Cara Mudah Mengatasi Wi-Fi Doesn't Have A Valid IP Configuration Di Windows 10

Cara mengatasi wi-fi doesn't have a valid ip configuration - Didalam menggunakan sebuah perangkat laptop ataupun komputer untuk menunjang aktifitas pekerjaan setiap hari, pastinya seringkali kita dihadapkan oleh berbagai permasalahan, baik masalah pada perangkat lunak yang digunakan pada sistem maupun perangkat keras dari komputer atau laptop itu sendiri.

Bagi mereka yang tidak faham dan tidak ingin repot dengan permasalahan yang timbul, biasanya secara langsung membawa perangkat tersebut ke service centre ataupun ke jasa perbaikan komputer atau laptop terdekat. Namun ada juga sebagian yang lebih memilih untuk menyelesaikan permasalahan sendiri dengan bermodalkan bertanya pada forum tanya jawab yang ada di internet.

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan suatu permasalahan yang baru saja terjadi pada salah satu laptop yang biasa digunakan dan masalah yang timbul ini berkaitan dengan koneksi wifi, dimana pada saat dilakukan koneksi pada jaringan wifi menunjukkan bahwa status terhubung namun tidak bisa akses internet.

Dengan kata lain bahwa status koneksi antara laptop yang digunakan ke jaringan wifi sudah terhubung, akan tetapi internet tidak tersedia (wifi tersambung tapi tidak bisa internet). Sehingga pada forum tanya jawab online banyak yang bertanya seperti bagaimana cara mengatasi wifi tersambung tapi tidak bisa internet pada laptop.

Cara Mudah Mengatasi Wi-Fi Doesn't Have A Valid IP Configuration
Wi-Fi Doesn't Have A Valid IP Configuration

Itulah yang menjadi dasar pembahasan mengenai apa yang menjadi penyebab wifi menolak akses seperti yang akan dibahas dibawah ini, dimana pada saat dilakukan troubleshooting (pemecahan masalah) pada ikon wifi di laptop tersebut, hasil pemecahan masalah memberikan pemberitahuan dan menemukan masalah yakni wi-fi doesn't have a valid ip configuration.

Apa itu wi-fi doesn't have a valid ip configuration

Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia, arti wi-fi doesn't have a valid ip configuration adalah jaringan wifi tidak dapat memberikan konfigurasi IP yang valid. Dengan kata lain bahwa pada saat kita menghubungkan laptop atau komputer ke jaringan Wi-Fi, router memberikan sebuah alamat IP yang valid supaya bisa terhubung ke internet.

Apabila terdapat kesalahan pada konfigurasi IP tersebut, maka dapat dipastikan bahwa laptop atau komputer dan router tidak akan bisa berkomunikasi. Itulah yang menyebabkan mengapa wifi tersambung tapi tidak bisa internet. Bagaimana cara mengatasinya ?, berikut penjelasan lengkapnya.

Cara memperbaiki wifi doesn't have a valid ip configuration

Dibawah ini akan dijelaskan secara lengkap langkah-langkah bagaimana cara mudah mengatasi kode kesalahan wifi doesn't have a valid ip configuration dengan cara Release And Renew IP Address, supaya permasalahan mengenai wifi sudah terhubung, akan tetapi internet tidak tersedia segera terselesaikan. Berikut Langkah-langkahnya :

1. Buka Command Prompt (CMD).
2. Setelah terbuka, pada Command Prompt, ketik ipconfig / release dan kemudian tekan Enter pada keyboard laptop. Tunggu beberapa saat hingga selesai seperti ini

ipconfig / release
ipconfig / release

3. Kemudian setelah tahapan pada nomer dua diatas sudah selesai, selanjutnya ketik lagi ipconfig / renew dan kemudian tekan Enter pada keyboard laptop. Tunggu beberapa saat hingga selesai seperti ini

ipconfig / renew
ipconfig / renew

4. Jika kedua tahapan diatas sudah selesai, maka selanjutnya tahap penyelesaiannya adalah lakukan Restart laptop supaya apa yang sudah diterapkan sesuai dengan tahapan-tahapan diatas segera berjalan dengan baik.

Cara mengatasi pesan eror laptop wifi doesn't have a valid ip configuration pada hasil pencarian sumber masalah (troubleshooting) seperti yang telah dijelaskan diatas, sudah terbukti dan itu berhasil pada laptop yang bermasalah. Sehingga bagi Anda yang memiliki permasalahan yang sama bisa mencoba tutorial diatas.

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi wi-fi doesn't have a valid ip configuration, semoga penjelasan diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi baru bagi Anda dalam mengatasi wifi sudah terhubung dilaptop, akan tetapi internet tidak tersedia (wifi tersambung tapi tidak bisa internet).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel