Apa Itu CBU, CKD Mobil Dan Motor

Apa itu CBU dan CKD - Dalam industri otomotif mobil dan motor di Indonesia, banyak sekali istilah yang sering kali terdengar dan sering kita temukan baik di majalah otomotif maupun review kendaraan yang diantaranya adalah seperti mobil cbu atau mobil ckd serta begitu pula dengan sepeda motor cbu dan ckd. Apa sebenarnya arti dari istilah tersebut dan apa saja perbedaannya ?

Pada saat Anda berencana untuk membeli sebuah kendaraan baik jenis mobil ataupun motor, maka biasanya yang terjadi adalah Anda pasti akan mencoba mencari tahu terlebih dahulu baik di internet maupun tabloid otomotif lainnya mengenai spesifikasi, model kendaraan impian beserta harganya dan juga dimana kendaraan itu diproduksi, hal tersebut sudah ada kaitannya dengan istilah CBU.

Sebenarnya istilah dari cbu dan ckd pada industri mobil dan motor merupakan dua kata yang berasal dari bahasa inggris, dimana dari segi makna masing-masing berbeda dan dari bagaimana proses yang terjadi dilapangan juga sangat berbeda antara ckd dan cbu pada kendaraan roda dua maupun roda empat.

Oleh karena itu bagi Anda yang belum mengetahui arti dari kedua istilah tersebut, maka pada uraian yang akan dijelaskan dibawah ini yakni seputar pengertian cbu dan ckd mobil dan motor, apa pengaruhnya terhadap harga dari masing-masing produk serta apa saja perbedaan yang signifikan antara kendaraan baik roda dua mauupun roda empat jenis ckd dan cbu.

Apa Itu Mobil CBU Dan CKD
Apa Itu Mobil CBU Dan CKD

Pengertian CBU

Kendaraan dengan jenis Completely Built Up atau yang disingkat CBU adalah suatu istilah jenis kendaraan baik mobil dan motor yang berasal dari luar negeri (diproduksi atau dirakit dari luar negeri), kemudian kendaraan-kendaraan tersebut di impor dalam keadaan utuh.

Apabila suatu produk mobil atau motor yang diproduksi dari luar negeri secara utuh dan di impor kedalam negeri, maka itu sudah termasuk kendaraan cbu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mobil CBU adalah mobil-mobil yang diimpor dalam keadaan utuh dari luar negeri.

Pengertian CKD

Kendaraan dengan jenis Completely Knock Down atau yang disingkat CKD adalah suatu istilah jenis kendaraan baik mobil dan motor yang berasal dari luar negeri, namun kendaraan-kendaraan tersebut diproduksi dan dirakit di dalam negeri melalui cabang pabrik dari perusahaan mobil maupun motor itu sendiri.

Apabila suatu produk mobil atau motor yang diproduksi dan dirakit di dalam negeri melalui cabang pabrik, maka itu sudah termasuk jenis kendaraan ckd. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mobil CKD adalah mobil-mobil yang dirakit di dalam negeri meskipun produk mobil tersebut berasal dari perusahaan dari luar negeri.

Perbedaan CBU dan CKD

Setelah mengetahui pengertian masing-masing dari istilah kendaraan ckd dan cbu yang telah dijelaskan diatas, maka sudah sangat jelas sekali letak perbedaan dari kedua jenis istilah tersebut, dimana jenis kendaraan cbu itu diproduksi dan dirakit langsung dari pabrik perusahaan diluar negeri yang kemudian di impor secara utuh.

Sedangkan untuk jenis kendaraan ckd itu diproduksi dan dirakit didalam negeri melalui cabang pabrik perusahaan, sehingga tidak ada proses impor produk jadi lagi. Tidak hanya itu, dari segi harga produk dari masing-masing juga pastinya ada perbedaan yang sangat signifikan jika dibandingkan antara kendaraan ckd dan cbu.

Pengaruh CBU dan CKD terhadap harga produk

Jika berbicara tentang harga dari masing-masing jenis kendaraan mobil maupun motor cbu dan ckd, maka sangat jelas sekali perbedaannya, dimana dikarenakan kendaraan CBU yang berasal dari luar negeri dan diproduksi serta dirakit secara utuh dari luar negeri juga, maka harga jual produknya cenderung tinggi dan pastinya akan dikenai pajak impor.

Sebaliknya dikarenakan kendaraan CKD yang diproduksi dan dirakit didalam negeri melalui cabang pabrik, maka harga produknya cenderung lebih murah dan pastinya tidak dikenakan pajak impor juga. Akan tetapi hal tersebut juga tidak menutup kemungkinan bahwa komponen-komponen yang akan digunakan bisa jadi juga diimpor.

Itulah yang dapat dijelaskan mengenai apa itu cbu dan ckd pada mobil dan motor, perbedaanya masing-masing dan bagaimana pengaruh cbu dan ckd terhadap harga produk. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi baru bagi Anda dalam mengetahui apa yang dimaksud mobil ckd dan mobil cbu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel