Ini Penyebab Rambut Putih Meski Usia Masih Muda Dan Solusinya

Penyebab rambut putih meski usia masih muda dan solusinyaBiasanya rambut yang mulai terlihat putih merupakan salah satu tanda-tanda penuaan, meskipun di sisi lain ada juga yang menyebutkan jika dengan memiliki rambut yang mulai memutih maka dirinya akan semakin terlihat bijaksana. Namun terkadang hal ini menjadi sesuatu yang cukup menghebohkan jika tanda-tanda rambut yang mulai memutih terjadi pada seseorang yang masih berusia muda.

Lalu mengapa hal yang sering dianggap sebagai tanda-tanda penuaan tersebut bisa terjadi pada seseorang yang masih muda, apakah hal ini bisa di siasati untuk menjadikan rambut terlihat sehat dan normal kembali seperti sebelumnya. Sebenarnya rambut yang terlihat memutih diusia dini tersebut bisa terjadi pada kaum pria dan wanita tanpa kecuali, walaupun masyarakat awam banyak yang beranggapan bahwa masalah ini lebih banyak terjadi pada kaum pria daripada kaum wanita.

Hal ini dikarenakan kaum wanita cenderung lebih sensitif terhadap perubahan penampilan tubuhnya, sehingga andaikata dirinya mengalami masalah rambut yang menjadi putih lebih dini, maka dirinya lebih mudah tergerak lebih cepat untuk mengatasinya dengan berbagai cara, walaupun meski harus mengeluarkan uang yang banyak karena banyak dari kaum wanita yang sangat mementingkan penampilannya.

Penyebab Rambut Putih Meski Usia Masih Muda Dan Solusinya
Penyebab Rambut Putih Usia Muda

Bisa saja anda akan kaget ketika sedang menyisir rambut kemudian menemukan bahwa ada rambut berwarna putih. Baik orang yang sudah memasuki masa lansia ataupun yang masih muda pada umumnya memang akan merasa tidak nyaman dan bahkan mungkin akan merasa gelisah ketika rambut putih yang ada pada rambutnya makin hari makin banyak.

Penyebab rambut memutih diusia muda

Rambut yang memutih sebenarnya bukan hanya menunjukkan tanda-tanda penuaan namun juga hal lain seperti kondisi tubuh yang kurang mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, mengalami penyakit tertentu yang kronis, tubuh sering mengalami tekanan yang besar, atau bisa saja terjadi karena faktor genetis. Dibawah ini merupakan beberapa penyebab rambut putih di usia muda yang dikutip dari berbagai sumber dan cara mengatasinya, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Stress

Wajib waspada terhadap stres, apalagi jika anda mengalami beberapa gejalanya karena tanpa disadari pikiran yang stres bisa memberikan tekanan yang hebat pada tubuh dan pikiran anda. Spesialis kulit dan kelamin dari RS Mitra Keluarga di Jakarta yaitu dr. Wirda, mengatakan bahwa stres bisa membuat produksi melanin yang merupakan pigmen alami pewarna pada rambut menjadi tidak lancar.

Sel melanosit menghasilkan melanin dan bila warna rambut berubah menjadi putih maka hal ini biasanya terjadi dikarenakan melanosit dalam tubuh tidak memproduksi melanin dalam jumlah yang cukup. Biasanya periode produksi melanin yang tidak lancar ini tidaklah lama namun tetap saja bisa dipengaruhi oleh stres yang dialami sehingga seandainya pikiran dan hati menjadi tenang serta normal maka produksi melanin akan kembali lancar dan efeknya adalah rambut hitam tumbuh kembali secara normal.

Dr. Wirda memberikan tips bahwa cara yang terbaik untuk mengatasi rambut uban tumbuh adalah dengan mengatur keseimbangan kerja dan istirahat, dengan begitu stres bisa diatasi secara baik. Adapun untuk menghambat pertumbuhan uban di kepala anda bisa melakukannya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin B12.

Pakar kesehatan dari Medical Centre Universitas New York, yaitu Diana Bihova mengatakan bahwa stres yang berlebihan bisa menguras cadangan vitamin B12. Tumbuhnya uban yang terjadi secara cepat dan tidak terkontrol bisa saja disebabkan oleh vitamin B12 yang terkuras, maka dari itu anda bisa mengatasinya dengan membiasakan diri untuk selalu berpikir positif agar terhindar dari stress.

2. Gizi buruk

Munculnya uban yang terjadi lebih cepat dari waktu yang seharusnya, bisa jadi disebabkan oleh gizi yang buruk. Ada kalanya seseorang yang memiliki uban meski usianya masih muda tubuhnya mengalami kekurangan gizi, dimana hal ini bisa terjadi dikarenakan asupan makanan harian yang dikonsumsinya tidak bisa memenuhi kebutuhan gizinya dengan baik.

Masalah selain munculnya uban pada seseorang yang mengalami kekurangan gizi yaitu rambut yang terlihat kemerahan, tidak terlihat sehat dan terlihat kusut. Kalaupun setiap harinya mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi namun bisa saja uban tersebut tetap muncul dikarenakan saluran pencernaannya dalam kondisi tidak sehat, misalnya seperti lambung yang mengalami luka sehingga gizi makanan yang masuk akan terbuang percuma dan tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh.

3. Faktor keturunan

Faktor penyebab lain dari munculnya uban bisa saja disebabkan oleh faktor keturunan yang berasal dari orang tua, dimana data tubuh mengenai rambut putih tersimpan dalam kromosom yang diwariskan dari orang tua ke anak. Hal ini menunjukkan bahwa seseorang yang pernah mengalami masalah uban yang tumbuh di masa mudanya maka ketika dirinya memiliki anak, maka masalah tersebut akan diwariskan kepada calon anaknya.

Adapun hal lain yang bisa menyebabkan uban tumbuh di kepala adalah karena mengalami kelainan hormon, efek sinar X, mengalami gangguan fungsi ginjal ataupun memiliki masalah pada imunitas tubuh. Rambut putih pada saat ini bukan hanya menjadi masalah bagi orang-orang tua saja, akan tetapi juga pada remaja ataupun anak muda yang memiliki gaya hidup tertentu yang pada akhirnya bisa memberikan pengaruh terhadap kesehatan rambut di kepalanya.


Maka dari itu disarankan untuk senantiasa menjaga kesehatan, termasuk dengan menghindari hal-hal yang bisa memicu tumbuhnya uban pada kepala. Demikian artikel kesehatan yang membahas mengenai rambut putih meski usia masih muda dan penyebab serta solusi mengatasinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel