Apa Itu Pemrograman, Programmer Dan Bahasa Pemrograman

Apa itu pemrograman, programmer dan bahasa pemrograman - Perkembangan teknologi informasi yang ada pada saat ini sudah tergolong semakin maju dan berkembang sangat pesat. Oleh karena itu tidak dipungkiri lagi jika sekarang semua hal dari berbagai aktifitas dan kegiatan bisa serba praktis serta juga menghemat waktu dan uang. Seperti contohnya adalah membeli baju, makanan, televisi, smartphone dan bahkan membeli laptop maupun komputer secara online.

Semua aktifitas tersebut tidak terlepas dan sangat berkaitan dengan istilah pemrograman web dan programmer, serta bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat semua aplikasi yang dapat memudahkan kita melakukan segala aktifitas tanpa harus mengunjungi tempat.

Tidak hanya itu, sekarang hanya dengan menggunakan komputer, laptop atau bahkan smartphone saja sudah bisa mewujudkan apa yang kita inginkan, seperti halnya dalam mengelola data yang dahulu harus menulis atau membuat catatan didalam sebuah buku, sekarang sudah sangat cukup efisien dengan penggunaan aplikasi pengolah data seperti Microsoft Word dan lain sebagainya.

Untuk itulah pada uraian yang akan dibahas dibawah ini, akan dijelaskan apa itu pemrograman, programmer, jenis-jenis programmer serta bahasa pemrograman yang pada umumnya digunakan untuk membuat sebuah aplikasi, baik yang ditujukan untuk komputer atau laptop maupun smartphone.

Apa Itu Pemrograman, Programmer, Jenis-Jenis Programmer Dan Contoh Bahasa Pemrograman
Apa Itu Pemrograman, Programmer Dan Bahasa Pemrograman

Pengertian pemrograman dan programmer

Dengan adanya berbagai kemudahan teknologi yang dapat dirasakan seperti saat ini seperti halnya kita dapat melakukan pemesanan transportasi antar jemput atau pemesanan tiket pesawat, makanan, bahkan pengiriman barang semuanya sudah dipermudah dengan berbagai macam program aplikasi.

Dibalik program aplikasi yang telah diciptakan itulah, terdapat orang-orang hebat yang disebut sebagai Programmer dan aktifitas membuat atau menciptakan sebuah program aplikasi itu sendiri disebut sebagai Pemrograman. Sehingga dapat disimpulkan dan dibedakan antara programmer dengan pemrograman yakni :

1. Programmer adalah orang yang membangun suatu program, baik mulai dari menulis, menyusun, menguji dan memperbaiki serta memelihara kode dari aplikasi yang diciptakannya.
2. Pemrograman adalah aktifitas dari seorang programmer dalam menciptakan suatu aplikasi mulai dari menulis, menyusun, menguji dan memperbaiki serta memelihara kode dari aplikasi yang diciptakannya tersebut.

Pengertian bahasa pemrograman dan contohnya

Seringkali muncul pertanyaan mengenai bagaimana seorang programmer itu menyelesaikan sebuah program aplikasi ?, jawabannya adalah dengan menggunakan bahasa pemrograman yang disusun secara sistematis dan terstruktur. Adapun kemudian yang menjadi pertanyaan lebih lanjut yakni apa itu bahasa pemrograman ?

Bahasa pemrograman adalah suatu bahasa yang isinya berupa kode-kode yang dapat dimengerti oleh alur logika komputer, sehingga atas dasar kode-kode tersebut yang disusun secara sistematis dan terstruktur yang saling terhubung dan berkaitan, maka dapat menghasilkan sebuah program aplikasi yang diinginkan oleh programmer tersebut.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa ada banyak bahasa pemrograman yang biasa digunakan oleh seorang programmer dalam menyelesaikan sebuah program aplikasi yang ingin dibuat, namun bahasa program yang populer digunakan yakni bahasa pemrograman python dan java. Sedangkan bahasa pemrograman yang umum digunakan di Indonesia diantaranya yaitu :

1. Java
2. C
3. PHP
4. Visual Basic
5. Python
6. C++
7. Java Script
8. HTML
9. C#
10. Objective C
11. Action Script
12. Swift

Jenis-jenis programmer

Berdasarkan dengan begitu banyaknya jenis bahasa pemrograman, maka programmer terbagi kedalam beberapa jenis sesuai bahasa pemrograman yang mereka kuasai, berikut diantaranya beserta pengertian singkatnya :

1. Programmer Desktop
Programmer desktop adalah seorang programmer yang menguasai bahasa pemrograman yang berbasis desktop.
2. Programmer Web
Programmer web adalah seorang programmer yang menguasai bahasa pemrograman yang berbasis website.
3. Programmer Android
Programmer android adalah seorang programmer yang menguasai bahasa pemrograman yang berbasis Android.

Biasanya, seorang programmer cenderung memfokuskan kepada satu bahasa pemrograman saja, sehingga mereka bisa fokus dalam menyelesaikan program aplikasi sesuai bahasa pemrograman yang mereka kuasai. Namun, tidak dipungkiri pula bahwa ada programmer yang bisa menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman.

Seperti yang kita ketahui bersama saat ini bahwa, dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, maka pada saat ini profesi programmer juga akan sangat dibutuhkan oleh dunia kerja didalam menciptakan berbagai program aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal tersebut karena semakin besar sebuah perusahaan, maka akan semakin besar pula tuntutan di dalam perkembangan teknologinya.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai pengertian pemrograman, penjelasan tentang programmer serta jenis-jenis programmer dan juga bahasa-bahasa pemrograman. Semoga uraian diatas dapat menjadi referensi baru untuk Anda dalam mengetahui apa itu pemrograman, programmer dan bahasa pemrograman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel