Apa Itu Java Dan Alasan Mengapa Menggunakan Java

Apa itu java dan mengapa programmer banyak menggunakan bahasa pemrograman berbasis java - Didalam dunia teknologi informasi yang sangat berkembang dengan cepat seperti sekarang ini, sudah banyak sekali pilihan bahasa pemrograman yang dapat digunakan oleh seorang programmer ataupun developer dalam membangun sebuah aplikasi.

Bahasa pemrograman merupakan suatu bahasa yang dimengerti oleh komputer yang berisi untaian kata-kata yang bersifat perintah dan berupa instruksi yang terdiri dari banyak baris, sehingga seorang developer atau programmer wajib menguasai bahasa pemrograman.

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang hingga kini masih sangat sering digunakan dan popular dikalangan developer atau programmer. Oleh karena itu bagi Anda yang belum mengetahui apa itu bahasa pemrograman java dan mengapa banyak para developer atau programmer menggunakan java.

Maka pada pembahasan berikut ini akan dijelaskan secara lengkap pengertian bahasa pemrograman java dan apa saja yang menjadi pertimbangan para developer atau programmer menggunakan bahasa pemrograman java pada saat ingin membangun sebuah program aplikasi.

Apa Itu Java
Apa itu bahasa pemrograman Java

Apa itu Java ?

Java yang merupakan peningkatan dari bahasa pemrograman C++ yang dibuat menjadi sederhana dan tanpa harus menyusun ulang atau manual. Sehingga dapat diartikan bahwa definisi yang dimaksud Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup popular dan banyak digunakan oleh Programmer di dalam merancang sebuah program atau aplikasi.


Bahkan di beberapa perusahaan IT besar yang ada di seluruh penjuru dunia juga menggunakan bahasa Pemrograman Java. Bahasa pemrograman Java dapat digunakan untuk dasar di dalam merancang berbagai macam program atau aplikasi, baik itu berbasis desktop, website maupun mobile dan sebagainya.

Hal ini dikarenakan Java memiliki motto yang berbunyi “Write Once, Run Anywhere” yang berarti bahwa, setiap kode yang tertulis akan bisa secara langsung dijalankan tanpa harus disusun ulang lagi.

Alasan mengapa programmer banyak menggunakan Java ?

Pada ulasan mengenai bahasa pemrograman Java ini akan di jelaskan dan di uraikan mengenai beberapa alasan mengapa programmer banyak memilih menggunakan bahasa pemrograman Java di dalam merancang sebuah program atau aplikasi. Adapun alasan-alasan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bahasa pemrograman Java mudah digunakan
Bahasa pemrograman Java merupakan bahasa pemrograman yang berdasar pada bahasa C++, Java dibangun dan merupakan peningkatan atau pengembangan dari bahasa tersebut dan hal ini pula yang membuat bahasa pemrograman Java menjadi sebuah bahasa pemrograman yang kuat dan sederhana atau mudah untuk digunakan.

2. Bahasa pemrograman Java dapat digunakan di berbagai macam Platform
Pada hakikatnya, bahasa pemrograman java ditulis sebagai bahasa yang dapat digunakan di berbagai macam jenis platform atau biasa disebut dengan lintas platform serta dengan motto bahasa java seperti yang telah disebutkan diatas. Hal ini pula yang mendasari bahwa bahasa pemrograman Java bisa digunakan di berbagai sistem operasi, hardware maupun software sekalipun.

3. Bahasa pemrograman Java berorientasi pada objek
Pada bahasa pemrograman java, terdapat beberapa fitur yang mengacu pada bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek atau biasa disebut Object-Oriented Programming Language (OOP), yang diantaranya adalah seperti berikut :

a. Abstraction
b. Encapsulation
c. Inheritance
d. Polymorphism

4. Bahasa pemrograman Java menjamin keamanan
Bahasa pemrograman java yang mudah digunakan dan dapat digunakan di berbagai platform sehingga bahasa pemrograman java dituntut untuk bisa melakukan pertukaran data melalui jaringan. Oleh karena itu, bahasa java di buat dan di bangun dengan keamanan yang sangat tinggi dan terbukti hingga kini belum ada program yang sifatnya buruk yang menyerang aplikasi dengan berbasis bahasa Java.

Itulah uraian yang dapat disampaikan mengenai apa itu java dan mengapa programmer banyak menggunakan bahasa pemrograman java dalam membangun sebuah program atau aplikasi. Dengan banyaknya kemudahan-kemudahan dari bahasa pemrograman java inilah yang menjadi dasar para programmer menyukai bahkan menggunakan pemrograman java dalam membuat dan membangun suatu program atau aplikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel