Penyebab Laptop Lemot, Ngelag, Not Responding Dan Cara Mengatasinya

Penyebab laptop lemot, ngelag dan not responding - Jika aktifitas sehari-hari banyak menggunakan perangkat laptop ataupun komputer dalam menyelesaikan tugas pekerjaan, pasti sering kali menemukan berbagai kendala yang mungkin terbilang kecil namun bisa menghambat pekerjaan. Sehingga dengan kendala tersebut membuat Anda menjadi mengeluh bahkan waktu menjadi terbuang.

Biasanya hal-hal yang mungkin sering terjadi pada saat kita menggunakan sebuah laptop maupun komputer yakni seperti aplikasi yang sedang digunakan secara tiba-tiba berhenti dan tidak merespon perintah, laptop sering tiba-tiba menjadi lemot, tidak bergerak, hang layar hitam (ngeblank) dan bahkan pada saat menjalankan berbagai aplikasi sering ngelag pada windows 7 maupun windows 10.

Beberapa permasalahan seperti itulah yang sering terjadi dan sering dikeluhkan para pengguna pada forum dan berbagai media online lainnya. Sehingga atas dasar hal tersebutlah pada pembahasan kali ini akan dijelaskan apa saja yang menjadi faktor penyebab laptop maupun komputer sering lemot, ngelag, not responding serta bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab laptop lemot, ngelag dan not responding
Penyebab laptop lemot, ngelag dan not responding
Gambar : Pixabay

Faktor penyebab laptop lemot dan ngelag

Jika laptop maupun komputer sering mengalami lemot dan ngelag pada saat Anda gunakan, biasanya hal tersebut berasal dari masalah pada komponen yang ada pada laptop maupun komputer itu sendiri, misalkan saja seperti :

1. Hardisk yang sudah berumur dan hampir penuh kapasitasnya.
2. Kapasitas RAM yang kecil.
3. Processor yang digunakan sudah rendah dari minimum requirements aplikasi saat ini.
4. File temp / cache dari aplikasi yang sudah tidak digunakan yang menumpuk banyak dan tidak terhapus.
5. Laptop atau komputer yang digunakan mengalami suhu panas berlebih (overheating).

Faktor penyebab laptop sering not responding

Untuk permasalahan laptop maupun komputer yang sering tiba-tiba mengalami not responding saat menggunakan berbagai aplikasi yang ada pada laptop maupun komputer, hal ini biasanya perangkat yang digunakan memiliki kapasitas RAM yang kecil sehingga tidak mampu menjalankan program secara sempurna.

Tidak hanya itu, namun bisa juga hal tersebut terjadi dikarenakan perangkat lunak (software) yang telah terpasang pada perangkat laptop maupun komputer mengalami kerusakan dan eror, sehingga pada saat Anda menjalankan program tersebut menjadi tidak maksimal bahkan akses ditolak oleh system windows.

Cara mengatasi laptop lemot, ngelag dan not responding

Jika berbicara tentang cara mengatasi suatu permasalahan atau keluhan, mungkin saja semua hal-hal yang akan disebutkan tidak semua dapat bekerja dengan baik dan sempurna. Namun dengan permasalahan yang sama pastinya solusi yang dilakukan mungkin akan bisa sama juga, tergantung dari perangkat laptop maupun komputer masing-masing.

Apabila masalah laptop lemot, ngelag dan juga sering not responding, hal-hal yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut :

1. Hardisk yang digunakan jangan sering terisi penuh kapasitasnya (biasanya terlihat warna merah pada system baik C, D dan E)
2. Jika hardisk sudah berumur silahkan diganti dengan yang baru sebelum hardisk yang lama tersebut mengalami kerusakan hingga data Anda tidak bisa di backup lagi, namun bila perlu Anda bisa menggantinya dengan teknologi penyimpanan terbaru yakni Solid State Drive (SSD).


3. Upgrade atau tambahkan kapasitas RAM, jika biasanya yang digunakan hanya 2GB maka bisa Anda tambahkan menjadi 4GB, tergantung slot RAM yang tersedia dimana lebih besar semakin bagus.
4. Processor pada laptop rata-rata tidak bisa diupgrade atau diganti, oleh karena itu pertimbangkan pada saat Anda ingin membeli laptop apakah tujuannya hanya untuk penggunaan biasa seperti untuk mengetik dan mengerjakan tugas aja atau ingin menggunakan program yang berat seperti program multimedia.

Berbeda halnya dengan komputer yang bisa di upgrade processornya ke seri yang lebih tinggi untuk mendapatkan performa yang lebih baik lagi dan up to date. Sehingga dalam menentukan pilihan laptop menjadi dasar awal sekali mempertimbangkan spesifikasinya, terutama pada processor yang tersemat didalamnya.

5. Lakukan pembersihan file temp / cache dari aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi supaya tidak menumpuk dan memakan banyak memori.
6. Jagalah suhu laptop atau komputer tetap stabil dengan cara memperhatikan dan mengecek secara berkala sirkulasi udara dan kipas yang ada pada perangkat laptop selalu bersih dan terbebas dari debu yang biasanya melengket, lakukan pembersihan secara berkala dan bila perlu sebulan dua kali.
7. Gunakan selalu aplikasi atau software resmi, sehingga laptop atau komputer bebas dari program yang dapat merusak system windows.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai penyebab laptop lemot, ngelag dan not responding serta bagaimana tips dan cara mengatasi laptop ngelag atau ngehang, semoga bermanfaat dan memberikan solusi terhadap masalah Anda dalam mengatasi laptop dan komputer yang eror.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel