lebih rendah dari batu empedu sekitar 25%.

2. Mencegah dari depresi

Menurut laporan “Archives of Internal Medicine” pada tahun 2011 disebutkan bahwa wanita yang minum kopi sebanyak 2 hingga 3 cangkir per hari memiliki 15% resiko yang lebih rendah untuk mengalami depresi.

3. Meningkatkan daya ingat

Bagi anda penikmat kopi diketahui bisa membantu meningkatkan daya ingat, baik itu ingatan jangka pendek ataupun ingatan jangka panjang. Radiological Society of North America memberikan hasil presentasi berdasarkan hasil studi pada tahun 2005, yaitu minum kopi yang mengandung kafein sebanyak 2 cangkir per hari bisa membantu meningkatkan daya ingat dan kecepatan reaksi.

Penelitian lain pada tahun 2007 menemukan jika kaum wanita yang berusia lebih dari 65 tahun yang minum kopi sebanyak 3 cangkir per hari masih memiliki kemampuan daya ingat yang baik jika dibandingkan dengan mereka yang hanya minum 1 cangkir kopi per hari.

4. Kopi mengurangi resiko diabetes

Studi menunjukkan bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2. ‘Journal of Agricultural & Food Chemistry’ memberikan hasil dari sebuah laporan pada Januari 2012 lalu yang menjelaskan alasannya yaitu karena efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi hIAPP, polipeptida yang bisa menghasilkan serat protein abnormal yang ditemukan pada orang dengan diabetes tipe 2.

5. Kopi menurunkan resiko kanker

Minum kopi juga telah dihubungkan dengan menurunnya resiko kanker payudara, prostat, endometrium dan kanker hati serta mereka yang terkait dengan obesitas, estrogen dan insulin. Dari sebuah penelitian pada tahun 2008 yang dilakukan di Swedia menemukan bukti bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan minum kopi sebanyak dua sampai tiga cangkir sehari cenderung memiliki resiko yang lebih rendah untuk terserang kanker payudara.

Akan tetapi bukan hanya kaum wanita saja yang mendapatkan manfaat kesehatan dari minum kopi karena sebuah hasil studi yang terbaru dari Harvard School of Public Health menemukan hasil bahwa minum kopi bisa menurunkan resiko kanker prostat.

6. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kopi dapat membantu mempertahankan serta menurunkan berat badan. Sebuah studi lama di tahun 1980 menemukan bahwa kafein yang ditemukan dalam kopi mempengaruhi metabolisme tubuh dan itu hanya pada orang “normal,” sedangkan pada orang yang mengalami kegemukan, mereka mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

7. Menurunkan resiko penyakit Parkinson

Sebuah penelitian pada tahun 2000 yang dilakukan oleh “Journal of American Medical Association” dimana hasilnya menunjukkan jika dengan konsumsi kafein dan kopi akan menghasilkan risiko lebih rendah menderita Parkinson. Sebuah studi 2010 juga menemukan hasil bahwa minum kopi setidaknya dua hingga tiga cangkir dalam setiap harinya bisa menjadikan seseorang memiliki peluang 25% lebih rendah untuk mengalami penyakit parkinson.

8. Mengandung antioksidan tinggi

Menurut Edward Giovannucci yang merupakan seorang peneliti dari Harvard, di dalam penelitian yang diterbitkan dalam “Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention”, memberikan hasil bahwa kandungan antioksidan yang ada pada kopi ternyata lebih banyak jika dibandingkan dengan sayur-sayuran dan buah-buahan. Bahkan, sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa kopi berada dalam peringkat teratas sebagai sumber untuk antioksidan dalam pola makan orang Amerika.

9. Meningkatkan kinerja dan performa

Kopi yang mengandung kefein telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian di berbagai negara yang bisa membantu meningkatkan daya tahan dan kinerja jangka pendek. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 bahkan menyimpulkan bahwa manfaat kafein sebelum latihan tampak terhadap daya tahan, momen stop-and-go dan pada aktivitas intensitas tinggi jangka panjang. Hal ini juga bisa membantu atlet tampil prima selama latihan kekuatan bila dikonsumsi satu jam sebelum latihan pada dosis 4 mg untuk setiap kg berat badan.

10. Kopi bisa mencegah encok

Pada tahun 2007 yang lalu terdapat studi yang dilakukan pada pria yang berusia 40 tahun lebih dengan menghubungkan konsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya risiko encok, kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat.

Jenis kopi yang mengandung kafein ataupun yang tidak terdapat kafein akan memberikan dampak positif terhadap kesehatan dan bagi mereka yang memiliki kebiasaan minum setidaknya enam cangkir dalam seharinya cenderung memiliki 60% resiko yang lebih rendah untuk mengalami masalah encok.

Demikian artikel kesehatan mengenai manfaat kopi untuk kesehatan yang harus Anda tahu, namun setelah mengetahui apa saja manfaat baiknya dari kopi tetap perhatikan takaran ideal untuk minum kopi agar tidak memberikan dampak negatif untuk tubuh Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel